9 Manfaat Pepaya untuk Kesehatan – Mampu Mengatasi Banyak Penyakit

Diposting pada

BUAH ini tampil tidak begitu menarik. Harganya pun sangat murah. Bisa ditemukan di mana saja. Di desa, di kota. Itulah buah pepaya. Tetapi manfaat pepaya untuk kesehatan sangat besar.

Selain buah pepaya, Anda juga bisa memananfatkan daunnya untuk mengatasi banyak penyakit. Manfaat daun pepaya untuk kesehatan juga besar.

Budidaya tanaman pepaya sangat mudah. Tanpa pemeliharaan khusus, pepaya tetap bisa tumbuh dengan baik. Tentang buahnya tergantung jenis pepaya yang ditanam. Ada pepaya yang buah besar, dagingnya tebal dan rasanya sangat manis.

Ini yang disukai banyak orang. Misalnya pepaya bangkok. Buahnya berukuran besar dan rasanya sangat manis. Ada pepaya callina, pepaya cibinong, pepaya hawai, dsb.

Anda bisa memilih jenis pepaya mana yang Anda suka. Pepaya lokal lebih banyak lagi jenisnya. Tetapi tak semuanya berasa manis.

Baca – Menghilangkan Bau Ketiak dengan Timun

Manfaat Pepaya untuk Kesehatan – Paling Populer untuk Melancarkan BAB

 

manfaat pepaya untuk kesehatan

Selain buahnya, daun pepaya juga memiliki banyak manfaat. Baik untuk dikonsumsi atau dimanfaatkan untuk kesehatan. Bahkan, juga untuk kecantikan.

Misalnya daun pepaya bisa menambah nafsu makan, memperlancar ASI, memperkuat tulang dan gigi, mengatasi nyeri haid (menstruasi), menghilangkan jerawat, mencegah kanker, dsb.  

Pepaya memang menjadi salah satu buah yang kaya akan vitamin dan mineral. Misalnya fosfor, kalium, zat besi, magnesium, kalsium dan lainnya.

Manfaat buah pepaya yang paling populer adalah untuk melancarkan pencernaan dan BAB (buang air besar). Ini tidak lain karena kandungan serat dalam pepaya cukup tinggi.

Serat bisa memperlancar BAB dan mencegah sembelit. Tetapi, manfaat lain untuk kesehatan sangat banyak. Kandungan vitamin C-nya juga besar.

Kandungan betacryptoxanthin, lutein, dan zeaxanthin dalam pepaya bisa mencegah kanker dan penyakit degeneratif. Betakaroten merupakan provitamin A sekaligus antioksidan. Sangat ampuh untuk menangkal serangan radikal bebas.

Kandungan vitamin C-nya juga besar. Satu potong pepaya ukuran 140 gram mengandung vitamin C sampai 150% dari angka kecukupan gizi yang dianjurkan per hari.

Komposisi mineralnya juga sangat bagus. Yang dominan adalah potasium (257 mg/100 g). Yang paling sedikit sodium (3 mg/100 g). Ini membuat pepaya bisa membantu mengatasi darah tinggi (hipertensi).

Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Ada 8 manfaat penting dari buah pepaya untuk kesehatan tubuh Anda, yaitu:

1.Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat pepaya untuk kesehatan adalah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ini berkat adanya kandungan vitamin A dan vitamin C. Selain itu, mengonsumsi pepaya bisa mencegah perkembangan infeksi.

Mengonsumsi pepaya secara rutin akan membuat tubuh Anda mampu melawan bakteri dan virus penyebab flu, batuk dan pilek.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat lain dari konsumsi buah pepaya adalah bisa mencegah terjadinya penyakit jantung. Ini dikarenakan adanya kandungan serat, kalium dan vitamin yang dapat mencegah penyakit jantung.

Maka, sering mengonsumsi buah pepaya akan mencegah efek buruk dari penyakit jantung. Syukur kamu bisa mengonsumsi buah pepaya tiap hari, meski hanya sepotong.

Baca – Manfaat Daun Sirih untuk Perawatan Wajah

3. Mencegah Pembekuan Darah

Pembekuan darah di dalam tubuh dapat memperlambat sirkulasi darah dan menyumbat arteri. Dalam kasus yang parah, itu bahkan dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Nah, manfaat buah pepaya untuk kesehatan bisa mencegah pembekuan darah. Hal ini karena pepaya mengandung zat yang dikenal sebagai fibrin yang bisa meningkatkan aliran darah.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam pepaya mampu memperlancar sistem pencernaan. Selain itu, mengonsumsi buah pepaya setiap hari mampu memenuhi kebutuhan serat tiap harinya.

Potong pepaya menjadi beberapa bagian, tambahkan air perasan jeruk nipis, dan taburkan sedikit gula di atasnya. Masukkan ke dalam kulkas, santap ketika buah pepaya sudah dingin. Tentu sangat segarrr. Pencernaan lancar.

5. Mengatasi Peradangan

Manfaat buah pepaya yang lain adalah mampu mengurangi peradangan. Sebab, buah pepaya mengandung enzim yang dinamakan papain dan chymopapain.

Enzim ini mempuanyai efek antiinflamasi dan mengurangi risiko menderita penyakit kronis. Enzim ini juga bisa mengobati penyakit lain yang berkaitan dengan peradangan. Misalnya edema.

Baca – Banyak Anak Menderita Tulang Belakang Bengkok

6. Memasok Nutrisi Penting untuk Tubuh

Pepaya mampu memasok nutrisi penting untuk tubuh. Tidak lain karena pepaya mengandung vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Selain itu, buah warna oranye ini juga mengandung vitamin B kompleks dan mineral.

Vitamin dan mineral mendukung regenerasi sel dan ikut mencegah penyakit yang diakibatkan oleh radikal bebas.

7. Manfaat Buah Pepaya Menyehatkan Tulang

Mengonsumsi buah pepaya juga bisa mencukupi kebutuhan vitamin K yang berfungsi menyehatkan tulang. Oleh karena itu, mengonsumsi pepaya bisa mengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium.

8. Menurunkan Berat Badan

Pepaya berukuran sedang mengandung 120 kalori. Maka, siapa yang berencana menurunkan berat badan, buah pepaya bisa dijadikan salah satu menu makan.

Mengonsumsi pepaya juga membuat Anda tetap kenyang untuk waktu yang agak lama. Dengan kondisi seperti itu, tentu Anda tidak ingin sering makan. Atau sebentar-sebentar makan. Makan pepaya bisa jadi solusinya.

9. Sangat Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Meskipun rasa buah pepaya sangat manis, tetapi kandungan gulanya rendah. Begitu pula dengan indeks glikemiknya, juga rendah.

Maka, pepaya bisa dijadikan makanan ringan yang ingin Anda konsumsi. Beragam vitamin pada pepaya bisa mencegah risiko sakit jantung pada penderita diabetes.

Baca – Cara Mengobati Sakit Diabetes dengan Minyak Zaitun

Demikian manfaat pepaya untuk kesehatan. Maka, konsumsilah buah pepaya, meskipun tidak tiap hari. Selain bisa menikmati rasa buah yang segar dan manis, Anda juga bisa menjaga kesehatan. Ya, biar selalu sehat.  

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *