8 Jenis Makanan Penyebab Asam Lambung Harus Anda Hindari

Diposting pada

MAKANAN penyebab asam lambung. Tentu saja, Anda yang selama ini menderita sakit asam lambung atau maag, harus menghindari makanan ini biar sakit Anda tidak sering kambuh. Bahkan, jika Anda selalu mengonsumsi makanan larangan ini, maka sakit asam lambung bisa makin parah.

Banyak penderita sakit maag yang masih mengabaikan larangan mengonsumsi makanan penyebab asam lambung. Umumnya mereka menganggap tak masalah dengan sakit asam lambung yang dideritanya. Atau melanggarnya sedikit saja.

Padahal, menurut dr Helmin Agustina Silalahi, Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, penyakit asam lambung yang dibiarkan tanpa pengobatan secara serius bisa berakibat fatal.

Baca – 8 Makanan yang Baik untuk Mengatasi Sakit Asam Lambung

Maag atau asam lambung yang tidak disembuhkan dengan serius dapat mengakibatkan iritasi asam lambung tinggi dalam jangka lama. Bahkan bisa mengakibatkan kanker lambung yang berujung pada kematian.

Makanan Penyebab Asam Lambung – Dari Makanan Pedas, Berlemak, Berkafein, dsb.

makanan penyebab asam lambung

makanan penyebab asam lambung (foto:sajiansedap.grid.id)

Nah, dengan risiko seperti itu, maka jika Anda menderita penyakit asam lambung, Anda harus berusaha menyembuhkannya. Baik dengan pengobatan medis, herbal ataupun tradisional.

Silakan memilih cara pengobatan yang cocok dan bisa mengatasi penyakit Anda. Yang penting, jangan biarkan penyakit asam lambung Anda tanpa upaya penyembuhan. Bisa-bisa, risikonya sangat fatal.

Salah satu cara mengatasi penyakit asam lambung adalah menghindari makanan penyebab asam lambung atau pantangan makanan asam lambung.

Pertanyaannya, makanan apa saja yang harus dihindari biar sakit Anda tidak makin parah? Syukur dengan menghindari makanan larangan, sakit asam lambung Anda bisa makin berkurang. Bahkan, akhirnya bisa sembuh total.

Berikut beberapa makanan yang dilarang untuk asam lambung, yaitu:

1. Makanan Pedas – Pantangan Makanan Asal Lambung Nomor 1

Makanan pedas bisa dibilang merupakan makanan yang pengaruhnya paling cepat terasakan. Begitu makan makanan pedas seperti sambal atau kuah, lambung Anda segera terasa tidak nyaman.

Apalagi, cabainya menggunakan jenis cabai yang rasanya sangat pedas. Misalnya cabai rawit.

Makanan pedas harus Anda hindari karena bisa mengakibatkan iritasi pada lapisan dalam kerongkongan dan muncullah rasa nyeri ulu hati.

Baca – 10 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Maag biar Cepat Sembuh

Jika Anda termasuk penyuka makanan pedas, bisa menggantinya dengan merica. Tetapi jika merica juga menyebabkan lambung terasa tidak nyaman, ya konsumsi merica juga harus Anda hindari.

Makanan daerah juga ada yang terkenal pedasnya. Misalnya seblak (Jawa Barat), penyetan (Jawa Timur), ayam betutu (Bali), rendang (Sumatera Barat), rica-rica (Manado), ayam bakar taliwang (Nusa Tenggara Barat), dsb.

2. Makanan Berlemak – Makanan Penyebab Asam Lambung

Penderita asam lambung juga harus hati-hati dengan makanan berlemak. Sebab, mengonsumsi makanan ini bisa mengakibatkan asam lambung kambuh.

Makanan berlemak antara lain daging sapi, kentang goreng, keripik kentang, es krim, susu, keju, dan makanan berminyak. Contohnya sangat banyak dan mudah ditemukan.

Misalnya susu dan olahannya; daging sapi, kambing, domba; aneka gorengan, kue, es krim, dsb.

3. Buah dan Sayur Rasa Asam – Makanan Penyebab Asam Lambung

Pantangan makanan asam lambung lainnya adalah buah rasa masam. Misalnya jeruk, lemon, kedondong nanas, markisa, ceremai, mangga, ataupun anggur. Semua adalah buah-buahan yang bersifat asam.

Tomat dan salad juga termasuk makanan penyebab asam lambung. Anda perlu menghindarinya. Silakan hindari makanan dan buah rasa asam penyebab sakit asam lambung.

Baca – 9 Tips Mencegah Asam Lambung Sering Kambuh

Makanan / buah lain yang rasanya sangat masam adalah tape, gandaria, belimbing wuluh, asam jawa, jeruk nipis, dan keranji.

4. Kelompok Buah Citrus: Lemon, Jeruk Nipis, Jeruk Bali, dsb.

Berbagai buah kelompok citrus juga harus Anda hindari. Sebab, mengonsumsi buah-buah itu juga bisa memicu penyakit asam lambung kambuh.

Buah yang masuk kelompok citrus adalah jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali. Dari penelitian diketahui banyak orang yang mengonsumsi jeruk, sebagian merasa adanya rasa terbakar pada dada sebagai gejala maag.

Ada juga yang mengalami keparahan gejala setelah mengonsumsi jeruk. Rasa asam dari jeruk ini adalah penyebab asam lambung naik.

5. Bawang Merah, Bawang Putih dan Bawang Bombay

Kelompok bawang juga termasuk makanan penyebab asam lambung. Ketika mengonsumsi bawang, maka otot pada kerongkongan bagian bawah akan melemah.

Dalam kondisi seperti itu, asam lambung mudah naik ke kerongkongan menimbulkan gejala maag.

Kandungan zat dalam bawang putih, bawang merah atau bawang bombay dapat memicu terjadinya masalah pencernaan. Bisa mengakibatkan sendawa, salah satu gejala maag.

Jika kondisi itu sering terjadi, maka dampaknya asam lambung Anda juga bisa naik.

6. Minuman Beralkohol, Bersoda dan Berkarbonasi

Dari berbagai penelitian diketahi bahwa minuma bersoda dan berkarbonasi bisa meningkatkan asam lambung. Mereka yang mengonsumsi minuman berkarbonasi punya risiko 69 persen lebih tinggi akan menderita sakit asam lambung atau maag.

Baca – Mengonsumsi Roti Tawar Bisa Menyebabkan Asam Lambung

Jadi, minuman beralkohol seperti bir dan wine, terbukti bisa meningkatkan asam lambung. Selain itu, mengonsumsi alkohol bisa mengendurkan esofagus yang mengakibatkan terjadinya sakit asam lambung.

7. Minuman Berkafein: Sakit Asam Lambung, Perut Kembung, dsb.

Minuman kopi juga bisa meningkatkan risiko terkena penyakit asam lambung dan perut mulas. Beberapa studi menunjukkan bahwa hal itu terjadi akibat kandungan kafein di dalam kopi mengendurkan esofagus.

Selain minuman kopi, minuman teh dan cokelat juga mengandung kafein yang bisa menyebabkan Anda terkena penyakit asam lambung. Ya, kalau Anda mengonsumsi minuman itu sering kali. Kalau minumnya jarang dan tidak berlebihan, ya Anda aman.

Setelah mengonsumsi makanan atau minuman berkafein tinggi, seseorang akan mengalami perut kembung, dada sakit, dan mulut kering.

8. Makanan dan Buah yang Mengandung Gas Berlebih

Anda juga harus menghindari konsumsi makanan tertentu yang mengandung gas berlebih. Misalnya apel, mangga, pir, plum, brokoli, kacang-kacangan, kecambah, kubis, roti, sereal, dan susu.

Makanan dan minuman itu masih bisa Anda konsumsi. Yang penting Anda tidak berlebihan sehingga perut tidak kembung dan tidak mengeluarkan banyak gas.

Penutup

Selain menghindari makanan penyebab asam lambung, Anda sebaiknya rajin berolahraga. Paling tidak, empat hari berolahraga dalam satu minggu. Pilih saja jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Bisa olahraga jalan kaki di kompleks perumahan Anda tinggal, melakukan senam di halaman rumah, bersepeda atau menggunakan sepeda statis, angkat barbel, push up, sit up, dsb. Banyak jenis olahraga bisa Anda lakukan di rumah kapan saja.

Baca – 3 Jenis Cemilah Sehat untuk Penderita Asam Lambung

Jangan berbaring setelah makan, jangan makan dalam porsi besar, lebih baik makan 4 – 5 kali sehari tetapi dengan porsi kecil. Jika Anda berbadan gemuk, maka turunkanlah berat badan Anda.

Semoga artikel mengenai makanan penyebab asam lambung ini bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih atas kunjungannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *