11 Makanan Berkalsium Tinggi Bikin Sehat Tulang, Gigi, Jantung…

Diposting pada

SETIAP orang pasti ingin selalu sehat. Tetapi bagaimana caranya? Salah satu caranya dengan selalu mengonsumsi makanan berkalsium tinggi. Yakni, makanan yang mengandung kalsium tinggi.

Pertanyaannya, makanan apa saja yang mengandung kalsium tinggi? Tentu saja banyak. Antara lain susu dan makanan olahan yang dibuat dengan menggunakan bahan susu, sayuran hijau, kacang-kacangan, buah biji-bijian, makanan laut, dsb.

Makanan berkalsium tinggi sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Antara lain menjaga kesehatan tulang dan gigi, kesehatan jantung, membuat aliran darah selalu lancar, menyehatkan fungsi otot dan saraf, mencegah osteoporosis, dsb.

Pendek kata, sebaiknya kita selalu mengonsumsi makanan dengan kalsium tinggi biar selalu sehat. Tidak mudah dihinggapi penyakit dan virus.

Baca – Manfaat Susu Appeton Weight Gain untuk Mengatasi Tubuh Kurus

Menurut alodokter,com, kalsium adalah mineral penting yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang dan gigi. Kalsium bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi makanan berkalsium tinggi.

Contoh Makanan Berkalsium Tinggi dan Perlu Anda Konsumsi

Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi

Berikut ini beberapa makanan yang mengandung kalsium tinggi yang perlu Anda konsumsi tiap hari. Tujuannya supaya tubuh Anda selalu sehat dan tidak mudah kena penyakit.

Asupan kalsium yang disarankan untuk orang dewasa adalah 1.000 mg (dua gelas) per hari. Wanita di atas 50 tahun dan pria di atas 70 tahun perlu mengonsumsi kalsium 1.200 mg per hari. Anak-anak usia 9-18 tahun perlu 1.300 mg kalsium per hari.

1. Susu Sapi, Sumber Makanan Berkalsium Tinggi

Jenis susu apa pun, terutama susu rendah lemak dan susu tanpa lemak, adalah sumber kalsium terbaik. Misalnya susu sapi dan susu kambing.

Kandungan kalsium susu sapi beragam. Yakni, antara 276-352 mg. Ada susu biasa, susu rendah lemak, atau susu tanpa lemak.

Kandungan kalsium dalam secangkir susu kambing diperkirakan 327 mg. Atau setara dengan 27–35 % dari kebutuhan kalsium harian yang disarankan.

2. Mentega (Butter) – Lemak Cair dari Susu

Mentega adalah makanan olahan dari susu. Sering digunakan untuk olesan roti atau biskuit. Bisa juga digunakan untuk membuat roti, kukis, atau untuk menumis masakan.

Mentega terbuat dari krim susu. Yaitu, lapisan paling atas dari susu yang terbentuk jika didiamkan selama beberapa hari.

Krim susu itu kemudian diproses dengan teknik Churning. Yaitu proses pengadukan terus-menerus sampai terjadi lemak padat dan lemak cair (air) terpisah.

Baca – Susu UHT Penambah Berat BadanUntuk Anak 1 Tahun

Lemak cair inilah yang disebut sebagai butter milk atau mentega.

3. Keju dan Proses Pembuatannya

Anda juga bisa mengonsumsi keju jika ingin memilih makanan olahan dari susu. Rasa keju adalah asin, gurih, tapi lezat.

Pada awalnya, susu segar dipanaskan. Setelah itu didinginkan biar tidak ada bakteri dan kuman. Lalu, susu diberi bahan tambahan untuk membantu proses fermentasi, didiamkan beberapa jam sampai kental dan padat. Keju ini yang dinamakan keju mentah atau keju natural.

Keju olahan dibuat dari keju mentah ditambah air, garam, dan beberapa mineral dan vitamin, seperti kalsium dan vitamin D. Keju olahan memiliki kualitas lebih stabil dan tahan lebih lama dengan cuaca panas dan lembab.

3. Makanan Berkalsium Tinggi Yogurt

Yoghurt juga termasuk makanan berkalsium tinggi. Mmudah dicerna dan baik untuk kesehatan. Dibuat dari susu melalui fermentasi bakteri baik. Kandungan nutrisi yogurt hampir mirip dengan susu.

Terdapat kalsium, protein, vitamin D, B6, B12, dsb. Yoghurt juga mengandung lemak, tetapi lebih rendah dibandingkan lemak pada susu. Oleh karena itu, yogurt sering digunakan sebagai makanan untuk diet.

Baca – Sabun Pemutih Paling Ampuh untuk Wajah Pria

4. Es Krim: Tak Akan Membuat Anda Gemuk

Es krim juga termasuk makanan olahan dari susu. Banyak sekali konsumen yang menyukai makanan dari susu ini. Tidak hanya anak-anak dan remaja. Hobi mengonsumsi es krim juga digemari oleh orang dewasa.

Mengonsumsi es krim tidak akan membuat Anda gemuk. Es krim juga mengandung nutrisi, seperti kalsium, protein, dan sumber vitamin yang membuat siapa pun selalu sehat.

Sayuran Yang Mengandung Kalsium Tinggi

Sekarang tentang sayuran yang mengandung kalsium tinggi yang juga perlu Anda konsumsi biar tubuh selalu sehat. Sayuran berkalsium tinggi yang bisa Anda konsumsi antara lain
bayam, kale, lobak, sawi hijau, okra, brokoli, dan bok choy.

5. Bayam: Murah tetapi Tinggi Kalsiumnya

Sayuran bayam murah dan mudah cara memasaknya, tetapi tinggi kandungan kalsiumnya. Secangkir bayam mengandung sekitar 394 mg kalsium.

Juga bisa meningkatkan kadar hemoglobin, energi, memperbaiki kesehatan pencernaan, memperkuat otot dan tulang, bahkan meningkatkan metabolisme.

6. Sawi Hijau: Bisa Memenuhi Kebutuhan Kalsium Harian

Suka mengonsumsi sawi hijau? Kandungan kalsiumnya cukup tinggi. Satu cangkir sayuran sawi hijau yang matang mengandung 268 miligram kalsium.

Baca – 10 Susu Penggemuk Badan Murah dan Terbaik

Jumlah ini cukup memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda. Manfaat lain dari mengonsumsi sawi hijau adalah menjaga mataagar tetap tajam, meskipun usia terus bertambah, Sayur sawi hijau memang  kaya vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata.

7. Kale: Kini Banyak Disajikan di Restoran-restoran

Sayuran daun kale kini naik pamor. Mulai banyak disajikan di restoran-restoran, terutama sebagai pelengkap salad.

Kale tergolong dalam keluarga kubis. Misal brokoli, kembang kol, dan sawi. Kale sangat bak dikonsumsi wanita yang tengah menstruasi dan siapa saja yang menedrira penyakit anemia (kurang darah). Baik lelaki atau wanita.

Baca – Berapa Harga Tambah Gigi Depan Yang Patah

8. Rhubarb: Mampu Membantu Bakteri Sehat

Sayuran yang juga mengandung kalsium lainnya adalah Rhubarb. Juga banyak serat, vitamin K, kalsium dan sejumlah kecil vitamin dan mineral. Mengandung serat prebiotik sehingga bisa membantu bakteri sehat di usus. Kaya akan oksalat, sehingga sebagian besar kalsiumnya tidak terserap.

9. Ikan Salmon: Mampu Memenuhi Kebutun Kalsium Anda

Ikan salmon sangat bergizi. Mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin E. Juga kaya kalsium. Ikan salmon 170 gram mengandung 350 mg kalsium. Ini langsung bisa memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda. Bisa juga menurunkan berat badan, mengobati depresi, meningkatkan kesehatan kulit, dsb.

10. Biji Chia: Bisa Menurunkan Berat Badan

Biji chia belakangan termasuk makanan super yang sangat populer. Menambahkan biji chia ke salad dan menu makanan lain bisa membuatnya sangat bergizi. 100 gram biji chia mengandung sekitar 631 mg kalsium. Bisa menurunkan berat badan, memperbaiki fungsi otak, meningkatkan metabolisme, dsb.

11. Buah Pisang: Bagus untuk Regenerasi Tulang

Jenis buah pisang yang tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia ternyata mempunyai kandungan kalsium yang tinggi. Mineral lain yang dimiliki oleh pisang adalah kalium, magnesium, fosfor, zat besi. Beberapa mineral itu sangat bagus untuk regenerasi tulang.

Konsumsi kalsium juga bisa Anda dapatkan dengan menikmati masakan laut. Misalnya ikan sarden, tongkol, dan salmon.

Baca – Cara Melepas Venner Sendiri

Kacang-kacangan dan biji-bijian yang juga tinggi kalsium adalah kacang tanah, lentil, kedelai, almond, biji chia, dan biji wijen.

Makanan yang juga diperkaya dengan kandungan kalsium, antara lain sereal, roti, oatmeal, hingga jus jeruk.

Kesimpulan – Biasakan Mengonsumsi Makanan Berkalsium Tinggi

Demikian artikel mengenai manfaat makanan berkalsium tinggi untuk kesehatan. Anda tidak akan kesulitan menemukan makanan yang mengandung kalsium tinggi.

Bisa berupa makanan, sayur, buah, ikan laut, kacang-kacangan, dsb. Yang penting bersedia mengonsumsinya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Bisa menjaga tubuh agar selalu sehat sehingga akan terhindar dari penyakit dan virus apa pun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *