8 Makanan yang Baik untuk Penderita Asam Lambung

AGAR sakit lambung tidak makin parah, maka memilih makanan yang baik untuk penderita asam lambung sangat penting. Jika salah memilih makanan yang akan Anda konsumsi, maka penyakit asam lambung bisa makin parah dan Anda makin tersiksa.

Makanan pertama yang harus dihindari karena sebagai pemicu sakit asam lambung adalah makanan pedas. Lalu buah-buahan rasa asam, makanan berlemak tinggi, cokelat, makanan menggunakan ragi seperti tapai, dan bawang.

Jika Anda masih tetap mengonsumsi makanan-makanan itu, maka penyakit asam lambung sulit disembuhkan. Meskipun, Anda rajin minum obat asam lambung.

Baca – 6 Ciri Penyakit Asam Lambung Naik dan Cara Mencegah

Pertanyaannya, makanan untuk penderita asam lambung yang aman dan baik dikonsumsi apa saja? Silakan simak lanjutan artikel ini.

8 Makanan yang Baik untuk Penderita Asam Lambung dan Khasiatnya

Makanan yang Baik untuk Penderita Asam LambungMakanan yang Baik untuk Penderita Asam Lambung

Untuk mengatasi sakit asam lambung, berikut ini beberapa makanan yang baik bisa dipilih penderita asam lambung. Mengonsumsi makanan-makanan ini akan mempercepat penyembuhan penyakit asam lambung.

1. Oatmeal – Makanan Kaya Serat

Mengonsumsi oatmeal sangat baik untuk penderita penyakit asam lambung. Oatmeal merupakan makanan kaya akan serat yang bisa mengatasi gejala penyakit asam lambung.

Makanan berserat tinggi diperlukan karena mampu menyerap asam lambung yang berlebihan. Dengan cara itu, maka gejala refluks bisa mereda atau menurun.

Manfaat lain dari konsumsi oatmeal mampu membuat Anda kenyang lebih lama.

2. Lidah Buaya Penyembuh Alami

Anda juga bisa mengonsumsi tanaman lidah buaya untuk mengatasi penyakit asam lambung. Lidah buaya dikenal sebagai penyembuh alami dan bisa mengobati penyakit asam lambung.

Lidah buaya juga bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman. Manfaat lain, lidah buaya bisa Anda gunakan untuk mengentalkan masakan yang sedang diolah.

3. Jahe Mengandung Zat Anti Radang

Rempah jahe banyak digunakan ibu-ibu rumah tangga saat mengolah masakan. Tetapi juga bisa dibuat minuman untuk menghangatkan tubuh.

Selain itu, jahe juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi naiknya asam lambung. Sebab, jahe mengandung zat antiradang dan antiinflamasi yang berkhasiat bisa mengatasi masalah pencernaan.

Jahe bisa mengatasi penyakit asam lambung atau maag secara alami. Jahe Anda bersihkan, dipotong-potong atau diparut, dan dijadikan minuman hangat.

4. Daging Tanpa Lemak dan Ikan

Sebagai penderita penyakit asam lambung, Anda sebaiknya menghindari konsumsi makanan berlemak dan berminyak.

Tetapi jika penderita asam lambung sangat ingin mengonsumsi daging, ikan dan makanan laut lainnya, maka sebaiknya memilih yang tanpa lemak dan tanpa kulit tetapi kaya protein.

Lalu, diolah dengan cara dipanggang, direbus, dikukus atau dibakar. Jangan digoreng, apalagi pakai minyak yang sudah berulangkali digunakan.

5. Sayuran Hijau – Menyehatkan Pencernaan

Sayuran hijau juga merupakan makanan yang bagus untuk penderita asam lambung. Misalnya brokoli, kembang kol, kentang, selada, timun, buncis, dan asparagus.

Beberapa sayuran itu punya kandungan yang bisa menurunkan asam lambung. Selain itu, mengonsumsi sayuran juga bisa menyehatkan sistem pencernaan.

Brokoli bisa menjadi pilihan utama untuk mengonsumsi sayuran. Sebab, brokoli mengandung zat sulforphane yang bisa melancarkan pencernaan.

6. Pisang Mengandung pH 5,6

Penderita penyakit asam lambung juga bisa mengonsumsi pisang untuk mengatasi penyakitnya. Pisang mengandung pH sekitar 5,6 sehingga mampu mengatasi masalah asam lambung yang berlebihan.

Selain buah pisang, Anda juga bisa mengonsumsi buah pir, apel atau melon, untuk mengatasi sakit asam lambung.

7. Roti dari Bahan Gandum

Roti juga bisa menjadi pilihan makanan terbaik untuk penderita asam lambung. Roti yang terbuat dari gandum kaya serat.

Demikian pula beragam biji-bijian, kaya akan serat. Mengonsumsi oatmeal dan biji-bijan bisa melancarkan makanan yang telah dicerna di dalam lambung. Biji-bijian seperti beras merah, barley, quinoa dan oatmeal.

Roti dari bahan gandum juga mengandung banyak vitamin, serat, dan nutrisi yang baik untuk menyehatkan lambung.

8. Semangka Menetralkan Keasaman di Lambung

Semangka juga bagus untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Sebab, semangka bisa menetralkan keasaman di dalam lambung.

Selain itu, semangka terasa manis dan segar karena mengandung banyak air. Sehingga semangka sangat baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Anda juga bisa memilih buah melon dan blewah untuk mengatasi sakit asam lambung.

Obat Herbal untuk Mengatasi Asam Lambung

Selain mengonsumsi berbagai makanan yang bisa membantu mengatasi penyakit asam lambung, Anda juga bisa mengonsumsi obat herbal asam lambung. Obat herbal juga bagus untuk mengatasi berbagai penyakit.

Madu hitam pahit, misalnya, merupakan salah satu obat herbal yang sangat manjur untuk menyembuhkan sakit asam lambung atau maag. Ada beberapa merk madu hitam pahit yang bisa Anda pilih.

Harga tidak mahal tetapi khasiatnya tinggi untuk penderita asam lambung. Selain itu juga bebas dari efek samping. Obat herbal untuk mengatasi asam lambung bisa jadi pilihan terbaik. Bisa dibeli toko-toko online.

Demikian artikel mengenai Makanan yang Baik untuk Penderita Asam Lambung. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Recent Posts

Pengalaman Menghindarkan Diri dari Virus Corona di China

CERITA menarik dari wanita Malaysia yang pernah bertahan di China, ketika wabah virus corona (covid-19)…

6 hari ago

12 Deodorant yang Bagus untuk Keringat Berlebih pada Wanita

PUNYA ketiak berbau tidak sedap tentu tidak nyaman. Anda akan merasa risi jika berkumpul atau…

7 hari ago

5 Cara Praktis Bersih-bersih di Rumah untuk Menghalau Corona

DI tengah maraknya wabah corona yang telah memakan korban jiwa ribuan orang, Anda sebaiknya selalu…

1 minggu ago

Soyjoy, Cemilan Terbaik untuk Penderita Diabetes

SOYJOY untuk penderita diabetes. Soyjoy crispy adalah snack atau cemilan sehat untuk Anda yang punya …

1 minggu ago

12 Cemilan Sehat untuk Penderita Diabetes – Gula Darah Stabil

PENDERITA diabetes tidak boleh makan sembarangan, baik jenis maupun ukurannya. Demikian pula untuk mengonsumsi cemilan.…

1 minggu ago

4 Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi Pepsodent dan Garam

ANDA juga bisa menggunakan cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi Pepsodent dan garam. Tentu saja,…

1 minggu ago