5 Makanan Tinggi Protein Untuk Ibu Hamil Terbaik

Diposting pada

MAKANAN tinggi protein untuk ibu hamil sangat penting. Selain untuk menunjang kesehatan Bunda, makanan tinggi protein juga sangat penting untuk perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan.

Makanan kaya protein akan membantu pertumbuhan sel janin. Demikian pula untuk perkembangan otak dan produksi darah untuk calon bayi dalam kandungan.

Oleh karena itu, sangat disarankan kepada ibu hamil untuk selalu mengonsumsi makanan tinggi protein tiap hari. Harapannya, dengan cara itu, janin akan selalu tumbuh sehat dan kuat.

Pertanyaannya, makanan apa saja yang mengandung protein tinggi dan Bunda perlu selalu mengonsumsinya?

Baca – Susu SGM Membuat Bayi Cepat Gemuk

Yuk, kenali satu-persatu makanan tinggi protein yag sangat penting bagi ibu hamil. Bunda perlu mengonsumsinya tiap hari biar selalu sehat, termasuk janin yang dikandungnya.

makanan tinggi protein untuk ibu hamil

5 Makanan Tinggi Protein Terbaik untuk Ibu Hamil

Menurut dokter, ketika hamil, Bunda memerlukan paling tidak 40 – 70 gram protein tiap hari. Banyak makanan yang mengandung protein tinggi yang bisa Bunda konsumsi.

Yang penting, tiap hari ibu hamil harus mengonsumsi makanan berprotein tinggi. Tentu saja, Bunda juga harus memperhatikan kebutuhan akan karbohidrat, zat besi, asam folat, serat, vitamin, lemak dan kalsium.

Semua zat itu sangat penting untuk ibu hamil dan harus dipenuhi supaya Bunda dan bayi dalam kandungan selalu sehat.

Protein sangat penting untuk pembentukan tulang, kuku, rambut, dan organ tubuh lainnya pada bayi. Selain itu, protein membantu pembentukan plasenta, sel darah merah, dsb.

Baca – Susu Prenagen Emesis Biar Bisa Cepat Hamil

Pada artikel ini akan kita ketahui makanan apa saja yang mengandung protein tinggi.

1. Daging

Salah satu makanan yang mengandung protein tinggi adalah daging. Baik daging unggas atau daging sapi, kerbau, dan kambing. Tidak hanya untuk Bunda, konsumsi daging juga untuk kesehatan janin.

Untuk daging unggas, Bunda bisa mengonsumsi daging ayam, bebek, dan kalkun. Ternak unggas ini mengandung protein cukup tinggi, tetapi rendah lemak. Jadi, sangat sehat untuk Bunda konsumsi.

Cara pengolahan daging unggas lebih mudah dibandingkan dengan daging sapi, kambing, kerbau, dsb. Selain itu, harganya juga lebih murah.

Tetapi jika Bunda ingin daging sapi, kambing, kerbau, juga lebih bagus. Kandungan proteinnya lebih tinggi.

Tetapi, Bunda juga bisa memperoleh protein dengan mengonsumsi ikan. Kandungan omega 3 dari ikan sangat baik untuk membantu perkembangan otak si janin. Sementara, daging merah juga penting untuk kesehatan Bunda dan janin.

Baca – 8 Vitamin Untuk Bunda Menyusui Biar Bayinya Cerdas

Ya, Bunda bisa mengantur konsumsi makanan daging apa yang mengandung protein tinggi. Bisa berganti-ganti antara konsumsi daging unggas, daging hewan atau ikan.

2. Kacang Polong

Ibu hamil juga bisa mengonsumsi kacang-kacangan untuk mendapatkan makanan yang mengandung protein nabati.

Kacang-kacangan yang sangat baik untuk Bunda konsumsi adalah kacang polong (Pisum sativum).

Kacang polong mengandung protein tinggi yang Bunda butuhkan. Baik untuk proses produksi sel janin ataupun asam amino. Semuanya sangat bermanfaat untuk menunjang kelancaran proses kehamilan Mama / Bunda.

Bunda juga bisa memanfaatkan kacang polong sebagai masakan pelengkap untuk sup atau nasi goreng. Bunda juga bisa memasaknya sebagai cemilan.

Kandungan proteinnya 21 g untuk tiap 100 gram kacang polong. Bisa pula untuk menurunkan kadar gula darah (diabetes).

3. Kacang Almond

Tidak hanya kacang polong. Bunda yang sedang hamil juga bisa memilih konsumsi kacang almond untuk mendapatkan asupan protein tinggi.

Kandungan protein pada kacang almond bermanfaat untuk membantu proses pembentukan otot janin.

Disamping itu, dengan kandungan protein yang tinggi, kacang almond juga menjadi sumber energi untuk mempersiapkan proses persalinan biar berjalan lancar.

Baca – 23 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan, Kecantikan & Ibu Hamil

Selain ibu hamil, kacang almond juga sangat baik untuk menurunkan berat badan, mengatasi kolesterol tinggi, meningkatkan semangat pria, mudah tidur nyenyak, dsb.

4. Sayur Brokoli

Bunda yang sedang hamil juga bagusmengonsumsi brokoli.  Sebab, sayur brokoli mengandung   protein tinggi, tetapi rendah lemak.

Selain itu, brokoli juga merupakan sumber folat, serat, kalsium, lutein, dan zeaxanthin. Yang tidak kalah penting bagi Bunda, yakni brokoli mengandung

Di antara berbagai sayuran, brokoli mengandung protein tinggi. Untuk kesehatan mata, Anda sebaiknya sering ke dokter untuk memeriksakan diri untuk mengetahui perkembangan dari brokoli dan bayinya.

5. Putih Telur

Rasa putih telur memang gurih seperti rasa kuning telur. Tetapi putih telur mengandung protein tinggi rendah lemak. Bunda pelu mengonsumsinya biar janin dalam kandungan tumbuh sehat.

Satu putih telur sama dengan 4 gram protein. Ibu hamil yang rutin mengonsumsi putih telur akan mendapatkan cukup banyak energi dan mencegah kelahiran bayi prematur.

Makanan Lain

Makanan lain yang mengandung protein tinggi sehingga sangat baik untuk Ibu hamil adalah tahu dan produk lain dari bahan kedelai, susu dan olahannya, gandum, kerang, dsb.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *