23 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

Manfaat buah naga – Anda suka buah naga? Buah naga sekarang mudah ditemukan di mana saja. Ditanam di mana pun, tanaman naga bisa tumbuh baik dan berbuah. Bahkan, hanya menanam satu tanaman pun Anda bisa menikmati hasilnya.

Cara menanam dan merawat tanaman naga juga tidak sulit. Menanam buah naga paling mudah melalui cara vegetatif. Cara ini lebih mudah dibandingkan dengan cara generatif melalui biji.

Cara vegetatif banyak dipilih selain mudah, kualitas tanaman yang dihasilkan tidak jauh beda dengan tanaman aslinya/induknya. Yang penting, Anda harus memilih induk yang berkualitas sehingga nantinya bisa didapatkan tanaman naga baru yang juga berkualitas.

Cara mendapatkan tanaman baru dengan cara stek pada tanaman naga yang sudah berbuah 2 – 3 kali. Dengan cara ini diharapkan tanaman baru juga tumbuh dengan baik dan cepat berbuah.

Ada dua jenis naga yang berkembang di Indonesia. Yakni, pertama buah naga dengan kulit warna merah tetapi dagingnya warna putih. Kedua, jenis naga dengan kulit merah dan dagingnya juga merah.

Baca Juga: 10 Cara Alami Menghilangkan Bau Badan dengan Cepat

Anda bisa mencoba menanam tanaman naga di sekitar rumah. Rasa buahnya sedikit asam tetapi segar. Tidak terlalu sulit untuk menanam dan merawatnya. Dengan sistem stek, tanaman buah naga cepat berbuah.

manfaat buah naga
(foto:youtube.com)

Manfaat Buah Naga untuk Menurunkan Berat Badan, Ibu Hamil, Mencegah Kanker dan Kecantikan

Buah naga memiliki banyak khasiat atau manfaat untuk kesehatan. Ada yang menyebutkan ada 50-an manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah naga.

Kandungan gizi dalam buah naga juga cukup tinggi, yaitu lebih dari 20 gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah naga mengandung banyak air, banyak serat, dan banyak kalsium.

Bahkan, kandungan kalsium ini 3 kali lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan kalsium pada wortel. Buah naga juga sumber antioksidan dan vitamin C yang sangat baik. Mengonsumsi vitamin C bisa membuat tubuh Anda memiliki ketahanan tinggi melawan agen infeksius dan radikal bebas yang berbahaya.

Baca Juga: Pemanis Buatan Gula Stevia Aman bagi Penderita Diabetes

Selain itu buah naga rendah kalori sehingga sehat untuk dikonsumsi. Buah naga mengandung 50 kalori per 100 gram. Dengan antioksidan yang tinggi, mengonsumsi buah naga sangat baik dan bermanfaat untuk kesehatan Anda.

Berikut rincian dari manfaat buah naga untuk kesehatan, yakni:

1. Menurunkan berat badan. Buah naga kaya serat dan rendah kalori sehingga membuat perut awet kenyang. Makan pun menjadi berkurang.

2. Mencegah dan mengatasi darah tinggi. Kandungan lycopene dalam buah naga bisa berfungsi menurunkan darah tinggi..

3. Mencegah serangan jantung. Buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 sehingga mencegah terjadinya sakit jantung.

4. Membantu proses detoksifikasi. Yaitu, mengurangi radikal bebas sehingga pengeluaran racun dari dalam tubuh (detoksifikasi) berjalan lancar.

5. Mampu mencegah kanker. Dengan kandungan lycopene, mengonsumsi buah naga bisa mencegah kanker prostat.

6. Mencegah diabetes. Kandungan antioksidan mampu mencegah diabetes melitus, termasuk mencegah diabetes pada ibu hamil.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh sehingga jika menderita luka, mudah disembuhkan.

8. Mencegah penuaan dini. Zat antoksidan dalam buah naga bisa membuat kulit tetap kencang dan beregenerasi sehingga tampak awet muda.

9. Meringankan batuk dan asma. Kandungan lemak omega 3 dan omega 6 bisa meringankan sakit batuk dan asma yang berat.

10. Membantu pertumbuhan kesehatan tulang dan gigi. Ini dimungkikan dengan kandungan kalsium dalam buah naga.

11. Dengan kandungan zat besi dan fosfor, buah naga bisa melancarkan peredaran darah dan memperjaiki jaringan yang rusak.

12.Mampu menurunkan kolesterol karena kandungan vitamin B3 dalam buah naga yang cukup tinggi.  Maka, sangat baik penderita kolesterol mengonsumsi buah naga.

13. Menambah nafu makan untuk anak-anak. Ya, ini penting bagi orang yang punya anak kecil yang sulit untuk disuruh makan.

Manfaat Buah Naga untuk Wanita Hamil

14. Membuat tensi darah wanita hamil stabil.

15. Membuat gula darah wanita hamil stabil.

16. Mencegah kurang darah (anemia) pada wanita hamil akibat kandungan zat besi yang tinggi.

17. Meningkatkan ketahanan tubuh wanita hamil. Ini berkat kandungan zat besi yang tinggi sebagai penyusun sel darah merah.

18. Mencegah bayi lahir prematur atau mengalami keguguran. Kandungan asam folat bisa memperkuat janin, mencegah keguguran dan lahie prematur.

18. Membuat wanita hamil dan bayinya punya tulang kuat. Kandungan mineral seperti kalsium, magnesium dan fosfor bisa memperluat tulang dan gigi si calon bayi.

19. Memperbaiki pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit (sulit buang air besar). Posisi janin sering membuat pencernaan Bunda terganggu.

20. Membantu pertumbuhan janin sehingga selalu sehat sampai lahir dengan normal dan lancar.

Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan Wajah, Kulit, dsb.

21. Buah naga juga bisa Anda gunakan untuk menjaga Anda tetap bisa tampil cantik dengan kulit yang mulus. Kandungan vitamin B3 bisa menjaga kulit Anda tetap halus dan lembab

Caranya, siapkan buah naga, lalu kupas dan cuci bersih. Setelah dipotong-potong, buah naga diblender. Hasilnya Anda saring dan buang ampasnya. Jus buah naga Anda gunakan untuk masker wajah dan kulit Anda. Lakukan tiap seminggu sekali hingga mendapatkan hasil seperti yang Anda inginkan.

Baca Juga: Kenali 7 Penyebab Penyakit Diabetes Melitus Tipe 2 

22. Manfaat lain untuk mencegah penuaan dini. Maksudnya, biar Anda tampak awet muda dan bisa tampil cantik untuk wanita dan handsome untuk pria. Caranya hampir sama dengan mengolah buah naga untuk kecantikan.

Buah naga yang kaya vitamin E dibuat jus dengan tambahan yoghurt. Hasilnya Anda buat masker untuk wajah dan leher. Setelah didiamkan selama 30 menit, masker di wajah dan leher bisa dibersihkan dengan dibilas air bersih.

23. Para remaja juga bisa menggunakan jus buah naga untuk masker pembersih jerawat. Caranya sama dengan masker untuk kecantikan dan masker pencegah penuaan dini. Sangat mudah. Ingin coba?

Demikian 101 manfaat buah naga yang berhasil tanpadiabetes.com sajikan. Siapa pun suka dengan buah yang rasanya agak asam tetapi segar. Yang lebih penting Anda bisa mengonsumsi buah naga sekaligus untuk menjaga kesehatan tubuh, membuat diri tetap cantik, dan awer muda.

Semoga artikel ini bermanfaat.

One thought on “23 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil

Comments are closed.