5 Makanan untuk Menormalkan Gula Darah Anda

Diposting pada

MAKANAN untuk menormalkan gula darah – Agar gula darah tetap normal, Anda harus mengonsumsi makanan khusus. Ikan salmon, ikan tuna, sayuran, telur rebus, dsb.

Membuat kadar gula darah normal adalah sangat penting. Baik Anda yang menderita gula darah tinggi (diabetes) ataupun Anda yang menderita gula darah rendah. Keduanya merupakan kondisi tubuh tidak sehat.

Maka, Anda harus membuat gula darah selalu normal. Sebab, risiko dari kadar gula darah tinggi ataupun rendah tidak ringan. Terutama risiko gula darah tinggi. Anda bisa kena penyakit diabetes sepanjang hidup.

Sebaliknya, risiko dari gula darah rendah juga berat. Yaitu, bisa menyebabkan kematian.

Bahkan, 10% penderita gula darah tinggi (diabetes) meninggal dunia akibat gula darahnya tiba-tiba turun dratis menjadi gula darah rendah.

Pertanyaannya, bagaimana cara membuat gula darah Anda selalu normal? Apa saja yang harus Anda lakukan?

Makanan untuk menormalkan gula darah
menormalkan gula darah (foto:honestdocs.id)

5 Makanan untuk Menormalkan Gula Darah yang Harus Anda Konsumsi

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menormalkan gula darah adalah mengonsumsi makanan khusus untuk itu. Yaitu, makanan untuk menormalkan gula darah.

Tidak hanya untuk Anda yang sekarang menderita diabetes atau gula darah tinggi. Tetapi, Anda yang keluarganya punya riwayat diabetes juga harus hati-hati.

Anda sebaiknya juga sering mengonsumsi makanan yang mencegah gula darah Anda naik tinggi atau turun drastis.

Ukuran kadar gula darah normal adalah:

  • Sebelum makan: sekitar 70-130 mg/dL
  • Dua jam setelah makan: kurang dari 140 mg/dL
  • Setelah tidak makan (puasa) selama setidaknya delapan jam: kurang dari 100 mg/dL
  • Menjelang tidur: 100 – 140 mg/dL

Baca Juga: Kadar Gula Darah Menurut Depkes 

Berikut ini 5 makanan yang perlu Anda konsumsi agar gula darah Anda selalu normal, yakni:

1. Makanan Rendah Lemak

Ya, sayuran adalah makanan rendah lemak yang sangat baik Anda konsumsi supaya gula darah tetap normal. Tidak naik tinggi dan tidak turun drastis.

Anda perlu rajin mengonsumsi sayuran karena sayuran adalah sumber serat, vitamin dan mineral untuk mengendalikan gula darah Anda biar tetap normal.

Jika sekarang gula darah Anda tinggi, ya perbanyak konsumsi sayur. Menurut sebuah penelitian, konsumsi sayuran bisa menurunkan gula darah sampai 14%.

Ya, tiap hari Anda harus selalu menonsumsi sayur. Setidaknya mengonsumsi 250 gram sayur.
Demikian pula jika gula darah Anda rendah. Perbanyak konsumsi sayur.

2. Ikan dengan Asam Lemak Omega 3

Makanan yang mengandung lemak baik juga perlu Anda konsumsi supaya gula darah Anda tetap normal. Misalnya ikan dengan omega 3.

Mengonsumsi ikan yang mengandung omega 3 bisa membuat kadar gula darah Anda tetap normal. Ikan juga termasuk makanan kaya protein yang membuat Anda kenyang dalam waktu lama.

Ikan dengan asam lemak omega 3 antara lain ikan salmon, ikan tuna, ikan kembung, dan ikan halibut.

3. Telur Rebus

Telur juga bagus untuk Anda konsumsi karena bisa menjaga agar gula darah Anda normal. Sebab, telur merupakan sumber protein yang bisa Anda andalkan untuk membuat kadar gula darah tetap normal.

Selain itu, telur tidak mengandung nilai indeks glikemik. Kandungan protein dalam putih telur juga cukup tinggi. Bisa membantu memenuhi kebutuhan protein Anda tiap hari.

Yang terbaik untuk Anda konsumsi adalah telur rebus.

4. Biji-bijian Utuh

Anda juga bisa mengonsumsi makanan dari bahan whole grain atau biji-bijian utuh. Makanan ini bisa mencegah terjadinya gula darah naik tinggi dengan cepat. Makanan biji-bijian utuh seperti roti gandum, nasi merah, atau oatmeal.

Biji-bijian juga mengandung karbohidrat tinggi. Tetapi karbohidratnya dalah karbohidrat yang kompleks dan mengandung serat.

Bisa membuat Anda merasa kenyang untuk waktu agak lama sehingga tidak mengonsumsi makanan kecil yang manis-manis. Makanan manis adalah penyebab naiknya gula darah.

5. Buah Alpukat dengan Lemak Baik

Buah alpukat juga mengandung lemak. Tetapi, lemaknya adalah lemak tak jenuh tunggal. Justru lemaknya bisa ikut membuat kadar gula darah Anda tetap normal.

Selain itu, lemak baik alpukat bisa meningkatkan kerja hormon insulin. Maka, glukosa (zat gula darah) tidak menumpuk di dalam darah. Gula darah tetap normal.

Justru mengonsumsi buah alpukat merupakan sumber lemak baik. Alpukat termasuk buah berserat tinggi.

Penutup

Selain selalu mengonsumsi makanan untuk menormalkan gula darah, Anda juga perlu menghindari makanan yang menyebabkan gula darah naik tinggi.

Dengan kedua cara ini, gula darah Anda akan selalu normal. Anda selalu sehat dan bebas dari penyakit diabetes atau gula darah tinggi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *