Categories: Berita Kesehatan

Hati-hati, 6 Makanan Penyebab Maag Kambuh

HATI-HATI dengan makanan penyebab maag kambuh. Sebab, penyakit maag sangat mudah kambuh begitu Anda mengonsumsi makanan penyebab maag. Apalagi mengonsumsinya banyak. Sekali makan, maag bisa kambuh.

Maka, Anda yang punya sakit maag perlu hati-hati. Sebaiknya selalu menghindari penyebab maag kambuh. Kalau maag kambuh, aduuh, rasanya seperti tersiksa.

Lambung nyeri, perih, dan serba tidak nyaman. Anda perlu selalu sedia cemilan sehat untuk lambung. Ke manapun cemilan tidak boleh lupa.

Demikian pula waktu makan, baik untuk sarapan, makan siang atau makan malam. Hendaknya selalu makan tepat waktu.

6 Makanan Penyebab Maag Kambuh dan Cara Menghindarinya

Pertanyaannya, makanan apa saja yang menjadi penyebab maag kambuh dan harus Anda hindari?

Makanan Penyebab Maag Kambuh Makanan Penyebab Maag Kambuh

Berikut ini beberapa makan yang harus Anda hindari karena bisa menyebabkan penyakit maag Anda kambuh.

1. Makanan Rasa Pedas

Jika sakit maag Anda masih sering muncul, ya Anda harus hati-hati. Hindari makanan rasa pedas, baik pedas akibat kandungan cabai, mrica, atau lainnya.

Ini sangat penting karena pengaruh makanan pedas sangat kuat terhadap sakit maag. Tidak menunggu lama, sakit maag segera muncul. Biasanya ditandai dengan lambung perih, nyeri, dsb.

Baca – Biskuit yang Baik dan Aman untuk Penderita Maag

Tentu saja, kondisi sakit maag sangat berpengaruh. Misalnya, sakit maagnya masih ringan, sedang, kronis atau akut.

Yang jelas, salah satu penyebab maag kambuh adalah makanan rasa pedas.

2. Makan dalam Porsi Besar

Penyebab maag kambuh lainnya adalah sering mengonsumsi makanan dalam porsi besar. Apa pun jenis makanan Anda. Semuanya bisa memicu maag kambuh.

Cara terbaik untuk menghindari maag kambuh adalah makan dalam porsi kecil. Lebih baik makan 5 kali sehari dengan porsi kecil daripada makan 3 kali dengan porsi besar.

Lauk pauk makan juga harus Anda perhatikan. Pilih lauk pauk yang aman tidak menyebabkan maag kambuh.

3. Hindari Makanan Rasa Asam

Makanan rasa asam, misalnya buah jeruk, mangga, nanas, dsb. Meskipun orang yang sehat mengatakan mangga ini manis rasanya. Tetapi jika Anda penderita maag ikut mengonsumsi, maka maag bisa kambuh.

Demikian pula minuman rasa asam seperti minuman jeruk (wedang jeruk). Atau makanan yang menggunakan bahan ragi seperti tape ketan ataupun tape ketela.

4. Olahraga yang Mengocok Perut

Hindari kegiatan olahraga yang caranya salah dan bisa mengocok perut. Ini juga bisa menyebabkan penyakit maag kambuh. Sebab, olahraga yang mengocok perut bisa menyebabkan isi perut naik ke sistem pencernaan.

Baca – 10 Anjuran Makanan Terbaik untuk Asam Lambung

3. Merokok

Merokok dapat mengendurkan esophagus sphincter, belum lagi efek buruk lainnya pada kesehatan. Ya, Anda sebaiknya meninggalkan rokok jika maag Anda sering kambuh.

4. Kebiasaan Makan Larut Malam

Makan malam sebaiknya dilakukan lebih awal. Misalnya sebelum jam 20.00. Banyak orang yang mempraktekkan cara ini bisa mencegah maagnya kambuh.

5. Mengonsumsi Obat NSAID

Mengonsumsi obat non-steroid anti-inflammatory (NSAID) bisa mengendurkan esophagus sphincter. Akibatnya terjadilah gejala maag.

Apabila Anda mengonsumsi obat tekanan darah tinggi, maka Anda mungkin punya gejala maag dari waktu ke waktu. Maka, hati-hati.

Baca – 8 Jenis Makanan Penyebab Sakit Asam Lambung

6. Makanan Penyebab Iritasi Kerongkongan

Anda sebaiknya juga menghindari makanan penyebab maag kambuh. Yakni, makanan penyebab kerongkongan iritasi. Antara lain tomat, bawang putih dan bawang bombay, peppermint, makanan tinggi lemak, seperti keju, kacang-kacangan, alpukat, dan steak rib-eye.

Minuman yang mengandung kafein dan minuman berkarbon juga perlu Anda hindari. Misalnya minuman kopi, soda, minuman berenergi, dan makanan atau minuman yang mengandung kafein lainnya. Minuman berkafein termasuk penyebab maag kambuh.

Makanan Mana yang Membuat Maag Anda Kambuh?

Apa yang dijelaskan di atas adalah keterangan secara umum. Dalam prakteknya bisa terjadi perbedaan antara satu orang dengan lainnya.

Lalu, teliti makanan yang baik tidak menyebabkan maag dan makanan tidak baik penyebab sakit maag.

Misalnya, saya minum kopi, maag saya tidak kambuh. Tetapi, ada orang lain yang minum kopi, maagnya bisa kambuh. Banyak faktor yang menyebabkan kondisi seperti itu.

Mungkin daya tahan tubuh satu orang dengan lainnya berbeda. Maka, ketika maag Anda kambuh, teliti apa penyebabnya. Jika penyebabnya adalah mengonsumsi makanan tertentu, maka hindari makanan itu karena penyebab maag kambuh.

Contoh saya mengonsumsi nasi goreng. Tidak lama kemudian, lambung terasa perih. Berarti maag saya kambuh. Lalu, kira-kira apa penyebabnya?

Mungkin akibat konsumsi nasi goreng. Sebab, nasi goreng ada sedikit rasa pedas (cabai) dan menggunakan minyak yang mungkin mengandung lemak.

Akhirnya saya tidak lagi mengonsumsi nasi goreng serupa. Hasilnya, secara bertahap sakit maag saya reda. Lambung tidak terasa perih lagi.

Berarti saya sebaiknya tidak mengonsumsi nasi goreng jika ingin maag tidak kambuh.

Semoga artikel mengenai makanan penyebab maag kambuh ini bermanfaat untuk Anda semua.

Recent Posts

Pengalaman Menghindarkan Diri dari Virus Corona di China

CERITA menarik dari wanita Malaysia yang pernah bertahan di China, ketika wabah virus corona (covid-19)…

6 hari ago

12 Deodorant yang Bagus untuk Keringat Berlebih pada Wanita

PUNYA ketiak berbau tidak sedap tentu tidak nyaman. Anda akan merasa risi jika berkumpul atau…

7 hari ago

5 Cara Praktis Bersih-bersih di Rumah untuk Menghalau Corona

DI tengah maraknya wabah corona yang telah memakan korban jiwa ribuan orang, Anda sebaiknya selalu…

1 minggu ago

Soyjoy, Cemilan Terbaik untuk Penderita Diabetes

SOYJOY untuk penderita diabetes. Soyjoy crispy adalah snack atau cemilan sehat untuk Anda yang punya …

1 minggu ago

12 Cemilan Sehat untuk Penderita Diabetes – Gula Darah Stabil

PENDERITA diabetes tidak boleh makan sembarangan, baik jenis maupun ukurannya. Demikian pula untuk mengonsumsi cemilan.…

1 minggu ago

4 Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi Pepsodent dan Garam

ANDA juga bisa menggunakan cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi Pepsodent dan garam. Tentu saja,…

1 minggu ago