MAKANAN untuk penderita sakit maag. Selain ada pantangan makanan untuk penderita maag, tentu ada makanan terbaik untuk penderita maag. Yakni, makanan yang bisa membantu mengatasi sakit maag.

Penyebab sakit maag adalah bakteri H pylori. Selain mengonsumsi antibiotik dan obat yang direkomendasikan oleh dokter, penderita juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang bisa membantu melawan bakteri penyebab sakit maag.

Makanan apa saja yang bisa membantu melawan bakteri penyebab sakit maag, termasuk maag kronis dan maag akut? Berikut ini daftarnya dan Anda bisa mulai mengonsumsi makanan ini tiap hari.

Ya, pilih makanan yang cocok. Bandingkan antara satu makanan dengan makanan yang lain. Makanan mana yang lebih besar khasiatnya untuk penyakit maag Anda.

Pilih Makanan Paling Besar Khasiatnya untuk Dikonsumsi Penderita Maag 

makanan untuk penderita maag

kembang kol (foto:merdeka.com)

Berikut ini daftar makanan untuk penderita maag yang sebaiknya Anda konsumsi karena bisa membantu mengatasi sakit maag. Pilih makanan bagi penderita maag mana yang cocok bagi Anda.

Atau jika Anda tahu khasiat masing-masing, ya pilih makanan yang khasiatnya paling besar dalam menyembuhkan penyakit maag.

1. Kembang Kol

Kembang kol mengandung asam amino glutamin sehingga bisa efektif memerangi penyakit maag dan asam lambung. Glutamin juga berfungsi memperkuat lapisan mucosal di dalam usus dan meningkatkan aliran darah di perut.

2. Kubis

Sama dengan kembang kol, kubis juga bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan tukak lambung (maag). Minum satu liter jus kubis segar setiap hari akan menyembuhkan tukak lambung lebih cepat daripada pengobatan standar.

3. Lobak

Lobak juga sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan, termasuk mengatasi sakit maag (lambung). Mengonsumsi lobak bisa meningkatkan fungsi pencernaan sehingga terhindar dari asam lambung.

4. Apel

Buah apel ternyata bisa menyembuhkan asam lambung naik. Mengonsumsi apel bisa mengatasi asam lambung yang naik. Kandungan fruktosa bisa menyerap asam lambung sehingga tidak berlebihan jumlahnya di pencernaan.

5. Kunyit

Kunyit cukup besar manfaatnya untuk mengatasi penyakit maag. Dengan kandungan zat antiradang dan antioksidan, kunyit bisa meredakan gangguan pencernaan dan melindungi hati. Bahkan bisa mengobati dan mencegah tukang lambung.

Saya punya pengalaman mengonsumsi ramuan kunyit untuk mengatasi maag. Saya minum kunyit setelah berkali-kali minum obat resep dokter tak bisa menyembuhkan maag saya. Tiap kali obat habis, maag muncul kembali. Itu terjadi berkali-kali.

5. Blueberry, Raspberry, Blackberry, Stroberi, Ceri

Blueberry, blackberry, ceri dan raspberry adalah buah yang kaya antioksidan, serat dan berbagai nutrisi penting lainnya. Mengonsumsi secara rutin bisa meningkatkan kinerja pencernaan, memori otak, risiko penyakit jantung dan kanker.

6. Paprika

Paprika bisa menormalkan asam di perut. Ini adalah stimulan yang hebat, yang memfasilitasi pencernaan dengan meningkatkan asam ludah dan asam lambung. Ini bisa mengobati gangguan pencernaan.

7. Wortel

Wortel sangat baik dikonsumsi untuk menyembuhkan sakit maag atau asam lambung. Dengan kandungan vitamin C dan alkali alami, wortel sangat efektif mengatasi asam lambung (maag) dan tukak lambung.

8. Brokoli

Brokoli juga dikenal berkhasiat mengatasi penyakit maag. Di Jepang, para ahli menemukan bahwa mengkonsumsi 70 gram brokoli segar setiap hari dalam waktu dua bulan bisa melindungi tubuh dari bakteri perut berkait dengan maag, infeksi lambung, dan bahkan kanker perut.

Mengonsumsi Madu Hitam Pahit Menyembuhkan Maag

Dari daftar 8 makanan untuk penyakit maag kronis, ada dua yang saya konsumsi dengan baik sehingga bisa menikmati khasiatya. Bahkan, penyakit maag saya akhirnya bisa sembuh. Sebelumnya, belasan tahun saya bergelut dengan maag yang sangat merepotkan.

Yang terakhir saya konsumsi untuk menyembuhkan penyakit maag adalah madu hitam pahit. Ya, ini bukan madu biasa yang rasanya manis. Tetapi, ini madu hitam dengan rasa agak pahit.

Ya, saya katakan agak pahit karena tidak pahit sekali seperti minum jamu temu lawak. Tetapi, rasanya memang beda dengan madu umumnya yang tampil dengan rasa sangat manis.

Madu pahit karena madu diperoleh dari lebah dengan makanan bunga mahoni. Buah mahoni juga terasa pahit. Selain dari bunga mahoni, madu pahit juga bisa dihasilkan dari lebah yang mengisap bunga pelawan, kaliandra, jati, singkong dan karet.

Selain beda warna dan rasa, khasiat madu hitam dirasakan lebih tinggi dan alami. Punya kandungan glukosa yang rendah. Maka, madu pahit bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Baca – Cara Melepas Veneer Gigi Dilakukan Sendiri

Kandungan glukosanya juga rendah sehingga baik sebagai suplemen bagi penderita diabetes. Madu pahit juga bisa menurunkan risiko jantung koroner dan mencegah penggumpalan darah yang mengakibatkan serangan jantung.

Saya cukup minum satu botol madu pahit dan sakit maag saya sembuh. Sebelumnya, saya telah belasan tahun menderita sakit maag. Rajin periksa dokter, tetapi setelah obat resep dokter habis, maag kembali muncul.

Semoga artikel mengenai Makanan yang Harus Dikonsumsi Penderita Maag Kronis dan Akut ini bermanfaat untuk pembaca semua. Amiiinnn.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website