5 Makanan Cepat Saji yang Sehat – Aman bagi Penderita Diabetes

Diposting pada

ANDA suka makanan cepat saji (fast food)? Jika ya, Anda harus hati-hati. Sebab, banyak makanan cepat yang tidak sehat. Sangat berisiko jika Anda mengonsumsinya tiap hari, terutama yang tergolong junk food.

Mengonsumsi makanan dan minuman jangan hanya diukur dari enak dan lezatnya. Tetapi, makanan harus yang enak dan lezat sekaligus menyehatkan.

Suka makanan minuman lezat, tetapi jika 4 tahun kemudian menderita diabetes, gimana?

Ini bukan menakut-nakuti, tetapi kenyataan yang harus kita perhatikan. Ya, tujuannya supaya kita tetap sehat.

Saya pernah bertemu dengan seseorang yang menderita penyakit diabetes. Dia bercerita, waktu muda dia sangat mengonsumi minuman sangat manis. Kalau nggak manis, dia nggak mau minum.

Ternyata, beberapa tahun kemudian dia terkena diabetes. Dia sangat menyesal mengapa dulu tidak hati-hati memilih makanan yang sehat, tidak pernah berpikir tentang cara hidup sehat, dsb. Yang dia pikir hanya makan enak dan lezat.

makanan cepat saji yang menyehatkan

Contoh 5 Makanan Cepat Saji yang Menyehatkan 

Nah, jika Anda penyuka makanan cepat saji, maka pilihlah makanan cepat saji (fast food) yang sehat. Ya, lezat dan menyehatkan. Bukan sebaliknya, justru mendatangkan penyakit.

Makanan cepat saji apa saja yang lezat dan menyehatkan?

1. Salad dari Berbagai Sayuran dan Buah Segar

Salad terbuat dari aneka sayuran segar atau buah segar. Bisa juga ditambah aneka bahan lain sehingga rasanya bertambah nikmat.

Salad mengandung banyak serat alami. Sebab, bahan utamanya adalah buah dan sayur.

Salad merupakan makanan sehat karena mengandung mineral penting untuk tubuh, vitamin dan nutrisi. Mengonsumsi salad bisa membuat tubuh lebih sehat. Dapat memperlancar pencernaan karena banyak serat.

Anda juga bisa membuat sendiri salad sehat. Misalnya salad sayur, salad buah, dan salad sayuran ditambah potongan daging ayam atau ikan.

Baca – Hindari 24 pantangan makanan untuk penderita diabetes.

2. Pizza Vegetarian – Beda Topping dan Kandungan Gizinya

Makanan cepat saji yang sehat lainnya adalah pizza. Yakni, pizza vegetarian. Topping dari pizza ini umumnya berupa aneka bahan yang menyehatkan.

Misalnya, jamur, paprika dan buah zaitun. Bisa ditambah buah dan sayur lain yang menyehatkan.

Jadi, selain beda toppingnya, kandungan gizi pizza vegetarian juga beda dengan pizza umumnya. Pizza topping sayuran dapat membuat tubuh Anda banyak nutrisi dan vitamin A, E, C.

3. Kebab Ayam – Isinya Banyak Sayuran

Kebab ayam juga bisa Anda pilih sebagai makanan cepat saji yang menyehatkan. Selain itu rasanya juga nikmat.

Asal mulanya, kebab adalah makanan asli dari Timur Tengah. Tetapi, kini banyak rumah makan Indonesia yang menyajikan kebab dan banyak penggemarnya.

Kebab dimasak tidak dengan cara digoreng secara deep fried. Kebanyakan isinya adalah sayuran. Kalau isinya banyak keju dan saus, maka singkirkan. Perbanyak isi sayur supaya menyehatkan dan bernutrisi.

Baca – Resep Khusus Makanan untuk Penderita Diabetes

4. Sushi – Mencegah Darah Tinggi, Menurunkan Kolesterol

Anda suka sushi? Tidak apa. Ini juga termasuk makanan cepat saji yang sehat. Anda tidak perlu khawatir akan kandungannya.

Ada sushi yang merupakan makanan khas dari Jepang. Makanan sushi berupa nasi diberi bumbu cuka beras, garam, dan gula. Nasi digulung bersama aneka ikan segar. Mulai dari ikan tuna, udang, hingga salmon yang kaya omega 3.

Memakan sushi tidak mengandung lemak trans. Sebaliknya bisa menurunkan kolesterol jahat. Ikan segarnya dapat membuat otak lebih sehat dan mencegah hipertensi (darah tinggi).

5. Burger Kacang Meksiko

Burger dikenal sebagai makanan cepat saji (junk food) yang tidak menyehatkan. Tetapi jika bahan isiannya adalah makanan yang menyehatkan, ya burger ini tidak perlu dilarang.

Contohnya burger meksiko. Burger yang hanya mempunyai 195 kalori dengan 3 gram lemak.

Bahannya campuran kacang merah, cabai bubuk, tepung roti, dan telur. Kacang mengandung protein, mineral serta vitamin.

Oleh karena itu, burger kacang meksiko lebih sehat. Bahkan, bisa membuat Anda bebas kolesterol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *