12 Makanan Tinggi Gula Penyebab Diabetes, Hati-hati !

Diposting pada

HATI-HATI mengonsumsi makanan tinggi gula. Banyak orang tidak menyadari bahwa dengan sering mengonsumsi makanan penyebab gula darah tinggi bisa menyebabkan sakit diabetes.

Apalagi masih usia muda. Kalau minuman tidak manis, tidak puas. Mintanya selalu minuman tinggi gula. Atau makanan manis yang mengandung tinggi gula seperti roti, kue, dsb.

Ya, saat makan makanan sangat manis, Anda merasa nikmat. Makanan terasa sangat lezat.

Anda tidak pernah berpikir tentang akibat buruknya bagi kesehatan. Baru setelah 10 tahun, 15 tahun atau 7 tahun ke depan, di antara Anda ada yang menderita diabetes dengan punya luka yang sulit sembuh.

Terpaksa, dokter harus memotong kaki Anda karena ada luka diabetes. Tujuannya supaya sebaran penyakitnya tidak makin luas. Kalau kaki tidak dipotong, sangat berbahaya.

Selain makanan minuman tinggi gula, konsumsi makanan karbohidrat kompleks juga bisa menyebabkan Anda terkena penyakit gula yang tinggi.

Sebab dalam tubuh, karbohidrat akan diubah menjadi gula darah, yang akhirnya bisa membuat Anda terkena penyakit diabetes.

makanan tinggi gula
luka diabetes di telapak kaki

Kurangi Makanan Tinggi Gula dan Makanan Karbohidrat Tinggi

Itulah gambaran tentang beberapa orang yang terkena penyakit diabetes yang saya temui.

Selain ada yang kena sakit gula akibat keturunan, tetapi banyak juga karena gaya hidup. Yakni, suka mengonsumsi makanan minuman manis berlebihan. Atau mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

Nah, mulai sekarang Anda sebaiknya mengurangi makanan minuman manis berlebihan dan makanan yg mengandung karbohidrat.

Meskipun sekarang Anda sehat. Tetapi kalau kebiasaan mengonsumsi makanan minuman manis terus-menerus, ya akibatnya bisa terkena diabetes.

Apalagi Anda yang sekarang sudah kena diabetes. Anda perlu mengatur pola makan dengan disiplin tinggi. Hindari konsumsi makanan tinggi gula dan makanan berkarbohidrat tinggi.

Untuk mengonsumsi makanan minuman manis, Anda bisa menggantinya dengan menggunakan pemanis buatan (sintetis). Kadar gulanya rendah.

Selain itu, lakukan olahraga ringan di rumah dengan rutin setidaknya 4 kali dalam seminggu. Tiap kali berolahraga sebaiknya lakukan selama 30 menit.

Jadi, Anda tidak usah melakukan olahraga berat. Olahraga ringan cukup. Jalan kaki keliling kompleks perumahan di mana Anda bertempat tinggal, melakukan senam di halaman rumah, naik sepeda, lompat tali, push up, dsb.

Yang penting lakukan olahraga itu secara rutin dan jangan malas. Rasa malas adalah penyakit yang harus Anda perangi.

Tiap timbul rasa malas, ucapkan slogan seperti: Jangan Malas Olahraga, Saya Harus Sehat, Saya Tidak Mau Sakit, dsb.

Anda bisa bikin slogan lainnya. Tujuannya untuk menyemangati diri. Jika olahraga sudah menjadi kebiasaan, barulah rasa malas hilang.

Baca – 5 Makanan Untuk Membuat Gula Darah NormalĀ 

Yang sering muncul dalam diri Anda adalah keinginan untuk selalu berolahraga. Tidak hanya sakit diabetes, banyak penyakit bisa dilawan dengan rajin berolahraga.

Daftar 12 Makanan Penyebab Gula Darah Tinggi Atau Penyebab Diabetes

Nah, berikut ini 12 makanan minuman tinggi gula dan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi yang harus Anda hindari atau kurangi. Boleh tetap mengonsumsi gula, tetapi jangan berlebihan.

Menurut Kementerian Kesehatan, asupan gula yang sehat per hari adalah maksimal 50 gram atau 4 sendok makan atau 5-9 sendok teh.

Itu bagi Anda yang sehat. Bagi Anda yang sudah punya penyakit diabetes, ya sesuai dengan kondisi penyakitnya. Anda perlu konsultasi dengan dokter untuk penentuan konsumsi gula yang diizinkan.

Kembali ke masalah makanan penyebab gula darah tinggi dan Anda harus hati-hati saat mengonsumsi. Jangan berlebihan jumlahnya dan jangan terlalu sering.

1. Yogurt atau yoghurt

Yoghurt atau yogurt adalah makanan lezat. Siapa pun sangat suka makanan ini. Tetapi. yoghurt rasa buah menggunakan gula yang tinggi. Hati-hati ancaman diabetes.

Lebih baik beli yoghurt / yogurt tawar, dan nantinya bisa tambahi buah sendiri tanpa menambah gula. Aman.

Baca – 9 Tips Membuat Gula Darah Bisa Kembali Normal

2. Saus Tomat

Saus tomat dalam botol atau kemasan sama saja. Keduanya mengandung gula tinggi. Mengonsumsi kentang goreng, sosis, spaghetti ditambah saus tomat memang lezat dan nikmat.

Tetapi kandungan gula pada saus tomat cukup tinggi. Gula ditambahkan biar rasa saus tidak terlalu asam. Selain itu gula sebagai bahan pengawet sehingga saus tomat bisa bertahan lebih lama.

3. Salad dressing

Salad dressing yang terdiri dari buah dan sayur memang menyehatkan. Tetapi, jika salad dressing ditambahi mayonnaise dan keju, maka kandungan gulanya jadi cukup tinggi. Bahkan kandungan lemaknya juga tinggi.

4. Soft drink

Minum soft drink atau minuman ringan memang menyegarkan. Siapa yang tidak suka? Tetapi kandungan gulanya tinggi. Selain soft drink, minuman yang juga harus Anda waspadai adalah susu cokelat dan jus dalam kemasan. Tambahan gulanya cukup tinggi.

5. Selai

Makanan selai sering disajikan bersama roti. Jadinya, gula yang terkandung cukup tinggi. Hati-hati. Selai macam-macam. Tergantung bahan baku pembuatan. Ada selai pisang, selai nanas, selai sirsak, dsb.

6. Madu

Rasa manis madu memang alami. Tetapi, madu kemasan yang dijual terkadang ditambahkan gula. Maka hati-hati.

7. Granalo Bar

Mengonsumsi granalo bar juga perlu hati-hati. Sebab kandungan gula juga tinggi. Bagi yang sehat, boleh mengonsumsi tetapi jangan berlebihan dan jangan terlalu sering.

8. Permen

Semua orang pasti suka mengonsumsi permen. Tidak hanya anak-anak, tetapi orang dewasa. Bahkan orang tua.

Tetapi, kandungan gula dalam permen sangat tinggi. Berapa? Ada yang sampai 90%. Maka, hati-hati. Konsumsi permen berlebihan bisa mengakibatkan Anda kena diabetes.

9. Pudding dan es krim.

Anda semua pasti tahu. Kedua makanan ini lezat dan nikmat. Tetapi di balik rasanya yang lezat, tersimpan bahaya besar. Maka, jangan mengonsumsi berlebihan. Bisa terkena penyakit diabetes.

10. Aneka Kue.

Kamu juga perlu hati-hati mengonsumsi kue. Makanan ini dibuat dari bahan tepung, mentega, dan gula. Kue yang rasanya sangat manis memang lezat dan harganya tidak mahal. Tetapi juga ancaman bagi kesehatan Anda.

11. Minuman Kopi Manis, Teh Manis

Jika Anda biasa minum teh atau kopi manis, atau es teh manis, dsb, ya hati-hati. Gulanya jangan tinggi-tinggi.

Bisa menyebabkan gula darah tinggi dan efeknya kena penyakit diabetes. Boleh minum teh, minum kopi, tetapi gulanya sedikit saja.

Tidak hanya berkaitan dengan risiko kena diabetes, mengonsumsi makanan minuman manis juga berisiko kena darah tinggi dan kolesterol tinggi.

Baca – 7 Penyebab Terjadinya Penyakit Gula Darah Tipe 2

Sebagai gantinya lebih baik memperbanyak minum air putih. Minuman murah dan menyehatkan.

12. Makanan Tinggi Karbohidrat

Mengonsumsi makanan karbohidrat tinggi juga perlu hati-hati. Jangan berlebihan karena bisa mengakibatkan sakit diabetes.

Penyakit diabetes terjadi bukan hanya akibat konsumsi gula yang tinggi, tetapi juga karena mengonsumsi makanan karbohidrat tinggi.

Makanan berkarbohidrat tinggi, misalnya tepung putih, gula putih, dan nasi putih, roti, muffin, kue, kerupuk, donat, pasta, dsb. Makanan karbohidrat tinggi atau makanan manis mudah dicerna oleh tubuh. Hasilnya, gula darah mudah naik tinggi.

PenutupĀ 

Jumlah penderita penyakit diabetes di Indonesia cukup tinggi. Bahkan di tiap kompleks perumahan selalu ada penderita diabetes.

Maka, hati-hati. Hindari makanan minuman tinggi gula dan karbohidrat tinggi supaya Anda tidak terkena diabetes.

Jika sudah menderita diabetes, Anda harus berusaha menurunkan gula darah dengan menghindari makanan tinggi gula atau makanan karbohidrat tinggi.

Baca – 13 Buah Yang Baik Untuk Mengatasi Penyakit Diabetes

Anda harus berusaha menurunkan gula darah sampai ke tingkat normal. Dengan cara ini, diabetes bisa diatasi dan tidak pernah kambuh lagi. Tetapi, ini perlu perjuangan panjang dan usaha sungguh-sungguh.

Semoga Anda sukses menurunkan gula darah dan mengatasi penyakit diabetes melitus tipe 2 ataupun tipe 1.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *