Terbaik, 5 Makanan Ibu Menyusui Agar Bayi Lancar BAB

Diposting pada

MAKANAN ibu menyusui agar bayi lancar BAB apa ya? Buat Bunda yang kini menyusui bayi usia 0 – 6 bulan, masalah makanan yang Bunda konsumsi sangat penting untuk diperhatikan. Dengan makanan yang bergizi, si bayi akan tumbuh sehat dan tidak akan mengalami kesulitan BAB.

Jika bayi Bunda sampai kesulitan BAB atau mengalami sembelit, bahkan satu minggu tidak buang air besar (BAB), tentu Bunda bingung. Mengapa sudah 3 hari si kecil tak BAB? Bahkan satu minggu tak BAB?

Tentu saja, kondisi seperti itu menunjukkan si bayi tidak sehat. Bunda harus segera mengatasinya jika tidak ingin terjadi hal yang lebih buruk pada si bayi.

Ada baiknya Bunda mengetahui berapa kali si bayi harus BAB sesuai dengan perkembangan usianya. Jika BAB-nya sangat jarang tidak sesuai dengan perkembangan usianya, maka Bunda harus mewaspadainya.

Baca – Susu Formula untuk Bayi Susah BAB yang Aman

Tetapi yang lebih penting lagi adalah fesesnya harus tetap lunak, berat badannya bertambah, dan si kecil tidak sakit perut atau kembung.

 makanan ibu menyusui agar bayi lancar bab
pijit perut, salah satu cara biar bayi lancar bab (foto:perawatan bayi.com)

Makanan Ibu Menyusui Agar Bayi Lancar BAB – Jangan Sampai Ada Bercak Darah di Popok si Kecil 

Nah, yang harus diperhatikan Bunda supaya BAB si kecil selalu lancar selama perkembangan tahap pertama, yakni usia 0 – 6 bulan adalah makanan yang Bunda (Mama) konsumsi.

Makanan yang Bunda konsumsi sangat menentukan lancar tidaknya BAB si bayi. Dengan makanan yang bergizi cukup, feses si kecil tidak akan keras, si kecil tidak rewel atau menangis sambil mengangkat kakinya ketika BAB.

Apalagi sampai ada bercak darah pada popoknya. Ini pertanda kondisinya cukup parah dan harus segera diatasi.

Oleh karena itu, Bunda sebaiknya selalu mengonsumsi makanan dan buah yang bisa membuat kualitas ASI yang Bunda berikan tidak akan membuat BAB si bayi mengalami kesulitan.

Baca – Susu SGM yang Bisa Membuat Bayi Anda Cepat Gemuk 

Makanan sehat untuk ibu menyusui agar bayi lancar BAB antara lain:

1. Pepaya – Makanan Ibu Menyusui Agar Bayi Lancar BAB

Bunda penting selalu mengonsumsi pepaya yang bisa menghasilkan ASI eksklusif berkualita untuk si kecil. Pepaya mengandung antioksidan sehingga bisa mencegah si kecil sembelit dan BAB-nya jadi lancar.

2. Buah Apel – Feses Bayi Lebih Lunak

Buah untuk ibu menyusui agar bayi lancar BAB yang juga bisa dipilih adalah apel. Buah ini mengandung kalium dan asam organik yang berkhasiat untuk membuat feses si bayi lebih lunak. BAB-nya pun jadi lancar.

3. Alpukat – Makanan Ibu Menyusui Agar Bayi Lancar BAB

Bunda juga bisa memilih buah alpukat. Bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. Alpukat mengandung serat yang tinggi. Maka, mengonsumsi buah apel bisa membuat si kecil selalu lancar ketika BAB. Tak akan mengalami sembelit.

4. Mengonsumsi Telur – Kaya Protein

Telur juga termasuk makanan ibu menyusui agar bayi lancar BAB. Telur kaya protein yang membuat ASI Bunda berkualitas dan si kecil selalu sehat. BAB akan selalu berjalan dengan baik dan tidak ada masalah.

Baca – 5 Merk Susu Terbaik untuk Menambah Berat Badan Bayi 

5. Blueberry – Makanan Ibu Menyusui Agar Bayi Lancar BAB

Bunda suka buah blueberry atau stroberi? Keduanya merupakan buah yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu menyusui. Buah beri sangat dikenal mengandung kalori rendah. Sebaliknya, buah beri tinggi serat. Nutrisi di dalam buah beri ini sangat bermanfaat untuk kesehatan si bayi, termasuk mencegah terjadinya sembelit.

Buah untuk Ibu Menyusui agar ASI Banyak

Mengonsumsi buah memang sangat penting bagi Bunda atau Mama yang menyusui bayinya. Selain buah untuk ibu menyusui agar ASI banyak, konsumsi buah juga bisa menghasilkan ASI yang  berkualitas untuk pertumbuhan si kecil. Bahkan, bisa mencegah si kecil mengalami sembelit atau sulit BAB.

1. Pepaya Hijau – Kaliumnya Tinggi

Pepaya hijau sangat bagus dikonsumsi oleh ibu menyusui. Tentu saja, pepaya hijau yang sudah berumur. Cara mengonsumsinya tidak seperti buah pepaya matang.

Bunda bisa memasak pepaya hijau dalam masakan apa pun yang Bunda sukai. Pepaya mengandung kalium yang tinggi, 50% lebih tinggi daripada kalium pada buah jeruk. Pepaya hijau juga mengandung vitamin A, B, C dan E.

2. Buah Alpukat – Mengandung Asam Lemak Omega

Buah alpukat juga bagus dikonsumsi karena termasuk buah untuk ibu menyusui agar ASI banyak. Mengapa pilih alpukat?

Alpukat mengandung asam lemak omega 3, asam lemak omega6, dan asam lemak omega9. Semuanya itu bisa meningkatkan produksi ASI Bunda untuk si kecil.

Alpukat juga mengandung vitamin C, E dan kalium yang bisa membuat pertumbuhan si bayi maksimal.
Seperti disebutkan di atas, konsumsi alpukat oleh Bunda juga bisa membuat BAB si kecil lancar. Tak akan mengalami sembelit.

Baca – Cara Minum Susu Appeton yang Benar Biar Badan Bisa Gemuk 

Masih ada beberapa buah untuk ibu menyusui agar ASI banyak yang bisa Bunda pilih. Misalnya buah stroberi, pisang, sawo, blewah, dan mangga. Bunda bisa memilih buah mana yang Bunda suka dan mudah pengadaannya.

Harga berbagai buah itu juga tidak mahal. Tetapi, manfaatnya untuk kesehatan Bunda dan bayinya sangat besar. Yang diperlukan adalah perhatian Bunda dan sang suami, ayahnya si kecil. Harus turut memperhatikan kebutuhan Bunda dan si bayi biar keduanya selalu sehat.

Semoga artikel mengenai makanan ibu menyusui agar bayi lancar BAB bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *