10 Jenis Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

Diposting pada

MAKANAN penyebab asam lambung naik harus Anda waspadai. Ini sangat penting. Sebab jika sakit asam lambung Anda sering kambuh, maka akan sangat repot. Sakit asam lambung juga membuat Anda tidak nyaman dan tidak tenang.

Pertanyaannya, apa saja makanan penyebab asam lambung naik? Saya pernah menderita sakit asam lambung. Wah, benar-benar menderita. Setelah sekitar 15 tahun, akhirnya saya bisa mengatasi asam lambung dan asam lambuh sembuh.

Baca – 4 Jenis Lauk Pauk untuk Penderita Asam Lambung

9 Makanan Penyebab Asam Lambung Naik dan Cara Mengatasinya

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD), menurut dr Tjin Willy dari alodokter.com adalah munculnya rasa terbakar di dada. Ini terjadi karena adanya asam lambung yang naik ke kerongkongan. Gejala seperti ini biasanya muncul minimal 2 kali dalam seminggu.

makanan penyebab asam lambung naik

Nah, jika Anda mengalami gejala seperti ini, ya hati-hati memilih makanan yang akan Anda konsumsi. Salah memilih makanan justru membuat sakit asam lambung Anda bertambah parah.

Maka, jika Anda merasakan gejala asam lambung seperti itu, segera Anda berusaha mengatasinya. Antara lain dengan cara menghindari makanan penyebab asam lambung naik.

Makanan apa saja yang harus Anda hindari supaya asam lambung tidak sering kambuh? Berikut ini daftar makanan-makanan itu.

1. Makanan dalam porsi besar 

Makanan porsi besar menyebabkan perut Anda menghasilkan lebih banyak asam lambung yang dapat menumpuk dan mengiritasi kerongkongan Anda.

Anda sebaiknya makan dalam porsi kecil. Jika biasanya sekali makan nasi satu piring penuh, kurangi sepertiga. Jika sudah biasa, kurangi lagi separoh kebiasaan porsi makan dulu. Jika masih lapar, nanti bisa makan lagi setelah dua atau tiga jam.

Jadi, makannya sehari tidak hanya 3 kali seperti kebanyakan orang. Anda bisa makan 5 – 6 kali sehari dengan porsi kecil. Asam lambung Anda akan aman.

2. Makanan minuman rasa asam

Beberapa buah mengandung rasa asam. Jika Anda konsumsi, penyakit asam lambung Anda mudah kambuh. Buah rasa asam, misalnya, berbagai jenis buah jeruk, nanas, tomat, ceremai, buah asam, dsb.

Saus yang dibuat dari tomat pun terkadang membuat sakit asam lambung bisa kambuh. Mengonsumsi makanan rasa asam bisa membuat keseimbangan pH di perut terganggu.

Baca – 7 Jenis Larangan Makanan untuk Asam Lambung  

Makanan rasa asam, antara lain tape (baik dibuat dari bahan beras ketan atau ketela pohon). Anda bisa membuktikan, setelah mengonsumsi makanan-makanan tersebut, apakah asam lambung atau maag Anda kambuh. Jika kambuh, segera hentikan dan jangan diulangi.

3. Aneka gorengan – Makanan penyebab asam lambung naik

Aneka gorengan juga termasuk makanan penyebab asam lambung naik.Tempe goreng, tahu goreng, bakwan goreng, ketela goreng, hampir selalu tersedia di meja makan. Baik untuk lauk pauk atau cemilan.

Jika Anda ingin sakit asam lambung tidak sering kambuh, ya hindari makanan aneka gorengan. Ganti dengan makanan dikukus atau direbus. Yang ini aman untuk asam lambung Anda.

Kandungan lemak di dalam aneka gorengan cukup tinggi sehingga bisa mengakibatkan refluks asam lambung ke kerongkongan.

4. Daging berlemak

Daging berlemak juga termasuk makanan penyebab asam lambung naik. Daging dengan kandungan lemak yang tinggi, biasanya berada lebih lama di dalam perut karena penghancurannya memerlukan waktu.

Baca – Konsumsi Roti Tawar Bisa Menyebabkan Sakit Asam Lambung

Kondisi ini bisa menyebabkan produksi asam lambung naik. Jika Anda tetap ingin mengonsumsi daging, maka bersihkan lemaknya. Selain itu, jangan terlalu sering mengonsumsina. Cukup satu minggu sekali dan tidak banyak. Risiko sakit lebih berat daripada rasa enaknya mengonsumsi daging.

5. Produk susu dengan lemak tinggi

Tidak hanya daging yang berlemak. Semua makanan minuman yang mengandung lemak harus Anda hindari. Termasuk makanan yang terbuat dari susu tinggi lemak.

Jika campuran susunya lebih sedikit, ya boleh saja Anda ngonsumsi. Artinya, campuran susu berlemak hanya sebagai pelengkap. Bukan sebagai bahan utama yang mendominasi.

6. Makanan rasa pedas

Makanan rasa pedas adalah penyebab utama sakit asam lambung, selain makanan rasa asam. Maka, Anda harus sungguh-sungguh menghindarinya. Biarpun tingkat pedasnya ringan. Tetap bisa menyebabkan asam lambung naik (kambuh).

Selain makan dari bahan cabai seperti sambal dengan berbagai variannya, maka lauk pauk atau makanan yang dibuat dengan tambahan cabai harus Anda hindari. Demikian pula makanan atau minuman yang menggunakan bahan mrica. Sebab, bumbu dapur ini rasanya juga pedas.

7. Sayur brokoli

Makanan penyebab asam lambung naik lainnya adalah sayuran brokoli. Maka, Anda perlu menghindari konsumsi brokoli. Sebab, sayuran ini merupakan sumber serat dan nutrisi. Jika Anda mengalami gejala asam lambung ataupun maag terkait dengan gas dan kembung, hindari konsumsi brokoli.

Terlalu banyak mengonsumsi serat bisa membuat sistem pencernaan Anda menghasilkan lebih banyak gas, yang dapat memicu heartburn.

8. Minuman kopi dan berkarbonasi

Kebiasaan mengonsumsi minuman kopi juga bisa menyebabkan terjadinya sakit asam lambung. Demikian pula minuman berkarbonasi, misalnya soda. Minuman ini juga dapat menyebabkan merangsang naiknya asam lambung ke kerongkongan. Maka, perutpun terasa nyeri dan perih.

Baca – 3 Kelompok Cemilan Sehat untuk Asam Lambung

9. Minuman alkohol – makanan penyebab asam lambung naik

Minuman alkohol tidak perlu ditanya. Penderia berbagai penyakit lain diminta menghindari minuman ini bisa penyakitnya cepat sembuh. Bahkan, tidak kambuh lagi. Di kalangan umat muslim, alkohol atau minuman memabukkan diharamkan sejak Nabi Muhammad masih hidup. Larangan / keharaman minuman alkohol tercantum dalam Kitab Al Qur’an.

10. Makanan penyebab asam lambung naik: cokelat

Semua orang pasti suka konsumsi cokelat. Apalagi anak-anak. Tetapi bagi penderita penyakit asam lambung, coklat harus dihindari. Cokelat mengandung senyawa theobromine yang bisa mengakibatkan otot esophageal sphincter mengendur ketika Anda mengonsumsinya.

Selain itu, cokelat juga mengandung lemak yang tinggi dan kokoa yang bisa menyebabkan refluks. Asam lambung yang berlebih bisa mengalir sampai ke kerongkongan dan terjadilah sakit asam lambung.

Demikian artikel mengenai makanan penyebab asam lambung naik. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *