Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan: Asam Lambung, Diabetes, Kolesterol

Diposting pada

MANFAAT kayu manis untuk kesehatan ternyata sangat besar. Beberapa penelitian membuktikan adanya manfaat kayu manis untuk mengatasi berbagai penyakit. Antara lain penyakit diabetes (gula darah tinggi), asam lambung (maag), dan kolesterol tinggi.

Anda yang punya berbagai penyakit itu bisa mencoba mengatasinya dengan memanfaatkan kayu manis. Kayu manis sebenarnya sudah akrab dengan keseharian kita. Ibu-ibu rumah tangga sering menggunakan kayu manis untuk bumbu dapur saat memasak.

Ternyata, kayu manis juga punya manfaat kesehatan. Bisa mengatasi banyak penyakit. Tiga manfaat kayu manis untuk kesehatan yang disebutkan di atas hanyalah sebagian kecil. Sesungguhnya masih banyak kesehatan lainnya dari penggunaan kayu manis.

1. Manfaat Kayu Manis untuk Mengatasi Asam Lambung

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kayu manis bisa menurunkan suhu badan 2 derajat celcius.

manfaat kayu manis untuk kesehatan

Dengan turunnya suhu badan, maka sistem pencernaan akan bekerja lebih baik. Dengan cara itu, pencernaan Anda tentu saja menjadi lebih sehat, khususnya untuk lambung dan usus.

Kayu manis juga diyakini bisa menurunkan kadar karbondioksida di dalam perut. Karbondioksida muncul saat Anda makan dalam porsi besar.

Nah, di sinilah kita perlu mengonsumsi makanan dalam porsi sedang atau kecil. Baik untuk makan pagi (sarapan), maka siang atau makan malam.

Dengan karbondioksida yang turun, suhu perut pun menurun. Efeknya, dinding lambung dan usus kecil lebih terlindungi. Maka, kemampuan proses pencernaan makanan pada usus juga jauh lebih baik.

Para peneliti meyakini kayu manis bisa berperan besar dalam menurunkan kadar asam lambung dan pepsi di dalam usus.

Dengan demikian, aliran darah pada dinding perut semakin lancar. Lambung dan usus juga kuga bertambah sehat.

Baca – Mengonsumsi Cemilan yang Sehat untuk Sakit Lambung

Peneliti bahkan menyebutkan apabila Anda mengonsumsi satu gram kayu manis saja dalam sehari, maka sistem pencernaan pada tubuh bisa menjadi lebih sehat.

Tetapi, konsumsi kayu manis sebaiknya dibatasi agar tidak berlebihan. Jika mengonsumsinya berlebihan, justru bisa berakibat buruk. Bisa memberikan efek racun.

Sebaiknya mengonsumsi kayu manis maksimal enam gram saja dalam sehari sehingga bisa mengatasi sakit asam lambung dan maag. Jika mengonsumsi kayu manis lebih dari 6 gram akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

2. Manfaat Kayu Manis untuk Diabetes Tipes 2

Dari beberapa penelitian diketahui bahwa mengonsumsi bubuk kayu manis setiap hari bisa membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan kadar gula darah.

Anda bisa mengonsumsi bubuk kayu manis setidaknya ½ sendok teh sehari. Efeknya bisa menurunkan glukosa serum, trigliserida, kolesterol LDL, dan kolesterol.

Dengan kandungan beberapa senyawa anti-diabetes, konsumsi kayu manis bisa menurunkan laju glukosa memasuki tubuh.

Baca – Empat Jenis Olahraga Cocok untuk Penderita Diabetes

Kayu manis juga bisa menjaga tingkat gula darah puasa pada penderita diabetes tipe-2. Kayu manis meningkatkan sistem pencernaan, yang secara langsung terkait dengan diabetes.

Mengonsumsi kayu manis juga bisa membantu mengontrol berat badan dan menurunkan risiko sakit jantung. Silakan Anda mencobanya jika mempunya problem kesehatan gula darah tinggi dan berat badan.

3. Kayu Manis Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Dari hasil penelitian diketahui bahwa mengonsumsi kayu manis dalam makanan sehari-hari bisa menurunkan kadar kolesterol. Bahkan, penurunan kolesterol bisa dalam jumlah yang luar biasa.

Selain itu juga bisa mengurangi trigliserida atau asam lemak dalam darah.

Ekstrak kayu manis mengandung fenol 62,25%, senyawa flavonoid, tanin, dan saponin. Bisa berpotensi sebagai anti-hiperkolesterolemia., karena mampu menurunkan kolesterol total serum dari 443,3 mg/dl menjadi 138 mg/dl.

Menurut herbalis di Bogor, Jawa Barat, Valentina Indrajati seperti dikuti oleh guesehat.com, penderita kolesterol bisa menambahkan madu agar khasiat kayu manis bisa lebih kuat / manjur.

Baca – Madu Zestmag yang Dibuat dari Kayu Manis – Atasi Maag

Kandungan dalam kayu manis adalah sinamaldehide 60–75%, eugenol 66–80%, minyak asiri 0,5–1%, tanin, kalsium oksalat, dan damar.

Untuk mendapatkan kayu manis, Anda bisa membeli bubuk kayu manis sehingga tidak usah repot melembutkan sendiri. Harganya juga murah. Tetapi, melembutkan sendiri juga bisa.

Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan Lainnya

Manfaat lain dari kayu manis selain di atas adalah antiinfeksi yang bisa mencegah sakit maag,

Selain bisa mengatasi asam lambung, diabetes, dan kolesterol, kayu manis juga bisa meningkatkan fungsi otak, mencegah pertumbuhan sel kanker, mencegah penggumpalan darah, menyembuhkan sakit rematik, antimikroba, menjaga kondisi sel saraf, melawan infeksi bakteri dan jamur, serta mengatasi alzheimer,  dsb.

Semga artikel tentang manfaat kayu manis untuk kesehatan bisa menambah wawasan kita tentang kesehatan fisik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *