10 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Mengonsumsi Buah

BANYAK cara bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh biar tidak mudah kena penyakit, termasuk kena virus corona (covid-19). Diantaranya meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi buah.

Anda bisa memilih buah yang Anda suka dari sederatan buah yang mampu memperkuat daya tahan tubuh Anda sehingga tetap sehat.

Mengonsumsi buah memang merupakan salah satu cara mempertahankan tubuh tetap sehat. Dengan tubuh yang sehat, Anda tidak akan mudah kena penyakit apa pun, termasuk tidak mudah kena virus corona (covid-19).

Pertanyaannya, buah apa saja yang perlu Anda konsumsi untuk memperkuat daya tahan tubuh?

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

meningkatkan daya tahan tubuhmeningkatkan daya tahan tubuh

meningkatkan daya tahan tubuh dengan buah (foto:tempo.com)

Nah, berikut ini daftar cara meningkatkan daya tahan tubuh dengan buah. Silakan memilih buah yang Anda suka. Harga tidak akan memberatkan isi kantung Anda.

1. Buah Pepaya – Makanan Rakyat Kaya Vitamin C

Buah pepaya sangat saya suka. Manis rasanya, murah harganya. Ya, pepaya adalah makanan rakyat. Banyak dijual di toko buah pinggir jalan.

Baca – 10 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Biar Tidak Kena Virus

Pepaya juga kaya vitamin C. Dengan mengonsumsi satu buah pepaya sedang, Anda bisa memperoleh 224 % dari jumlah vitamin C harian yang Anda butuhkan.

Pepaya juga mengandung enzim pencernaan atau papain yang mampu melawan peradangan.

2. Buah Jeruk – Produksi Banyak Sel Darah Putih

Mengonsumsi buah jeruk juga bagus untuk membuat daya tahan tubuh selalu tinggi. Sama dengan pepaya, jeruk juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi.Vitamin C diklaim mampu meningkatkan produksi sel darah putih yang tugasnya memerangi infeksi.

Anda bisa memilih jenis jeruk apa saja. Jeruk bali, jeruk lemon, jeruk nis, clementine, dan lainnya. Semua kaya vitamin C yang kita butuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh biar bebas dari penyakit atau serangan virus.

3. Buah Kiwi – Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Anda juga bisa memilih buah kiwi. Buah ini penuh dengan nutrisi penting, seperti asam folat, kalium, vitamin K, dan vitamin C.

Vitamin C mampu meningkatkan sel darah putih untuk mengatasi infeksi. Nutrisi lainnya juga berperan penting untuk menjaga seluruh organ tubuh agar selalu berfungsi dengan baik (sehat).

4. Semangka – Terbaik Daging Dekat dengan Kulit

Semangka termasuk buah sayur yang disukai banyak orang. Selain manis, juga menyegarkan. Lebih-lebih mengonsumsi semangka pada musim kemarau. Benar-benar menyegarkan.

Baca – 5 Merk Susu Terbaik untuk Menambah Berat Badan Bayi

Semangka kaya akan senyawa antioksidan, yakni glutathione. Dengan peran senyawa ini, kita bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga bisa melawan infeksi apa pun.

Senyawa glutathione yang terbaik dalam semangka ada pada daging merah yang paling dekat dengan kulit.

5. Blueberry – Tak Mudah Kena Infeksi Saluran Napas

Jika Anda suka mengonsumsi blueberry, ini juga bagus. Blueberry mengandung jenis flavonoid, yakni anthocyanin. Kandungan ini juga bersifat antioksidan sehingga mampu meningkatkan daya tahan atau kekebalan tubuh.

Kandungan flavonoid dalam blueberry juga berperan penting dalam menjaga kekebalan saluran pernapasan. Para peneliti menemukan, orang yang kaya asupan flavonoid kecil kemungkinan terserang infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

7. Buah Delima Melawan Bakteri dan Virus

Anda juga bisa mengonsumsi buah delima untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Orang-orang Mesir Kuno sering menggunakan buah delima untuk mengobati infeksi.

Ekstrak delima mampu membuat tubuh bisa melawan bakteri dan virus.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Buah Apel

Buah apel juga bisa Anda pilih untuk mempertahankan daya tahan tubuh agar tidak mudah terjangkiti virus dan penyakit. Yang terpenting Anda harus mengonsumsi apel secara teratur.

Baca – 11 Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung

Sama dengan buah yang disebutkan di atas, apel juga mengandung vitamin C yang tinggi. Selain itu, kaya serat yang bisa berfungsi sebagai probiotik yang baik di dalam usus. Bisa membuat tubuh selalu sehat.

9. Alpukat Bisa Mengurangi Risiko Diabetes, Kanker

Anda suka buah alpukat? Jika belum biasa mengonsumsi alpukat, Anda bisa mencobanya. Mengonsumsi alpukat bisa mengurangi risiko kena sakit jantung, diabetes, sindrom metabolik dan kanker.

Mengonsumsi separoh buah alpukat setara dengan 2 mg vitamin E. Buah alpukat juga bagus Anda konsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Setengah potongan dari buah alpukat setara dengan 2 mg vitamin E. Dengan kandungan vitamin E, kerusakan sel bisa diperlambat dan sirkulasi darah menjadi lancar.

10. Buah Naga Kaya Vitamin C

Buah naga juga kaya vitamin C sehingga baik Anda konsumsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
Ditambah dengan vitamin B1, B2, B3, kalsium, fosfor, zat besi, protein, niasin, dan serat.

Baca – 9 Susu Menambah Berat Badan Orang Dewasa

Semua bisa mendukung peningkatan fungsi kekebalan tubuh. Mineral juga Anda butuhkan untuk melawan serangan virus atau bakteri.

Demikian artikel mengenai Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Mengonsumsi Buah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Recent Posts

Pengalaman Menghindarkan Diri dari Virus Corona di China

CERITA menarik dari wanita Malaysia yang pernah bertahan di China, ketika wabah virus corona (covid-19)…

6 hari ago

12 Deodorant yang Bagus untuk Keringat Berlebih pada Wanita

PUNYA ketiak berbau tidak sedap tentu tidak nyaman. Anda akan merasa risi jika berkumpul atau…

7 hari ago

5 Cara Praktis Bersih-bersih di Rumah untuk Menghalau Corona

DI tengah maraknya wabah corona yang telah memakan korban jiwa ribuan orang, Anda sebaiknya selalu…

1 minggu ago

Soyjoy, Cemilan Terbaik untuk Penderita Diabetes

SOYJOY untuk penderita diabetes. Soyjoy crispy adalah snack atau cemilan sehat untuk Anda yang punya …

1 minggu ago

12 Cemilan Sehat untuk Penderita Diabetes – Gula Darah Stabil

PENDERITA diabetes tidak boleh makan sembarangan, baik jenis maupun ukurannya. Demikian pula untuk mengonsumsi cemilan.…

1 minggu ago

4 Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi Pepsodent dan Garam

ANDA juga bisa menggunakan cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi Pepsodent dan garam. Tentu saja,…

1 minggu ago