9 Manfaat Lemon untuk Kesehatan Jantung, Stroke, Bau Ketiak, Batu Ginjal, dsb.

Diposting pada

BANYAK manfaat lemon untuk kesehatan. Rasanya asam, tetapi manfaatnya cukup besar. Anda terhindar dari stroke, sembelit, bau ketiak, sakit jantung, batu ginjal, dsb.

Maka, sayang jika Anda dan kita semua tidak memanfaatkan jeruk lemon untuk meningkatkan kualitas hidup kita. Khususnya untuk kesehatan.

Padahal, lemon murah harganya. Harga lemon lokal Rp 10.000 – Rp 30.000/kilogram. Harga lemon impor tentu lebih mahal.

Dari segi rasa memang agak asam. Namun kita jangan hanya melihat rasanya saja. Jika manfaatnya besar, ya kita perlu mengambil kemanfaatan itu. Rasa agak asam kita abaikan.

Kini, budidaya lemon berkembang pesat di Indonesia. Bahkan, ada beberapa petani sayur yang beralih menanam jeruk lemon karena lebih menguntungkan. Baik dari cara perawatan ataupun hasil penjualan.

Apa saja manfaat lemon untuk kesehatan? Penyakit apa saja yang bisa dicegah atau disembuhkan dengan memanfaatkan lemon? Bagaimana cara pemanfaatannya?

Berikut ini daftar 9 manfaat jeruk lemon untuk kesehatan.

manfaat lemon untuk kesehatan

jeruk lemon lokal (foto:tokopedia.com)

1. Memperlancar Buang Air Besar

Pernah mengalami kesulitan buang air besar atau sembelit? Saya pernah dua kali. Sangat repot. Maka, sebelum mengalami hal itu, kita perlu mengonsumsi jeruk lemon.

Caranya, perasan jeruk lemon dibuat minuman dengan air hangat. Sedikit rasa asam dan manis menjadi rasa segar, sekaligus mencegah terjadinya kesulitan ketika buang air besar.

Kandungan dalam lemon bisa meningkatkan gerakan peistaltik di perut sehingga buang air besar selalu lancar.

Lemon juga bermanfaat untuk membersihkan liver (hati). Silakan minum minuman jeruk lemon usai makan siang atau makan malam.

2. Menjaga Kesehatan Mulut

Kesehatan mulut perlu selalu dijaga, baik menyangkut kesehatan gigi, gusi, lidah, atau yang lain. Salah satu caranya dengan memanfatkan jeruk lemon.

Dengan memanfaat lemon, maka nafas dan bau mulut terasa segar. Anda nyaman dalam pergaulan. Yang lebih penting, tentu area mulut sehat.

Anda bisa mencampurkan antara jus lemon dan baking soda. Misalnya dibuat sebagai bahan pemutih gigi. Anda juga bisa berkumur menggunakan air perasan lemon.

Tetapi, jangan terlalu sering supaya email gigi Anda aman. Rasa asam lemon bisa merusak email gigi jika pemakaiannya terlalu sering.

3. Bisa Menghilangkan Bau Ketiak

Lemon juga bisa menghilangkan bau ketiak. Ada beberapa cara menggunakan jeruk lemon untuk mengatasi bau ketiak. Bisa dengan cara dioleskan langsung ke ketiak, dioleskan dalam bentuk jus, dalam bentuk lemon scrup, dsb.

Anda bisa baca artikel selengkapnya tentang 6 cara menghilangkan bau ketiak dengan lemon.

4. Kulit Selalu Terlihat Mulus dan Muda

Meskipun usia sudah lebih dari 50 tahun, Anda tetap bisa punya kulit tubuh selalu tampak muda dan mulus. Salah satu caranya adalah Anda perlu mengonsumsi lemon. Air jeruk lemon bisa berfungsi sebagai obat antiseptik alami.

Jika Anda rajin mengonsumsi air lemon secara teratur, Anda akan merasakan perubahan besar pada tampilan kulit Anda. Bisa dikatakan, lemon dapat menjadi obat anti-penuaan, menghilangkan kerutan dan komedo.

Bekas luka bakar juga bisa hilang dengan menempelkan jeruk lemon pada bekas luka.

5. Manfaa Lemon untuk Kesehatan Gigi

Jika Anda suatu saat menderita sakit gigi, coba gunakan jeruk lemon untuk mengatasinya. Caranya, buat jus lemon segar untuk berkumur.

Selain itu, jus lemon juga bisa menghentikan pendarahan pada gusi. Tidak hanya itu. Lemon juga bisa mencegah bau busuk (tidak sedap) dan masalah lain berkaitan dengan gusi.

5. Menyembuhkan Infeksi Tenggorokan

Infeksi tenggorokan juga bisa Anda atasi dengan memanfatkan lemon. Caranya, Anda gunakan jus lemon setengah gelas untuk berkumur. Lakukan beberapa kali kumur sampai infeksi atau radang tenggorokan sembuh.

5. Mengatasi Kegemukan

Jika Anda berbadan gemuk dan ingin menurunkan berat badan, Anda bisa memanfaatkan jus lemon. Ya, manfaat lemon untuk kesehatan di sini sama dengan manfaat jeruk nipis. Anda juga bisa menurunkan berat badan dengan minum jus jeruk nipis.

Anda bisa membuat jus lemon dicampur dengan air hangat dan madu. Lakukan rutin sampai berat badan Anda turun ke berat ideal.

6. Menyembuhkan Sakit Kolera dan Malaria

Manfaat lemon juga bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan sakit kolera dan malaria. Sebab, air jeruk lemon bisa membersihkan darah.

Selain itu air lemon juga bisa menghambat perkembangan bakteri penyebab kolera dalam akibat tingginya keasaman. Menambahkan air lemon ke air juga bisa menghambat penyakit kolera dan malaria.

7. Membantu Mencegah Batu Ginjal

Dengan kandungan asam sitrat yang tinggi, lemon bisa mencegah terjadinya sakit batu ginjal. Minum air lemon tidak hanya membantu mendapatkan lebih banyak asam sitrat, tetapi juga bisa mencegah terjadinya sakit batu ginjal.

Minum 2-4 ons air lemon bisa memenuhi asupan nutrisi untuk membuat ginjal Anda selalu sehat. Anda bisa minum air lemon langsung atau air lemon dicampurkan dengan air hangat dan madu.

8. Membuat Tubuh Selalu Sehat

Kandungan vitamin C pada buah lemon bisa menjaga kekebalan tubuh. Dengan sistem kekebalan yang baik, Anda akan selalu sehat. Maka, minum air jeruk lemon bisa membuat tubuh Anda selalu sehat.

  • Baca Juga:¬† 31 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami

Selain itu, vitamin C bisa mencegah terjadinya infeksi penyakit. Yang penting cara mengonsumsinya tidak berlebihan. Atau sesuai dengan ketentuan kesehatan.

9. Mencegah Stroke dan Menyehatkan Jantung

Manfaat lemon utk kesehatan lainnya adalah menghindarkan Anda dari stroke dan penyakit jantung.

Stroke iskemik bisa terjadi akibat pembuluh darah yang menyuplai darah ke area otak terhambat oleh darah kental (beku). Stroke yang terjadi dalam masyarakat, 90% adalah stroke iskemik.

Mengonsumsi lemon juga bisa mencegah Anda dari sakit jantung. Vitamin C dalam jeruk lemon sangat besar perannya untuk menghindarkan Anda dari sakit jantung.

Selain itu, lemon yang tinggi serat bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Singkat kata, manfaat lemon untuk kesehatan benar-benar besar.

Oleh karena itu, usahakan sekali-kali mengonsumsi lemon biar Anda selalu sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *