MANFAAT buncis untuk diabetes. Jika Anda penderita diabetes dan ingin bisa menurunkan gula darah dengan cepat, Anda dapat mengonsumsi buncis. Harga murah, tetapi manfaatnya untuk kesehatan cukup besar.

Saya yakin di rumah Anda pasti tersedia buncis. Pergi saja ke dapur. Di sana tersedia beberapa sayuran, diantaranya buncis. Ambil, cuci bersih, lalu masak sesuka Anda.

Setelah masak, hasilnya Anda konsumsi. Anda bisa mengolah menjadi menu apa saja yang Anda suka dan nyaman untuk dinikmati (dimakan).

Baca – Penyebab Sakit Diabetes Melitus dan Cara Mengatasi

Manfaat Buncis Bisa Meningkatkan Produksi Insulin

Sayur buncis termasuk kelompok polong-polongan. Kaya akan serat dan protein. Bisa pula Anda manfaatkan untuk menyetabilkan sakit diabetes melitus tipe2.

Manfaat Buncis untuk diabetes

(foto:alodokter.com)

Diabetes melitus tipe 2 adalah salah satu jenis penyakit diabetes. Satunya lagi adalah diabetes melitus tipe 1. Tetapi yang terbanyak adalah penderita diabetes tipe 2. Jumlahnya 95% lebih dari semua penderita diabetes.

Penyakit ini terjadi ketika tubuh tidak dapat membuat insulin yang cukup, sehingga kadar gula darah cenderung tinggi. Akibatnya, tak semua gula darah bisa diproses menjadi energi.

Oleh karena itu, penderita diabetes harus selalu menjaga kesehatan tubuhnya. Caranya dengan minum obat, mematuhi pola makan yang dianjurkan termasuk menghindari pantangan makanan, selalu berolahraga, tidak merokok dan tidak mengonsumsi alkohol, dsb.

Cara ini bisa menghindarkan Anda dari kemungkinan yang lebih buruk. Penyakit diabetes yang tidak ditangani dengan baik bisa menyebabkan komplikasi.

Misalnya bisa menyebabkan Anda sakit jantung, stroke, gangguan ginjal, kebutaan, kerusakan saraf, dan kematian.

Maka, penderita diabetes harus berusaha keras untuk menurunkan dan menyetabilkan gula darah. Salah satu caranya dengan sering mengonsumsi sayuran buncis.

Menurut Dr Yayuk Andayani yang telah meneliti khasiat buncis untuk kesehatan menyatakan bahwa mengonsumsi buncis bisa meningkatkan hormon insulin berkat kandungan b-sitosterol dan stigmasterol.

Dari 100 gram buncis terdapat komposisi karbohidrat 7,81 %, lemak 0,28 %, protein 1,77 %, serat kasar 2,07 %, dan kadar abu 0,32 %. Dengan demikian, mengonsumsi buncis bisa mengontrol kadar gula darah yang tinggi.

Manfaat Kacang Buncis – Pilihan Terbaik untuk Penderita Diabetes

Berikut ini manfaat sayur buncis untuk diabetes, yaitu:

1. Bisa mengontrol naik turunnya gula darah. Sebab, buncis kaya akan serat. Bisa membantu proses regulasi gula di dalam darah. Dengan cara ini, kadar gula darah tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.

2. Buncis mempunyai indeks glikemik (IG) rendah atau kurang dari 55. Anda bisa mengonsumsi makanan dengan IG rendah. Buncis merupakan pilihan terbaik untuk penderita diabetes.

3. Buncis bisa melawam bahaya radikal bebas pada tubuh. Ini semua berkat kandungan Vitamin C dan mangan. Antioksidan juga mencegah adanya plak aterosklerosis. Yakni, sumbatan pada pembuluh darah yang dapat mengakibatkan penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

4. Kacang buncis juga bisa menurunkan berat badan dan menjaganya agar gula darah tetap normal. Selain membuat kadar gula darah stabil dan tetap di rentang ideal, konsumsi buncis juga bisa memperbaiki kadar gula darah dan kolesterol di dalam tubuh.

Kandungan Buncis dan Manfaatnya untuk Pengobatan

Berikut rincian kandungan sayur buncis dan manfaatnya untuk pengobatan, yakni:

1. Kandungan gum dan pektin bisa menurunkan kadar gula darah.

2. Lignin berkhasiat mencegah kanker usus besar dan kanker payudara.

3. Serat kasar bisa melancarkan pencernaan dan mengeluarkan zat-zat racun dari tubuh.

4. Vitamin A dan vitamin C bisa meluruhkan air seni dan menurunkan gula darah. Bijinya bisa menurunkan hipertensi (darah tinggi), sedangkan daunnya meningkatkan zat besi.

Obat Herbal Diabetes

Cara lain menurunkan gula darah dan mengatasi penyakit diabetes adalah mengonsumsi obat herbal diabetes. Antara lain Jamsi Obat Herbal, Amaryl Obat Diabetes Mellitus, Obat Diabetes Kering, Diabetago, Wei Yi Wang, Obat Diabetes Basah Diabepil, dan masih banyak lagi.

Semoga artikel mengenai manfaat buncis untuk diabetes ini bermanfaat untuk kesehatan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website