11 Makanan Terbaik untuk Penderita Infeksi Lambung

Diposting pada

SELAIN menghindari makanan penyebab infeksi lambung atau mencegah terjadinya infeksi lambung, penderita sakit infeksi pada lambung (gastritis) perlu mengonsumsi makanan yang baik dan aman bagi mereka. Apa saja makanan terbaik itu?

Menurut dr. Iriyanti Maya Sari Barutu, memilih makanan untuk penderita infeksi lambung sangat penting.

Sebab, penderita infeksi lambung sangat sensitif dengan makanan yang bisa mengiritasi lambung. Terutama dengan makanan yang bisa memicu naiknya asam lambung.

Daftar 11 Makanan untuk Penderita Infeksi Lambung 

Pertanyaannya, makanan apa saja yang terbaik untuk penderita infeksi lambung?

Beberapa makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita infeksi lambung antara lain:

 

makanan untuk penderita infeksi lambung

1. Oatmeal karena mengandung banyak serat.

2. Sayuran seperti brokoli, kembang kol, kentang, selada, timun, buncis dan asparagus.

3. Makanan rendah lamak seperti ikan, daging tanpa kulit.

4. Buah seperti pisang, pir, apel, atau melon juga bagus untuk penderita infeksi lambung. Buah-buah tersebut kaya serat yang bisa mengatasi luka lambung.

5. Tanaman herbal yang bisa mengurangi keluhan asam lambung. Misalnya jahe, adas, dan lidah buaya.

6. Gandum dan biji-bijian. Makanan dari gandum seperti roti dan sereal mengandung kandungan serat yang baik pada tubuh. Biji-bijian kaya serat yang tinggi, misalnya beras merah, barley, quinoa dan oatmeal.

7. Makanan kaya protein. Contohnya daging rendah lemak tanpa kulit atau ikan yang banyak proteinnya.

8. Makanan dengan menu sayuran brokoli. Brokoli mengandung bahan kimia yang bisa membantu membunuh helicobacter pylori (bakteri negatif) karena antibakteri.

9. Nasi, makanan dengan karbohidrat tinggi sangat baik untuk lapisan dan dinding lambung yang terluka. Nasi meredakan infeksi lambung.

10. Bubur bisa menjadi alternatif makanan bagi penderita infeksi lambung jika makan nasi terasa berat.

11. Kentang dengan karbohidrat yang tinggi akan memulihkan dinding lambung yang bermasalah. Peran kentang sama dengan nasi.

Sebuah Studi: Makan Setengah Cangkir Brokoli

Ada sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Center Prevention Research menyebutkan bahwa beberapa orang yang mengonsumsi makanan dengan setengah cangkir brokoli perhari selama 2 bulan, ternyata bisa mengurangi sakit pada lambung.

Beberapa orang tersebut adalah penderita dengan pencernaan yang mengandung helicobacter pylori. Brokoli mengandung zat sulforphane yang bisa membantu melancarkan pencernaan di lambung.

Mengonsumsi Obat Herbal Infeksi Lambung

Anda juga bisa mengonsumsi obat herbal infeksi lambung. Misalnya, Walatra Sarang Semuat. Obat herbal ini mampu mengatasi penyakit maag, asam lambung, gerd, infeksi lambung, dan radang usus.

Walatra Sarang Semut diproduksi dari tumbuhan obat multi khasiat yang hanya tumbuh di Papua. Kaya akan senyawa aktif flavonoid, tokoferol, fenolik dan mineral penting seperti kalsium (Ca), natrium (Na), kalium (K), seng (Zn), besi (Fe), fosfor (P) dan magnesium (Mg) dan senyawa lainnya. Semua itu berguna sebagai antioksidan dan anti kanker.

Obat herbal Walatra Sarang Semut juga berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi penyakit ambeien, diabetes, gangren, diabetes melitus, hipertensi (darah tinggi), kolesterol tinggi, lemak darah, penyakit kulit, kanker ginjal, batu ginjal, batu empedu, gagal ginjal, infeksi ginjal, gangguan ginjal, dsb.

Aturan Pakai: 2 kali sehari, pagi dan malam. Tiap minum 2 kapsul.

Penutup

Demikian artikel mengenai makanan untuk penderita infeksi lambung. Maksudnya, makanan yang bisa membantu menyembuhkan sakit infeksi lambung.

Makanan terbaik untuk penderita infeksi pada lambung tidak mahal dan mudah didapatkan. Jadi, tidak sulit untuk mengonsumsi makanan itu setiap hari. Makanan juga bisa divariasi.