MANFAAT minyak zaitun untuk kesehatan sangat besar. Jika Anda belum pernah mengonsumsi minyak zaitun, cobalah untuk mengonsumsinya. Anda bisa merasakan bagaimana pengaruhnya terhadap kesehatan Anda.

Tidak hanya Anda yang punya penyakit tertentu. Bagi Anda yang sehat, minum minyak zaitun bisa membuat tubuh Anda tetap sehat. Anda akan terhindar dari berbagai penyakit yang mungkin akan menyerang tubuh Anda.

Meski harga minyak zaitun lebih mahal daripada minyak lainnya, tetapi Anda bisa memilih minyak zaitun berukuran kecil yang tidak mahal.

Misalnya, minyak zaitun ukuran 1 liter harga Rp 100.000-an. Minyak zaitun ukuran lebih kecil tentu harganya lebih murah. Bisa sekitar Rp 20 ribu, Rp 25 ribu, Rp 30 ribu, dan seterusnya.

Anda bisa mendapatkan minyak zaitun di toko online. Anda pun bebas memilih minyak zaitun ukuran berapa atau harga berapa. Yang penting, Anda harus mencoba minum sehingga tubuh akan lebih sehat.

Baca – 9 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Kecuali Anda sudah punya penyakit, Anda harus mengonsumsi rutin tiap hari sesuai dengan aturan pakai biar penyakit Anda bisa diatasi.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan: Mengatasi Diabetes, Sakit Jantung, Stroke, dsb.

manfaat minyak zaitun untuk kesehatan

manfaat minyak zaitun (foto:grid.id)

Minyak zaitun (olive oil) merupakan minyak alami yang diekstraksi dari buah zaitun. Penghasil buah zaitun terbesar di dunia adalah Spanyol, Yunani, Italia, Turki, Maroko, Suriah, Tunisia, Aljazair, Mesir, Portugal, Libia, dsb.

Sekitar 24 % minyak zaitun terdiri dari lemak jenuh, omega 6, dan asam lemak omega 3. Tetapi, asam lemak terbanyak di dalam minyak zaitun adalah asam oleat.

Asam ini bisa membantu mengurangi peradangan dan paling berperan dalam kesehatan Anda.

Dalam 1 sdm (sendok makan) minyak zaitun terdapat 120 kalori, 14 gr lemak (9,8 gr lemak tak jenuh), 1 mg vitamin K, dan 9 mg vitamin E. Bebas dari kandungan gula, karbohidrat, dan mengandung vitamin A cukup tinggi.

Baca – Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Jantung, dll

Berikut 1001 manfaat minyak zaitun untuk kesehatan. Antara lain bisa mengatasi diabetes, kolesterol tinggi, penyakit jantung, tekanan darah tinggi (hipertensi), kanker, stroke, obesitas (kegemukan), dsb.

1. Manfaat Minyak Zaitun Bisa Mencegah Penyakit Diabetes

Minyak zaitun, seperti diungkap oleh doktersehat.com, kaya akan MUFA (Mono Unsaturated Fatty Acid) atau asam lemak tak jenuh tunggal, terutama asam oleat yang bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Minyak zaitun juga bisa Anda manfaatkan untuk menormalkan kadar gula darah. Berbagai bukti ilmiah menyatakan bahwa mengonsumsi minyak zaitun bisa mencegah resiko terkena diabetes tipe 2.

Mengonsumsi minyak zaitun secara teratur bisa membuat produksi insulin berjalan lancar sesuai dengan kebutuhan. Dengan cara itu, maka Anda membuat gula darah berjalan normal.

Dengan manfaat minyak zaitun untuk diabetes yang begitu besar, selayaknya Anda mencoba meminumnya.

2. Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan: Mencegah Sakit Jantung

Anda bisa menghindari sakit jantung sejak sekarang dengan mengonsumsi minyak yang diekstrak dari buah zaitun. Dengan sering mengonsumsi minyak zaitun, Anda akan terhindar dari sakit jantung mendadak.

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan memang besar. Mengonsumsi minyak zaitun bisa membuat Anda terhindar dari sakit jantung karena minyak ini mengandung lemak baik yang mampu memperlancar aliran darah ke arteri.

3. Khasiat Minyak Zaitun untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi

Minyak zaitun juga bisa Anda manfaatkan untuk menurunkan kolesterol tinggi. Dengan kandungan campuran antioksidan, minyak zaitun bisa menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL), namun di sisi lain tetap mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL).

Cara menggunakannya adalah Anda dapat minum minyak zaitun dua sendok makan sehari. Tetapi, Anda dapat mencampur minyak zaitun dengan salad. Atau ditumis dengan sayuran.

4. Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan: Mencegah Kanker

Anda juga bisa mencegah penyakit kanker berkat manfaat minyak zaitun untuk kesehatan. Pasalnya, minyak zaitun mengandung antioksidan tinggi. Misalnya acteoside, hydroxytyrosol, tyrosol, dan asam fenil propionat.

Kandungan lain yang bisa mengatasi kanker adalah substansi anti-kanker seperti squalene, lignan, terpenoid, dan asam oleat.

Baca – Cara Mencegah Leukimia atau Kanker Darah

Kandungan-kandungan itulah yang membuat minyak zaitun bisa membunuh sel kanker.

5. Minyak dari Buah Zaitun Mencegah Obesitas (Kegemukan)

Mengonsumsi minyak zaitun juga bisa mempercepat penurunan berat badan (obesitas). Bahkan, hasil penelitian menyebutkan bahwa dibandingkan dengan mengonsumsi banyak lemak sehat, hasilnya lebih cepat menurunkan berat badan dengan mengonsumsi minyak zaitun.

Meskipun diet tinggi lemak sehat juga sukses bisa menurunkan berat badan. Diet tinggi lemak maksudnya mengonsumsi banyak lemak sehat. Misalnya mengonsumsi ikan, niaj alpukat, biji-bijian, lacang-kacangan, bayam, kubis, dsb.

Diet tinggi lemak sehat membuat seseorang lebih lama kenyang. Diet banyak lemak sehat justru menjadi salah satu kunci dalam mengontrol insulin berlebih.

6. Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

Mengonsumsi minyak zaitun juga bisa meningkatkan konsentrasi dan daya ingat otak. Sebagian besar otak tersusun dari asam lemak. Minyak zaitun merupakan makanan otak yang sangat bagus dan sehat.

Selain itu, manfaat minyak zaitun untuk kesehatan juga bisa mencegah kemampuan kognitif melemah. Stres oksidasi dan ADDL (jenis protein beracun yang menjadi penyebab demensia atau Alzheimer) bisa menyebabkan kemampuan kognitif otak melemah.

7. Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan: Mencegah Stroke

Stroke merupakan penyakit sepanjang hidup. Apalagi stroke berat. Selain ada bagian tubuh yang lumpuh, penderita sakit stroke juga tidak bisa bicara. Atau bisa bicara tetapi bicaranya tidak bisa dipahami oleh orang lain yang mendengarnya.

Untuk menghindari penyakit stroke, Anda sebaiknya mengonsumsi minyak zaitun. Meskipun tidak mengosumsi tiap hari, tetapi itu bisa membantu mencegah risiko kena stroke.

Setiap orang pasti ingin bebas dari ancaman stroke. Tetapi, kebanyakan orang tidak berusaha mencegah terkena stroke.

Beberapa Jenis Minyak Zaitun dan Cara Memilih yang Terbaik

Minyak zaitun terdiri dari beberapa jenis. Anda perlu memilih mana yang terbaik untuk Anda sesuai dengan kebutuhan. Maksudnya, sesuai dengan kondisi sakit Anda.

Pengelompokan (penjenisan) ini didasarkan pada proses ekstraksi dan kadar keasamannya seperti disampaikan oleh dr. Kevin Adrian dari alodokter.com.

1. Minyak zaitun extra virgin olive oil.

Ini merupakan minyak zaitun terbaik. Minyak zaitun diekstrak langsung dari buah zaitun dengan cara diperas. Kadar keasaman extra virgin ini hanya 1%.

2. Minyak zaitun virgin.

Jenis minyak zaitun ini juga diperoleh dari perasan pertama buah zaitun. Kadar asamnya 3 %.

3. Minyak zaitun fino.

Jenis ini didapat dari campuran extra virgin dan virgin.

4. Minyak zaitun pure.

Mak zaitun pure. Minyak zaitun ini didapatkan dari kombinasi minyak zaitun jenis virgin yang telah diolah dan extra virgin.

5. Minyak zaitun light.

Jenis minyak zaitun terakhir ini didapatkan melalui proses saring. Hasilnya memengaruhi warna minyak zaitun.

Anda ingin memilih yang mana? Ya, terserah Anda. Tentu saja, harga minyak zaitun terbaik lebih mahal daripada kualitas yang lebih rendah.

Semoga artikel mengenai manfaat minyak zaitun untuk kesehatan ini bermanfaat untuk Anda semua. Anda selalu sehat dengan minyak zaitun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website