10 Kelompok Makanan yang Aman untuk Penderita Diabetes

Diposting pada

MEMILIH makanan yang aman untuk penderita diabetes sangat penting. Salah memilih makanan bisa berakibat buruk bagi kesehatan mereka. Misalnya, kadar gula darah mereka naik tajam setelah mengonsumsi makanan yang salah pilih.

Oleh karena itu, penderita diabetes dan keluarganya harus tahu mana makanan untuk penderita diabetes yang aman dan tidak tidak aman. Maksudnya, makanan yang boleh dikonsumsi penderita diabetes dan tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. .

Meningkatnya kadar gula darah tentu akan menambah beban bagi kesehatan penderita. Mereka bisa mengalami gagal ginjal, kerusakan saraf, sakit jantung, gangguan mata, rentan terkena infeksi, dsb.

Cara terbaik adalah penderita harus hati-hati dalam memilih makanan. Pilihlah makanan yang benar-benar menyehatkan sehingga bisa mencegah terjadinya kenaikan gula darah.

Baca – 10 Cemilan Sehat untuk Penderita Penyakit Diabetes

Makanan Yang Aman untuk Penderita Diabetes

Pertanyaannya adalah makanan apa saja yang aman dan bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes tiap hari? Memilih makanan untuk penderita diabetes sering disebut sebagai terapi nutrisi medis.

Makanan Yang Aman untuk Penderita Diabetes

jagung, makanan yang aman untuk penderita diabetes (foto:idntimes.com)

Untuk membuat gula darah stabil, penderita penyakit diabetes harus mengonsumsi makanan bergizi dengan rendah lemak dan kalori. Dengan cara ini, gula darah mereka bisa dikendalikan.

Mengendalikan kadar gula darah adalah kunci utama untuk mencapai hidup sehat bagi penderita diabetes. Berikut ini adalah 15 makanan yang bisa dipilih dan dikonsumsi penderita diabetes:

1. Jagung dengan Indeks Glikemik Rendah

Mengonsumsi makanan dari jagung bisa menjadi pilihan terbaik bagi penderita diabetes. Sebab, nilai indeks glikemik (IG) jagung tergolong rendah. Yakni 48 untuk per 150 gram jagung.

Bandingkan dengan IG nasi beras putih 72 dan kentang 82. Makanan yang indeks glikemiknya tinggi bisa menyebabkan naiknya gula darah. Maka, makanan seperti itu harus dihindari.

Baca – Cara Menyembuhkan Luka Diabetes dengan Minyak Zaitun 

IG tinggi jika nilainya di atas 70. IG sedang jika nilainya 56 – 69. IG dikatakan rendah jika nilainya di bawah 56.

2. Ubi Jalar – Jangan Dipanggang

Anda juga bisa memilih ubi jalar untuk konsumsi tiap hari. Ubi jalar rendah korbohidrat tetapi tinggi serat. Ini membuat IG ubi jalar juga rendah dan membuat glukosa (zat gula) sulit diserap oleh darah.

Maka, gula darah Anda tetap stabil. Tetapi, ubi jalar jangan dimasak dengan cara dipanggang, direbus atau ditumbuk. Cara itu bisa menaikkan gula darah.

Cara yang tepat adalah ditumis dengan minyak sebentar saja. Sebaiknya kulit ubi dibiarkan atau tidak usah dikupas.

3. Gandum Utuh Mengontrol Gula Darah

Mengonsumsi gandum utuh rutin tiap hari bisa mengontrol kadar gula darah. Dengan kandungan karbohidrat dan serat, mengonsumsi gandum utuh bisa memperlambat kerja pencernaan sehingga Anda merasa kenyang tanpa menaikkan gula darah.

Menginsumsi gandum juga bisa menghindari serangan jantung, mencegah diabetes tipe 2, dan menghindarkan diri dari obesitas (kegemukan). Tetapi, mengonsumsi gandum utuh sebaiknya dilengkapi dengan berolahraga.

4. Sayuran Hijau

Sayuran hijau juga bagus untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Misalnya bayam, brokoli, kale, buncis, dsb.

Mengonsumsi sayuran sangat menyehatkan karena rendah karbohidrat. Selain itu, mengonsumsi sayuran tidak akan menyebabkan gula darah meningkat.

5. Mengonsumsi Tomat Matang

Mengonsumsi jus tomat juga bisa membantu Anda menurunkan gula darah. Sebab, tomat termasuk jenis buah yang mengandung karbohidrat rendah, yaitu sekitar 4 gram dalam setiap 100 gram tomat.

Baca – Resep Masakan untuk Sakit Diabetes dan Kolesterol Tinggi 

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi tomat secara rutin tiap hari bisa menurunkan kadar gula darah. Otomatis risiko penyakit jantung dan pembuluh darah sebagai akibat diabetes tipe 2 juga berkurang.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga bisa menjadi alternatif makanan untuk penderita diabetes. Kacang-kacangan mengandung banyak vitamin, mineral, kalsium, dan asam lemak tak jenuh.

Dianjurkan untuk mengonsumsi bgobsunmsi segenggam kacang setiap hari agar tetap sehat. Tetapi makannya jangan berlebihan. Anda bisa memilih kacang almond, kacang kenari, kacangan pistasio, kacang mete, dsb.

7. Kacang Kedelai

Kacang kedelai termasuk sumber camilan sehat kaya nutrisi yang bisa membuat penderita diabetes selalu sehat. Kacang kedelai mengandung protein dan serat tinggi.

Selain itu, kacang kedeli juga mengandung isoflavon yang bisa melawan serangan radikal bebas. Baik akibat paparan kimia, polusi atau radiasi. Berbagai kandungan itu membuat diabetes tetap stabil, dan tidak naik.

8. Biji Chia atau Chia Seed

Biji chia mulai populer di Indonesia, khususnya di kalangan mereka yang menyukai makanan organik. Selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, biji chia juga sangat baik dikonsumsi penderita diabetes.

Baca – Khasiat Buah Naga untuk Mengatasi Diabetes Cukup Besar

Bagi penderita diabetes, mengonsumsi biji chia akan memperlambat perubahan karbohidrat menjadi gula sederhana yang bisa mengontrol gula darah.

Kandungan biji chia yang kaya nutrisi ini antara lain karbohidrat, protein, air, asam lemak omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan asam lemak omega-6. Tetapi, mengonsumsi biji chia jangan berlebihan. Bisa mengakibatkan perut kembung.

9. Saus Tomat dan Saus Sambal

Saus tomat dan saus sambal botolan juga harus Anda hindari. Mengonsumsi 2 sendok saus tomat setara dengan 16 gram gula. Apalagi saus tomat Anda konsumsi untuk tambahan lauk saat makan nasi putih.

Wow, jumlah gula yang Anda konsumsi makin tinggi. Sebab, kandungan gula pada nasi putih juga tinggi. Demikian pula saus sambal botolan.

Jika ingin aman, ya Anda bisa membuat saus sendiri. Anda bisa membatasi gulanya atau sama sekali tidak pakai gula. Tergantung kondisi diabetes Anda. Ringan, sedang atau berat.

10. Madu, Sirup Agave, dan Sirup Maple

Madu, sirup agave, dan sirup maple juga termasuk pantangan makanan penderita diabetes. Meskipun rasa manis dari ketiga buah itu adalah pemanis alami.

Tetapi, mengonsumsi madu, sirup, agave bisa memicu naiknya gula darah. Bahkan, karbohidratnya bisa jauh lebih tinggi.

Baca – Kenali 15 Pantangan Penyakit Gula Darah Kering

Bandingkan. Satu sendok makan gula putih mengandung 12,6 gr glukosa. Sementara, kadar glukosa madu 17 gr. Sirup agave 16 gr, dan sirup maple sebesar 13 gr.

Pantangan Makanan Penderita Diabetes

makanan yang aman untuk penderita diabetes

sayur dalam kaleng (foto: food.detik.com)

Selain memilih makanan yg aman untuk penderita diabetes (diabetesi), dalam waktu bersamaan Anda juga harus menghindari pantangan makanan penderita diabetes.

Ini sangat penting dilakukan supaya usaha Anda untuk membuat gula darah normal bisa dicapai dengan mudah.

Makanan yang harus dihindari penderita diabetes adalah makanan yang tinggi kalori dan tinggi gula. Lantas, makanan apa saja yang harus dihindari?

1. Nasi Putih dan Makanan dari Tepung Terigu

Nasi putih harus Anda hindari karena mengandung karbohidrat tinggi. Ini membuat nasi putih yang Anda konsumsi cepat meningkatkan kadar gula darah Anda.

Selain nasi putih, makanan dengan karbohidrat tinggi yang harus Anda hindari adalah roti putih, kentang goreng, dan pasta tepung terigu.

Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi nasi merah, jagung atau ubi jalar. Masalah konsumsi jagung dan ubi jalar sudah diulas di atas.

Baca – Gula Darah Normal Menurut Usia dan Cara Mengatasinya 

Untuk roti putih dan pasta tepung bisa Anda ganti dengan mengonsumsi roti gandum, roti dari biji-bijian utuh atau pasta gandum.

2. Minuman Manis dalam Kemasan

Makanan dan minuman manis jelas menjadi musuh penderita diabetes. Minuman manis antara lain minuman bersoda, sirup, teh dan kopi kemasan siap minum.

Minuman-minuman buatan pabrik itu memang segar dan manis rasanya. Juga bisa tahan lama. Tetapi bagi Anda yang kena diabet, minuman-minuman itu harus Anda hindari. Apalagi bagi Anda yang gulanya mudah naik.

Tulisan tentang sukrosa, sirup jagung tinggi fruktosa, sirup agave, sirup maple, dekstrosa, glukosa, sirup malt, maltose, galaktosa pada kemasan minuman berarti minuman itu mengandung gula. Hati-hati.

3. Makanan Kaya Lemak Trans

Pantangan makanan penderita diabetes lainnya adalah makanan yang mengandung lemak trans. Antara lain keripik kentang kemasan, kentang goreng, dan aneka gorengan.

Lemak trans juga dengan mudah bisa Anda temukan pada produk margarin, selai, dan makanan yang diawetkan.

Lemak trans juga bisa memicu resistensi insulin dan sindrom metabolik. Dengan menghindari makanan kaya lemak trans, maka Anda bisa terhindar dari kerusakan pembuluh darah dan kemungkinan kena penyakit kardiovaskuler seperti sakit jantung, stroke, dsb.

Baca – Penyebab Penyakit Diabetes Melitus 2 dan Cara Mengatasinya

4. Sayuran Kalengan

Anda sebaiknya menghindari konsumsi sayur kalengan. Sebab, sayur kaleng telah ditambahkan garam. Demikian pula sayuran yang diberi tambahan acar. Selain itu, hindari juga sayur yang ditambahi saus, keju, dan mentega.

Yang terbaik adalah Anda mengonsumsi sayuran segar yang bisa dimakan mentah. Atau dimasak dengan cara dikukus sebetar atau dipanggang.

Penutup – Pantangan Makanan Penderita Diabetes

Sebagai penutup, penulis sajikan daftar makanan minuman yang harus dihindari oleh penderita diabetes, yaitu:

(1) nasi putih, (2) roti putih, (3) kentang goreng, (4) daging goreng, (5) kulit unggas, (6) ikan goreng, (7) tahu goreng, (8) susu full cream, (9) es krim, (10) yoghurt, (11) keju, (12) minuman kemasan rasa buah, (13) jus buah ditambahkan gula, (14) buah kalengan ditambahkan sirup gula.

(15) minum teh manis, (16) kopi dengan gula dan krim, (17) minuman bersoda, (18) minuman beralkohol, (19) energy drink, (20) pasta tepung terigu, (21) minuman bersoda, (22) sirup, (23) teh dan kopi kemas siap diminum, (24) keripik kentang kemasan, (25) madu, (26) sirup agave,

(27) sirup maple, (28) saus tomat, (29) saus sambal botolan, (30) saus dressing, (31)  topping tambahan seperti karamel, sirup, krimer, susu atau whipped cream.

Demikian artikel mengenai makanan yang aman untuk penderita diabetes dan pantanganan makanan penderota diabetes. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *