Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Jantung, dll

Diposting pada

MANFAAT  brokoli untuk kesehatan sangat besar. Antara lain menjaga kesehatan jantung, kesehatan tulang, menurunkan berat badan, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, usahakan Anda mengonsumsi brokoli. Walau tidak sering, tetapi jika Anda mendapati kuah dan lauk brokoli, jangan dihindari. Konsumsilah brokoli karena itu akan membuat Anda sehat.

Ya, ini saya sampaikan karena banyak orang yang tidak menyukai rasa brokoli. Jika dalam masakan yang disajikan ada potongan brokoli, maka brokoli dihindari. Rasa brokoli memang tidak selezat sayuran lain.

Tetapi, khasiatnya untuk kesehatan cukup tinggi. Brokoli mengandung vitamin (A, B1, B2, B3, B5, B6, C, D, E, dan K). Juga mengandung mineral (kromium, fosfor, mangan, postassiun, tembaga, magnesium, zinc, zat besi, kalsium, dan selenium).

Selain itu, juga mengandung protein, serat, asam lemak omega-3, sulfur, betakaroten, antioksidan, dan berbagai fitonutrien.

manfaat brokoli untuk kesehatan

7 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan

Berikut ini manfaat mengonsumsi brokoli untuk kesehatan, yaitu:

1. Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sayur brokoli kaya vitamin C. Ini berarti dengan mengonsumsi brokoli, Anda dapat meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas).

Memiliki daya tahan tubuh yang tinggi sangat penting. Sebab dengan itu berarti Anda memiliki tubuh sehat. Bisa terhindar dari berbagai penyakit.

2. Bisa Menyehatkan Kulit

Manfaat brokoli lainnya adalah menyehatkan kulit. Baik brokoli dikonsumsi langsung atau dibuat jus. Brokoli bisa menyehatkan kulit karena mengandung banyak antioksidan, termasuk di dalamnya vitamin C.

Mengonsumsi brokoli bisa melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh polusi dan paparan sinar matahari. Anda yang punya wajah atau kulit di bagian tubuh lainnya juga sangat baik mengonsumsi brokoli. Tekstur kulit Anda akan diperbaiki sehingga hilanglah kulit keriput.

Kulit atau wajah Anda kembali tampak mulus dan Anda kelihatan lebih muda.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi brokoli juga sangat baik untuk menurunkan berat badan. Brokoli kaya serat. Ini artinya, dengan mengonsumsi brokoli, Anda akan merasa kenyang untuk waktu yang agak lama.

Anda tidak ingin makan lagi karena merasa masih kenyang. Orang gemuk biasanya selalu ingin makan. Tiap makan porsinya besar. Jadi mengonsumsi brokoli bisa menurunkan berat badan.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung sangat penting. Jantung termasuk organ vital dalam kehidupan. Maka, Anda harus selalu menjaga kesehatan jantung. Hal itu bisa Anda capai dengan mengonsumsi brokoli.

Ini tidak lain karena brokoli mengandung kalium, magnesium, serat, dan asam lemak omega-3. Berbagai kandungan brokoli itu dapat menjaga kadar kolesterol jahat agar tidak naik tinggi dan membuat Anda kena sakit jantung.

Dengan mengomsumsi brokoli, peredaran darah melalui pembuluh darah ke jantung bisa berjalan lancar. Kondisi ini akan menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Dampak lanjutannya, jantung Anda akan selalu sehat.

5. Menyehatkan Gigi dan Tulang

Sering mengonsumsi brokoli juga bisa menyehatkan gigi dan tulang Anda. Brokoli kaya kalsium, yakni mineral yang berperan besar untuk pertumbuhan dan pemeliharaan gigi dan tulang.

Mengonsumsi brokoli akan menjaga kepadatan tulang agar selalu sehat. Otomatis cara ini bisa mencegah terjadinya tulang keropos (osteoporosis).

Cara Mengolah Brokoli biar Menyehatkan

Anda bisa mengolah brokoli dalam berbagai sajian. Bisa pula dibuat jus. Ya, Anda bebas untuk mengolah brokoli sehingga rasa lebih lezat dan menyegarkan. Tetapi, yang lebih penting bisa menyehatkan tubuh.

Berikut ini cara mengolah brokoli yang bermanfaat untuk kesehatan:

  1. Sebelum diolah, brokoli sebaiknya Anda simpan di kulkas biar tetap segar (tidak layu).
  2. Brokoli harus dibersihkan biar bebas dari pestisida. Caranya, bagian atas brokoli Anda celupkan (rendam) dalam air garam selama 30 menit.  Setelah itu cuci dengan air dingin.
  3. Cara terbaik mengonsumsi brokoli ketika masih dalam keadaan mentah atau disajikan dalam bentuk hidangan salad.
  4. Jika Anda ingin brokoli dimasak, pastikan Anda memasak tidak terlalu lama. Batas waktunya adalah 20 menit untuk pengguna kompor, 3 menit menggunakan oven microwave, dan 5 menit dengan cara ditumis.

Penutup

Demikian artikel mengenai manfaat brokoli untuk kesehatan. Banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi brokoli. Baik dikonsumsi dalam keadaan mentah atau diolah.

Hanya saja, Anda perlu menjaga supaya khasiat brokoli untuk kesehatan bisa maksimal. Meskipun brokoli diolah dalam berbagai jenis masakan.

Semoga artikel mengenai manfaat brokoli ini bisa menambah wawasan kita tentang kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *