7 Manfaat Vitamin E untuk Kekebalan Tubuh – Tak Mudah Sakit

Diposting pada

MANFAAT vitamin E sangat besar untuk kesehatan. Dengan mengonsumsi vitamin E yang cukup, ketahanan tubuh Anda makin kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Bahkan, ada yang menyatakan bahwa mengonsumsi vitamin E merupakan kunci utama dari terjadinya kekebalan tubuh, kesehatan kulit dan mata.

Vitamin E bersifat antioksidan. Oleh karena itu, vitamin E mampu menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel-sel dalam tubuh.

Bahkan, radikal bebas juga menyebabkan timbulnya penyakit kronis seperti sakit stroke, kanker paru-paru, dan serangan jantung.

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E, ketahanan tubuh Anda meningkat. Tubuh akan mampu menangkal berbagai penyakit sehingga Anda akan selalu sehat.

Baca Juga:  6 Cara Membuat Jus Buah Naga dan Khasiatnya untuk Kesehatan

7 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan Tubuh Anda

manfaat vitamin e

Pertanyaannya, makanan apa saja yang kandungan vitamin E-nya tinggi dan perlu kita konsumsi? Ya, pilih saja makanan yang Anda sukai berikut ini.

1. Tomat Menyehatkan Kulit

Anda sebaiknya sering mengonsumsi tomat. Kandungan vitamin E-nya cukup tinggi. Bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

Tomat juga efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mencegah adanya penggumpalan darah. Tomat juga berperan sebagai fitonutrisi dan antioksidan yang mampu menangkal serangan radikal bebas.

2. Bayam Bisa Menangkal Radikal Bebas

Bayam juga mengandung vitamin E yang cukup tinggi. Yakni sekitar 41,4 mg vitamin E. Oleh karena itu, pengaruhnya dalam mencukupi kebutuhan vitamin E harian cukup besar.

Bayam juga mengandung zat antioksidan berupa flavonoid dan karotenoid. Manfaat vitamin E dari bayam lainnya menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

3. Paprika, Bebas dari Sakit Jantung

Anda suka paprika? Buah paprika juga mengandung vitamin E lumayan tinggi. Mengonsumsi buah paprika berarti Anda telah memasok 10% kebutuhan vitamin E tiap harinya.

Oleh karena itu, paprika cukup efektif untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, mengonsumsi paprika juga bisa membuat jantung Anda selalu sehat. Tidak lain berkat kandungan beta karoten dan zeaxantin.

Anda juga bisa terhindar dari penyakit diabetes melitus, penyakit katarak dan kerusakan retina pada mata Anda.

4. Alpukat Menjaga Kesehatan Tulang dan Kulit

Buah alpukat juga layak untuk Anda konsumsi. Manfaatnya untuk kesehatan cukup banyak. Kandungan vitamin E-nya juga tinggi. Bagus untuk menjaga kesehatan tulang dan kulit.

Manfaat buah alpukat juga diperkaya oleh zat antiinflamasi pitosterol (beta sitosterol, stigmasterol), dan zat antioksidan karotenoid.

Alpukat juga bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab, alpukat juga mengandung asam lemak omega-3 pada alpukat juga menjadikan buah ini baik untuk jantung.

5. Telur Ayam, Bebas dari Penyakit Kronik

Anda suka telur ayam? Kandungan vitamin E pada telur ayam juga tinggi. Maka, sangat baik jika Anda sering mengonsumsi telur ayam. Harganya juga tidak terlalu mahal. Sering mengonsumsi telur ayam akan membuat Anda selalu sehat.

6. Biji Bunga Matahari Mencegah Radang Sendi

Biji bunga matahari juga bagus Anda konsumsi untuk membuat tubuh Anda selalu sehat. Mengonsumsi biji bunga matahari berarti Anda telah menyumbang 82% dari kebutuhan vitamin E harian.

Manfaat lain dari mengonsumsi biji bunga matahari adalah bisa menangkal radikal bebas, menjaga kesehatan jantung, dan mencegah penyakit radang sendi (arthritis).

Baca Juga: Cara Mengobati Luka Diabetes Menggunakan Daun Kersen

Walaupun mengonsumsi biji bunga matahari dalam bentuk cemilan, manfaatnya untuk kesehatan sangat besar.

7. Kacang Almond Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin E pada kacang almond juga sangat tinggi. Satu gelas kacang almond mengandung sekitar 26,2 mg vitamin E.

Sering mengonsumsi kacang almond bisa mencegah terjadinya penuaan (cepat tampak tua), mencegah kadar kolesterol naik tinggi, hingga melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Ya, sangat baik sering mengonsumsi kacang almond karena banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *