12 Manfaat Senam Zumba: Bisa Membakar 400 – 1000 Kalori

Diposting pada

ANDA suka senam zumba? Jika ya, lakukan terus karena manfaat senam zumba untuk kesehatan sangat banyak. Kesehatan fisik ataupun kesehatan psikis. Dengan rutin melakukan senam zumba, tubuh atau badan akan selalu sehat.

Demikian juga dengan psikis. Anda akan selalu merasa tenang, tenteram, nyaman, dan bahagia. Segala macam masalah bisa Anda hadapi dengan tenang sehingga Anda terhindar dari stres.

Senam zumba membuat Anda energik. Sebab, gerakan-gerakan cepat dalam senam atau olahraga zumba membuat Anda selalu penuh semangat hidup.

Selain itu, dengan gerakan yang energik selama melakukan senam, Anda bisa membakar banyak kalori dalam tubuh. Bisa sampai ratusan kalori yang terbakar dengan melakukan senam zumba.

Apalagi saat senam juga diputarkan musik yang mengentak-entak. Anda bisa mengeluarkan hormon yang membuat Anda tidak punya beban kehidupan dan bebas dari stres.

Di Jakarta, paling tidak ada 10 sanggar senam zumba yang bisa Anda kunjungi. Ada beberapa kelas yang bisa Anda pilih dengan biaya terjangkau. Di kota-kota lain juga berkembang senam zumba ini. Anda bisa cek di mana studionya.

manfaat senam zumba

Beberapa Manfaat Senam Zumba Untuk Kesehatan

Apa saja manfaat senam zumba untuk kesehatan?

Dengan gerakan yang cepat dan dinamis, menurut dokter olahraga dr Faidon, senam zumba sangat baik untuk pembentukan postur dan lekukan tubuh.

“Satu jam melakukan senam zumba, Anda bisa membakar 400 hingga 1.000 kalori. Sebab, gerakan dalam senam zumba cepat dan memerlukan banyak energi. Seluruh tubuh bergoyang dan terjadi pembakaran kalori,” kata dr Faidon.

Saat melakukan senam zumba, seluruh bagian tubuh bergerak. Jantung juga terpacu lebih cepat dan membuat peredaran darah semakin lancar.

Dengan senam zumba, semua kebutuhan tubuh peserta terpenuhi dengan baik dan imunitas (kekebalan tubuh) pun meningkat.

Baca – 7 Alat Fitness Rumahan -Harga Murah 

Secara rinci, berikut ini daftar manfaat senam zumba untuk kesehatan Anda:

1.Bisa membakar banyak kalori.

Melakukan olahraga zumba 60 menit bisa membakar 450 kalori. Bahkan ada yang menyebutkan bisa membakar sampai 800 kalori.

2. Bisa membuat berat badan menjadi ideal.

Ini tercapai dengan berbagai gerakan yang Anda lakukan saat melaksanakan senam zumba.

3. Pikiran menjadi lebih cerdas dan tajam.

Banyaknya gerakan dinamis dalam menjalankan senam zumba, maka otak jadi berpikir keras untuk mengingatnya.

4. Kordinasi antar-anggota tubuh makin baik.

5. Stamina tubuh terus meningkat.

6. Massa otot dan kepadatan tulang juga meningkat dengan senam zumba.

Gerakan senam zumba banyak terjadi pada bagian-bagian tubuh yang penting. Antara lain berkait dengan ketahanan tulang belakang. Misalnya otot punggung, bokong, perut, dan paha.

7. Bisa menurunkan tekanan dan lemak tubuh

8. Memotivasi Anda agar selalu melakukan olahraga secara teratur.

9. Rasa percaya tumbuh makin baik. Dengan perasaan senang dan punya energi.

10. Senam atau olahraga sebaiknya dilakukan bersama sehingga bisa bersosialisasi dan bertemu teman baru.

11. Meningkatkan detak jantung sehingga bisa merasa lebih sehat dan bugar.

12. Meningkatkan payudara sehingga tidak kendor.

Ini bisa dicapai setelah tubuh lah menjadi tegak akibat rajin melakukan senam zumba.

Ya, tentu masih banyak lagi peningkatan kesehatan tubuh bisa Anda nikmati dengan melakukan senam zumba dari Kolombia ini. Yang penting lakukan secukupnya dan rutin tiap hari. Atau setidaknya empat hari dalam satu minggu.

Atau minimal 150 menit per minggu dengan intensitas latihan sedang biar tidak terasa berat, Atau  minimal selama 75 menit per minggu dengan intensitas yang lebih berat.

Baca – Sepeda Statis Mengecilkan Perut Buncit

Bisa juga latihan minimal 40 menit per latihan / hari. Atau 160 menit perminggu. Jika sudah lelah, ya sebaiknya istirahat. Jangan melakukan senam zumba secara berlebih. Ini justru kontra produktif.

Senam Zumba Sangat Baik Untuk Anda Yang Bertubuh Kurus

Senam zumba tidak hanya membuat badan gemuk bisa ramping. Berat badan berlebih menjadi sedang atau berat badan ideal. Tetapi juga membuat Anda yang berbadan kurus menjadi badan berisi.

Gerakan senam zumba yang menuntut banyak energi bisa membuat tubuh Anda kur menjadi tubuh berisi atau ideal.

Oleh sebab itu, rajin melakukan senam zumba sangat dianjurkan untuk meningkatkan berat badan dan tubuh menjadi lebih berisi.

Kamu bisa mengunjungi tempat zumba terdekat dengan rumah Anda atau dekat tempat kerja Anda.

4 Tips Melakukan Senam Zumba bagi Pemula

Bagi Anda yang baru mulai melakukan senam zumba, berikut beberapa tips supaya senam yang Anda lakukan bisa membuahkan hasil seperti yang Anda inginkan.

1. Kenakan Pakaian yang Lentur dan Nyaman.

Yakni pakaian yang bisa menyerap keringat. Bawa handuk dan botol air. Bagi Anda yang mengenakan hijab, pakailah baju dan kerudung yang nyaman dan simpel. Biar Anda bisa bergerak lebih leluasa.

2. Kenakan Sepatu Yang Nyaman

Mengenakan sepatu akan membantu Anda bisa bergerak dengan mudah dan tidak cedera. Sebaiknya pakai sepatu kets yang biasa untuk berolahraga. Jangan pakai sepatu yang alasnya licin dan keras.

3. Jangan Mengonsumsi Makanan Berat

Jika Anda mengonsumsi makanan berat (makan nasi) sebelum latihan dikhawatirkan perut akan sakit. Konsumsi makanan ringan seperti kacang-kacangan atau buah. Jika ingin makan, ya makanlah 2 jam sebelum latihan.

4. Minum Air Putih Sebelum Senam

Sebaiknya Anda minum air putih sebelum latihan senam. Biar Anda tidak kekurangan air minum (dehidrasi).

Penutup

Lakukan senam zumba tiap hari. Atau setidaknya 4 hari dalam seminggu sehingga bisa membuat Anda selalu sehat. Atau memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya dari senam zumba.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *