Hindari 11 Kelompok Makanan Penyebab Kelenjar Getah Bening

Diposting pada

MAKANAN penyebab kelenjar getah bening. Anda sebaiknya menghindari makanan yang bisa menyebabkan terjadinya kanker getah bening. Ini sangat dan maha penting karena kanker ini tergolong ganas.

Repotnya, gejala terjadinya kanker getah bening sering tidak terlihat sejak awal. Gejala muncul setelah kanker dalam stadium tinggi. Berarti kanker sudah dalam kondisi parah dan pengobatan atau penyembuhannya tidak mudah.

Maka, mencegah kanker kelenjar getah bening dan kanker-kanker yang lain sangat penting. Mencegah kanker getah bening bisa Anda lakukan, antara lain dengan menghindari makanan penyebab kelenjar getah bening.

Ya, makanan memang punya peran penting untuk membuat tubuh kita sehat atau sebaliknya. Yakni, membuat tubuh kita sakit. Itu tergantung pada kondisi kesehatan masing-masing orang.

Baca – Penyebab dan Ciri-ciri Kanker Kelenjar Getah Bening

Sebaiknya kita selalu menghindari atau mengurangi konsumsi makanan minuman penyebab sakit. Ya, sakit apa pun. Semua punya pantangan.

makanan penyebab kelenjar getah bening
makanan penyebab kelenjar getah bening (foto:kaltim.tribunnews.com)

11 Makanan Penyebab Kelenjar Getah Bening dan Kandungannya

Bagaimana dengan kanker kelenjar getah bening?

Ya, Anda sebaiknya menghindari makanan yang bisa menyebabkan kanker ini. Kalau makannya hanya sekali dalam satu minggu atau sebulan, ya tidak apa-apa. Tetapi kalau makannya terlalu sering dalam jumlah banyak, ya jangan.

Sekali lagi, menghindari makanan penyebab kelenjar getah bening sangat penting. Anda harus melakukan itu. Jangan melanggarnya. Jangan merasa sehat, lalu sering mengonsumsi pantangan makanan kanker ini. Berbahaya.

Sebab, kanker getah bening merupakan kanker ganas. Ditambah, gejala terjadinya kanker ini sering tidak bisa diketahui sejak awal atau secara dini. Sering kanker diketahui setelah stadium tinggi sehingga pengobatannya tidak mudah.

Baca – Penyebab dan Gejala Kanker Leukimia pada Anak

Lalu, apa saja makanan penyebab kelenjar getah bening yang harus kita hindari?

1. Makanan yang diawetkan dan makanan yang mengandung bahan pengawet. Kini banyak makanan yang dijual menggunakan zat pewarna berbahaya. Bahkan, menggunakan formalin dan borak.

2. Makanan yang mengandung karsinogen, yaitu zat yang menyebabkan penyakit kanker. Makanan yang mengandung karsinogen biasanya terdapat pada makanan yang dibakar seperti sate.

3. Seafood atau makanan hewan laut yang memiliki kandungan lemak tinggi. Lemak tinggi pada seafood akan sangat mudah memicu kanker.

4. Sayuran yang menghambat kerja obat seperti kangkung, sawi putih, dan toge. Sayuran ini juga bisa memicu perkembangan kanker.

5. Mengonsumsi buah yang mengandung alkohol. Misalnya anggur, nangka, durian, kelengkeng, duku, pepaya muda, nanas, kentang, apel. dan tape. Nanas tertinggi kandungan alkoholnya. Tidak baik dikonsumsi ibu hamil.

6. Minuman soft drink dan minuman lainnya yang sejenis. Sebab, minuman itu dapat menyebabkan kanker kelenjar getah bening.

7. Mengonsumsi minuman beralkohol. Sebab, alkohol bisa mendorong perkembangan kanker.

8. Mengonsumsi protein hewani terlalu banyak. Protein hewani berasal dari hewan. Bisa menyebabkan risiko terkena kanker limfoma (kelenjar getah bening). Sebab, protein hewani mengandung banyak lemak jenuh. Misalnya daging, telur, dan susu.

9. Makanan cepat saji atau fast food. Makan fast food terlalu sering dan terlalu banyak bisa mengubah cara kerja sistem imun (daya tahan tubuh) Anda. Yakni, Anda akan selalu berada dalam keadaan waspada. Ini membuat Anda berpotensi kena kelenjar getah bening.

10. Mengonsumsi makanan yang mengandung MSG atau penyedap rasa secara berlebihan juga bisa mengubah kinerja kelenjar timus dan limpa. Keduanya adalah bagian dari pembentuk limfosit. Yaitu sel darah putih yang melawan bakteri saat masuk ke tubuh Anda.

Baca – Bagaimana Cara Mencegah Leukimia atau Kanker Darah 

11. Anda sebaiknya membatasi konsumsi makanan olahan, termasuk makanan dalam kaleng dan makanan beku. Selain miskin nutrisi, makana olahan dalam kaleng juga mengandung zat kimia berbahaya dan pengawet. Bisa menyebabkan kelenjar getah bening bengkak karena dipaksa menetralisir zat-zat tersebut secara lebih keras.

Kurangi Ancaman Kanker Kelenjar Getah Bening

Untuk menghindari kanker kelenjar getah bening, Anda harus selalu berusaha mengurangi risiko / ancaman terkena kanker itu. Menurunkan risiko itu berarti Anda telah mencegah terjadinya sakit kanker.

Salah satu caranya dengan menghindari makanan penyebab kelenjar getah bening. Selain itu, juga selalu menjalani pola hidup sehat dengan melakukan olahraga secara teratur, mengonsumsi makanan banyak serat, menjaga berat badan jangan sampai kegemukan, tidur (istirahat) yang cukup, tidak merokok dan tidak minum alkohol.

Baca – 21 Makanan yang Bisa Membasmi Kanker dan Tumor

Semoga artikel mengenai Makanan Penyebab Kelenjar Getah Bening ini bermanfaat bagi Anda semua. Anda bisa terbebas dari penyakit kanker, terutama kanker ganas, yakni kanker kelenjar getah bening.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *