9 Makanan dan Olahraga Pembentuk Otot Perut

Diposting pada

MAKANAN pembentuk otot. Bagi Anda yang ingin membentuk otot, maka konsumsi makanan yang tepat sangat penting.

Berbagai latihan mengangkat beban sebagai cara membentuk otot bisa berjalan baik dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Tidak hanya sebelum berolahraga mengangkat beban. Sesudah olahraga usai, Anda sebaiknya selalu mengonsumsi makanan bergizi yang bisa membantu meningkatkan kinerja organ-organ tubuh, termasuk otot.

Dengan rajin berolahraga, tubuh akan tampil lebih bertenaga, jaringan otot akan makin efektif, dan pertumbuhan fisik akan maksimal.

Pria paling banyak menginginkan punya otot yang kencang dan kuat sehingga terlihat lebih gagah dengan tubuh yang kekar. Tetapi, wanita juga ada yang berkeinginan sama.

Tetapi, menurut Dr. Kate Duchowny dari University of Michigan, AS, orang-orang yang memiliki kekuatan otot lebih rendah berisiko meninggal lebih cepat daripada mereka yang punya otot kuat.

Baca – Susu Untuk Menambah Berat Badan Umur 20 Tahun Keatas

Maka, menjaga kekuatan otot sangatlah penting untuk umur panjang dan membebaskan dari penuaan dini,” kata Duchowny pada Michigan News.

6 Makanan Pembentuk Otot Perut

Lantas, makanan apa saja yang harus Anda konsumsi untuk membentuk otot yang bisa tumbuh makin kuat? Misalnya untuk otot perut.

Tentu saja, makanan yang harus Anda konsumsi adalah makanan yang mengandung protein tinggi, karbohidrat dan lemak. Anda membutuhkan tiga zat gizi makro itu untuk membantu pertumbuhan otot.

A. Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi

olahraga pembentuk otot

putih telur yang sangat bagus dikonsumsi untuk pembentukan otot

Makanan penting yang bisa mendukung pembentukan otot adalah makanan yang mengandung protein tinggi 10 – 35% dari total kalori. Jangan lebih dari angka itu. Kelebihan protein justru tidak baik.

Makanan yang mengandung protein tinggi antara lain telur, daging sapi, kacang-kacangan, daging ayam, tempe, yogurt, dsb.

1. Putih Telur – Kaya Asam Amino

Telur kaya akan asam amino. Bisa membantu pembentukan otot dengan efektif. Makan 1 butir telur per hari cukup untuk itu.

Asam amino penting untuk membantu berbagai fungsi tubuh, termasuk membangun, menjaga, dan memperbaiki serat-serat otot.

Saat mengonsumsi telur, kuningnya jangan dibuang atau ditinggalkan. Sebab, kandungan protein dalam kuning telur justru cukup tinggi. Mengonsumsi kuning telur sangat baik untuk kesehatan mata.

Baca – Harga Tambal Gigi Depan Yang Patah

Hanya saja, bagi Anda yang punya kolesterol tinggi, konsumsi kuning telur perlu dibatasi. Kandungan kolesterolnya tinggi.

2. Paha Ayam – Banyak Mengandung Zat Besi & Zinc

Jika Anda mengonsumsi daging ayam, Anda sebaiknya memilih paha. Sebab, paha ayam mengandung 25% lebih zat besi dan tiga kali lebih mengandung zinc daripada daging ayam bagian dada.

Zat-zat yang terkandung dalam paha ayam sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi daging ayam yang digoreng karena minyaknya banyak lemak. Selain itu juga tinggalkan kulitnya.

Daging ayam juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

3. Daging Bebas Lemak

Mengonsumsi daging juga penting untuk pembentukan otot tubuh. Daging mengandung protein yang berkualitas tinggi, vitamin B, mineral, dan creatine yang bisa meningkatkan massa otot.

Kandungan lain yang penting dari daging adalah zat besi. Fungsi zat besi adalah membawa oksigen ke otot. Kandungan asam amino dan leucine mampu memicu pertumbuhan otot secara maksimal.

5. Kacang-kacangan

Kacang- kacangan juga termasuk makanan pembentuk otot ddada, otot lengan, dsb. Tetapi, kacang-kacangan harus diolah dengan cara yang sehat. Misalnya direbus atau dipanggang. Jadilah kacang-kacangan sebagai cemilan sekaligus makanan pembentuk otot yang lezat.

Baca – Empat Risiko Melepas Veneer Gigi Sendiri

Anda sebaiknya tidak menambah garam untuk mengolah kacang-kacangan. Vitamin, protein, lemak, antioksidan, serat, dan lemak baik adalah kandungan kacang-kacangan yang sangat baik untuk pembentukan otot secara alami.

Kacang almond paling baik Anda konsumsi untuk membentuk otot. Almond mengandung protein, vitamin E, magnesium, dan fosfor.

5. Susu Rendah Lemak

Makanan untuk membentuk otot lainnya adalah susu rendah lemak. Susu mengandung protein berkualitas tinggi dan karbohidrat. Selain itu juga mengandung vitamin D, potasium, dan kalsium.

Sehabis melakukan olahraga, Anda tentu merasa lelah dan haus. Anda bisa mengatasinya dengan minum susu coklat rendah lemak.

Makanan lain yang fungsinya sama dengan susu rendah lemak adalah yogurt. Kandungan probiotik dalam yogurt sangat baik untuk kesehatan perut dan pencernaan.

6. Tempe Sediakan 41% Kebutuhan Protein

Tempe adalah makanan khas Indonesia. Kaya kandungan gizi dan menyediakan 41% kebutuhan protein harian Anda. Selain itu, tempe rendah lemak. Jadi, tempe sangat bagus dikonsumsi untuk membentuk otot yang kuat.

Berbeda dengan makanan sumber protein lainnya yang juga mengandung tinggi lemak, tempe hanya mengandung lemak yang sangat sedikit.

B. Pilih Karbohidrat Tinggi Tetapi Rendah Lemak

Dengan mengonsumsi karbohidrat yang cukup, Anda akan mendapatkan zat gizi yang menyediakan energi bagi otot. Dengan asupan yang cukup, Anda akan mendapatkan energi untuk otot yang terus bergerak ketika Anda beraktivitas.

Meskipun karbohidrat penting bagi otot, Anda tetap harus memilih karbohidrat yang rendah lemak. Misalnya roti gandum dan sereal gandum.

Baca – 9 Merk Pemanis Buatan Yang Aman Bagi Penderita Diabetes

Karbohidrat yang baik untuk pepmbentukan otot antara lain yoghurt, buah-buahan dan sayuran merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk pembentukan otot.

C. Pilih Lemak Yang Sehat

Satu lagi yang dibutuhkan penderita diabetes agar bisa mengatasi masalah gizinya. Yakni, makanan yang mengandung lemak sehat. Ukuran kebutuhan adalah 20 – 25% dari kalori yang dikonsumsi per hari.

Lemak sehat bisa Anda dapatkan dari konsumsi alpukat, kacang almond, kacang kedelai, kacang kenari, lemak ikan salmon, makarel dan sarden, tuna, minyak kanola, minyak zaitun, bayam, kubis, biji bunga matahari, biji wijen, jagung, dsb.

Olahraga Ringan Pembentuk Otot

Olahraga ringan juga bisa Anda lakukan untuk memperkuat otot. Ada beberapa olahraga ringan yang bisa Anda pilih.

Lakukan olahraga ini secara rutin sehingga Anda benar-benar sukses melakukan olahraga pembentuk otot yang kuat.

makanan pembentuk otot
melakukan olahraga plank

1. Olahraga Plank

Belakangan olahraga ringan plank sangat populer. Olahraga ini selain mudah dilakukan, juga dapat melatih berbagai bagian otot tubuh Anda.

Antara lain melatih otot perut, paha dan lengan. Anda cukup melakukan olahraga ini 1 menit setiap hari. Tetapi, jika tidak mampu berolahraga sampai 1 menit, ya lakukan semampu Anda.

Nanti setelah Anda terbiasa dengan olahraga ini, Anda akan bisa melakukan olahraga pembentuk otot lebih dari 1 menit.

2. Olahraga Push up

Jika belum terbiasa, melakukan push up pasti sulit dan berat. Baru mengangkat badan dua kali, sudah menyerah.

Tetapi setelah mencoba beberapa kali, Anda akan mampu meningkatkan latihan Anda untuk push up. Yang penting jangan mudah menyerah.

Lakukan tiap hari sekuat tenaga. Push up mudah dilakukan. Tengkurap di atas matras, tangan dan kaki berada di atas matras, lalu angkat badan. Setelah sampai di atas, turunkan tapi tanpa badan menyentuh matras.

Lakukan cara itu sampai beberapa kali. Selain olahraga membentuk otot, jantung dan paru juga akan lebih sehat.

3. Olahraga Sit up

Sit up merupakan salah satu jenis latihan olahraga yang melatih beragam otot. Otot perut, otot dada, pinggul, pinggang bagian bawah dan leher. Dengan latihan tiap hari, otot-otot Anda akan kencang dan kuat.

Jika push up dalam posisi tengkurap, dengan sit up Anda dalam posisi telentang. Dua lengan diletakkan di tengkuk, dan kaki lurus ke bawah.

Angkat kepala dengan kedua tangan berpegangan dan kedua kaki ditekuk ke atas. Setelah bisa duduk, lalu kembali badan direbahkan.

Lakukan olahraga membentuk otot sit up beberapa kali sesuai dengan kemampuan Anda. Sit up bisa dilakukan di mana saja.

Penutup

Membentuk otot yang kuat sangat penting untuk kesehatan tubuh selain menunjang penampilan, khususnya untuk pria.

Banyak cara bisa Anda lakukan untuk menguatkan otot. Bisa dengan mengonsumsi makanan tertentu ditambah dengan olahraga. Tidak perlu olahraga berat. Olahraga ringan juga bisa dipilih.

Semoga Anda sukses membuat otot-otot tubuh kuat dan menjadi sangat sehat.
,

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *