21 Makanan Rendah Kalori yang Bikin Anda Awet Kenyang

Diposting pada

ANDA ingin memiliki badan langsing? Atau berat badan ideal biar tetap sehat? Caranya mudah. Anda perlu mengonsumsi makanan rendah kalori yang mengenyangkan. Karena merasa kenyang, Anda tidak ingin makan lagi. Atau makan sebelumnya waktunya.

Lain halnya jika Anda mengonsumsi makanan yang membuat Anda tidak merasa kenyang. Habis makan, rasanya ingin makan lagi sehingga porsi makan sangat besar.

Ada lo, tetangga saya. Kalau makan, dia harus makan 2 atau 3 piring sekali makan. Jika hanya makan nasi 1 piring, kata dia, perut belum merasa kenyang. Apalagi, dia juga sangat hobi konsumsi mi instan.

Jadilah dia berbadan sangat gemuk. Beratnya terus bertambah cepat.

Baca – 15 Cemilan Sehat Yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Kini, berat badannya mendekati 1 kuintal. Padahal dia baru kelas 1 SMP. Tinggi badannya sama dengan orang dewasa. Ukuran badannya tak usah diomongkan. Yang pasti besar.

Apalagi pantatnya. Aduhai, sangat bahenol karena ukurannya yang sangat besar.

Anda Boleh Mengonsumsi Makanan Tinggi Kalori, Tetapi Ada Syaratnya…

makanan rendah kalori yang mengenyangkan

telur rebus yang rendah kalori bikin tubuh langsing (foto:klikdokter.com)

Tentu saja, Anda tidak ingin seperti tetangga saya itu. Tetapi kenyataannya, banyak orang yang membiarkan badannya gemuk. Sementara itu, berat badan melebihi ukuran normal atau tidak ideal.

Bagaimana dengan Anda? Saya yakin, Anda pasti ingin memiliki badan langsing. Ingin bisa membatasi porsi makan. Ingin tidak mudah merasa lapar.

Sayangnya, banyak orang ingin mengurangi makan biar berat badannya turun. Tetapi sering keinginan itu masih sekadar keinginan.

Mereka belum bisa menurunkan berat badan karena rasa lapar sering muncul. Mereka pun akhirnya tidak bisa menahan lapar. Dan terpaksa makan lagi dan makan lagi.

Nah, jika Anda ingin sungguh-sungguh menurunkan berat badan biar tubuh langsing dengan berat badan ideal, Anda bisa mencoba mengonsumsi makanan rendah kalori yang mengenyangkan.

Sesungguhnya kalori adalah sumber energi. Pekerja keras, pekerja berat, dan olahragawan tentu membutuhkan makanan kalori tinggi agar bisa menghasilkan banyak energi. Tidak mudah merasa lelah.

Tetapi jika kalori yang masuk ke tubuh Anda lebih besar daripada kalori yang terbakar melalui aktivitas harian atau olahraga dan senam, maka yang terjadi adalah penumpukan kalori. Akhirnya, kalori yang menumpuk berproses menjadi lemak.

Inilah salah satu penyebab terjadinya kegemukan atau berat badan berlebih. Yakni, berat badan melebihi standar atau berat badan ideal.

Intinya, untuk bisa membuat badan langsing atau berat badan ideal, Anda harus menyeimbangkan antara kalori masuk dan pembakaran kalori. Antara konsumsi kalori dan melakukan banyak aktivitas.

21 Daftar Makanan Rendah Kalori

Pertanyaannya, makanan apa saja yang tergolong rendah kalori ? Bagaimana cara mengonsumsi makanan rendah kalori yang mengenyangkan agar berat badan turun?

Berikut ini adalah daftar 15 makanan rendah kalori yang perlu Anda konsumsi.

1. Makanan dari Bahan Gandum

Apa ya makanan yang dibuat dari gandum?

Banyak. Antara lain biskuit buatan Roma. Ada biskuit Roma Sari Gandum, Marie Susu, Cream Creckes, dan Malkist Creckers. Ya, biskuit Roma adalah biskuit untuk diet. Semua bisa menurunkan berat badan.

Gandum memang tinggi serat sehingga membuat Anda mudah kenyang setelah mengonsumsinya.

Kandungan kalori tiap biskuit Roma rendah. Sari Gandum hanya mengandung 30 kalori. Satu keping Cream Creckers hanya mengandung 45 kalori.

Di sisi lain, biskuit Roma mengandung banyak nutrisi yang bikin pencernaan sehat. Biskuit produksi Roma juga kaya rasa. Harga tentu tidak memberatkan isi kantong.

2. Buah Berry: Blueberry, Raspberry, dan Stroberry

Anda juga bisa memilih buah berry, terutama blueberry, raspberry dan stroberi. Mengonsumsi buah-buahan berry ini bisa menurunkan berat badan.

Selain mengandung antioksidan, kelompok buah blueberry adalah makanan rendah kalori dan sumber serat yang membuat kenyang untuk waktu lama. Cemilan blueberry cocok untuk ditambahkan pada oatmeal atau smoothie.

Stroberri juga rendah kalori tetapi tinggi nutrisi. Rasa manis dari buah ini adalah rasa manis alami. Aman untuk menurunkan berat badan.

Anda juga bisa mengonsumsi buah jeruk, nanas, semangka, pir, mangga, apel dan alpukat untuk menurunkan berat badan.

3. Yogurt – Tersedia Banyak Produk

Produk yogurt juga bagus Anda konsumsi untuk menurunkan berat badan, Yogurt adalah produk olahan dari susu yang kaya akan manfaat.

Selain rasanya yang lezat dan segar, yogurt mengandung banyak nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan.

Maka, banyak yang merekomendasikan yoghurt sebagai makanan diet sehat, menurunkan berat badan, memperlancar pencernaan, bahkan untuk perawatan kulit.

Anda bisa mendapatkan produk yogurt di toko-toko online. Misalnya yoghurt cimory, yogurt heavenly blush, Yoplait Yogurt, Yogurt Elle & Vire, Yummy Greek Yogurt, Yummy Bites Yogurt, dsb.

Harganya pun tidak memberati kantong.

4. Telur Rebus, Bukan Telur Goreng / Ceplok

Telur juga termasuk makanan rendah kalori padat nutrisi. Sebutir telur rebus mengandung 72 kalori, 6 gram protein, berbagai vitamin dan mineral penting.

Oleh karena itu, telur rebus sangat baik Anda konsumsi untuk menurunkan berat badan. Berbeda dengan telur rebus, maka telur goreng agak tinggi kalorinya. Yakni bertambah 50 kalori. Atau 122 kalori.

Tidak lain karena minyak yang digunakan menggoreng bisa meningkatkan kadar lemak jahat.
Tetapi jika Anda ingin mengonsumsi telur goreng atau telur ceplok boleh saja.

Yang penting Anda harus mengimbangi dengan mengonsumsi banyak sayur.

5. Mengonsumsi Semangka 5 Hari

Mengonsumsi semangka juga bisa menurunkan berat badan secara cepat. Jalani selama 3 hari dan lihat hasilnya.

Tetapi jika cara melakukan diet tidak tepat, mengonsumsi semangka bisa merugikan kesehatan Anda.

Maka, Anda harus melakukan dengan hati-hati. Jika perlu konsultasi dengan dokter. Bisa mencoba konsumsi semangka selama 3 – 5 hari.

Semangka banyak kandungan air rendah kalori. Selain itu juga mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan. Jadi, semangka sangat baik untuk menurunkan berat badan.

Makanan berkalori rendah lain yang juga bisa Anda pilih.

6. BrokoliĀ  yang mengandung sekitar 31 kalori. Tetapi di sisi lain, brokoli kaya vitamin C, zat besi, vitamin A, kalsium, magnesium, dan kalium. Satu cangkir brokoli cincang hanya mengandung 31 kalori

7. Wortel secangkir mengandung 50 kalori. Selain itu juga mengandung vitamin A dan C yang tinggi, vitamin B, kalium, dan mangan.

8. Tomat besar mengandung 33 kalori, tomat sedang 22 kalori, tomat ceri 13 kalori, dan tomat plum 11 kalori.

9. Kentang rebus mengandung 87 kalori, sementara itu kentang panggang sedang mengandung 203 kalori.

10. Buah pir juga kaya serat pektin yang membuat Anda tak ingin makan terlalu banyak. Bisa menurunkan berat badan.

11. Melon, kaya serat, kalium, vitamin C, beta-karoten, dan likopen. Sementara itu, melon rendah kalori sehingga sangat baik Anda konsumsi untuk menurunkan berat badan.

12. Dada ayam, rendah kalori tinggi protein. Kalorinya tetap rendah, yakni sekitar 100 jika dada ayam tanpa kulit dimasak dengan tambahan sayur seperti wortel dan brokoli.

13. Oat juga bagus Anda konsumsi untuk menurunkan berat badan karena rendah kalori. Setengah cangkir oat mengandung 148 kalori.

14. Kacang hijau masak satu cangkir mengandung yang masak mengandung 44 kalori. Kacang hijau juga kaya vitamin A, B, C, mineral dan serat. Sangat baik untuk kesehatan.

15. Buah Apel besar mengandung 116 kalori, kaya serat yang membuat Anda cepat kenyang.

16. Bayam kaya zat besi, kalium, dan vitamin. Tetapi, rendah kalori. Bayam mentah secangkir hanya mengandung 7 kalori. Bayam matang 41 kalori.

17. Ikan salmon 3 ons mengandung sekitar 160 kalori, 22 gram protein dan 5 gram lemak. Cocok untuk Anda yang punya aktivitas padat.

18. Ikan tuna 3 ons mengandung sekitar 110 kalori atau lebih rendah dari kalori ikan salmon. Tetapi ikan salmon maupun ikan tuna sama-sama mengandung gizi tinggi. Sangat baik Anda rutin mengonsumsinya.

19. Buah pisang, kata dr Karunia Ramadhan, kaya mineral dan gizi. Kandungan kalorinya tidak tinggi. Istilah dia kalorinya bersahabat. Pisang ekstra kecil 72 kalori, pisang kecil 90 kalori, sedang 105 kalori, besar 121 kalori dan ekstra besar 135 kalori.

20. Mengonsumsi ikan juga bisa membuat Anda awet kenyang. Ikan kaya asam lemak omega 3. Bahkan, mengonsumsi ikan cepat kenyang dan awet kenyang daripada makan daging ayam. Kandungan kalorinya juga rendah.

21. Udang juga rendah kalori. Tetapi tinggi kandungan protein, selenium, niasin, dan vitamin B12. Empat udang besar matang mengandung sekitar 26 kalori. Tetapi tambahkan sayur biar nilai gizinya tinggi saat Anda memasak udang.

Penutup

Demikian artikel mengenai makanan rendah kalori yang mengenyangkan. Makanan ini sangat baik Anda konsumsi untuk menurunkan berat badan atau menjaga supaya berat badan Anda selalu sehat.

Berat badan yang melebihi ukuran normal (ideal) rawan mendatangkan penyakit. Salah satu cara mengatasinya dengan mengonsumsi makanan rendah kalori.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *