Tips Membangkitkan Motivasi Olahraga biar Tidak Malas: Hasil Penelitian

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

MOTIVASI olahraga – Anda sering mengalami adanya rasa malas berolahraga? Banyak orang yang merasa malas berolahraga. Padahal, olahraga sangat penting untuk membuat tubuh kita sehat. Kita semua tidak ingin mudah kena penyakit dan ingin selalu sehat.

Pertanyaannya, bagaimana cara memotivasi diri agar selalu bersemangat atau punya mood untuk berolahraga? Jika timbul rasa malas, Anda tetap bisa mengatasinya sehingga olahraga akan menjadi kebiasaan pada diri Anda dan kita semua.

Baik di masa muda atau usia senja. Olahraga harus selalu dijalankannya. Sebab, olahraga adalah kunci utama untuk bisa hidup sehat.

Berolahraga adalah cara terbaik untuk membuat diri kita selalu sehat. Cara lain adalah menjalani pola makan sehat, pola hidup yang sehat, tidak sering stres, tidak suka minum minuman keras, dsb.

Tetapi, olahraga adalah cara yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita agar tetap prima.
Masalahnya, bagaimana motivasi olahraga selalu ada dalam diri kita sehingga kita selalu rajin berolahraga? Selalu memiliki mood untuk berolahraga?

Dengan Musik, Olahraga Bukan Beban tetapi Hiburan

motivasi olahraga

Mendengarkan musik saat berolahraga konon dapat meningkatkan mood dan motivasi berolahraga. Tidak hanya itu. Mendengarkan musik juga bisa mengaktifkan bagian otak yang mencegah rasa kelelahan.

Sebuah penelitian sebagaimana dikutip oleh TribunJateng.com membuktikan bahwa mendengar nyanyian Marvin Gaye dengan judul lagu “I Heard It Through The Grapevine” ketika sedang melakukan aktivitas fisik, bisa menstimulasi area otak yang mengurangi kelelahan.

Penelitian memang bertema bagaimana musik bisa mencegah kelelahan ketika berolahraga. Para partisipan dalam penelitian mengaku bahwa mereka hanya mendengarkan lagu selama 11 menit dan membuat merasa latihan fisik sudah diselesaikan dalam 60 detik.

Mereka juga merasakan, rutinitas berolahraga agak jauh dari kesan monoton. Bahkan, olahraga lebih mudah dilaksanakan ketika lagu atau musik dimainkan.

Selain itu, musik membuat suasana gembira sehingga olahraga bukan sebagai beban. Tetapi, sebagai hiburan yang menyenangkan dan membuat pikiran bisa kembali segar (fresh).

Musik juga membuat orang tidak mudah bosan untuk melakukan suatu kebiasaan atau aktivitas. Kita bisa lihat pertunjukan musik. Selalu dipadati pengunjung dan pengunjung atau penonton juga ikut berjoget bersamaan dengan dikumandangkannya suara musik.

“Mendengarkan musik adalah stimulus atau dorongan yang sangat kuat. Bisa digunakan untuk meredakan sensasi tubuh negatif yang biasanya timbul selama situasi yang berhubungan dengan latihan,” kata Marcelo Bigliasi, penulis hasil penelitian tersebut.

Dukungan Musik dan Pemandu Usia Muda Membuat Motivasi Olahraga Tinggi

Bagaimana di tempat Anda? Adakah grup olahraga yang dilengkapi dengan musik ketika melakukan pelatihan/olahraga? Bagaimana dengan Anda sendiri saat berolahraga? Apakah juga dilengkapi dengan musik?

Umumnya grup olahraga, apalagi di kota-kota besar, selalu melengkapi kegiatan dengan memutar musik sesuai dengan irama olahraga yang sedang dijalankan.

Bahkan, grup olahraga ketika berlatih juga disertai pelatih atau pemandu. Selain bertugas mengatur jalannya olahraga atau senam, pemandu juga memotivasi peserta untuk aktif melakukan semua rangkaian kegiatan olahraga/senam.

Tidak jarang, pemandu dipilih dari mereka yang berusia muda dan energik. Ini akan membuat para peserta juga bersemangat untuk melakukan olahraga.

Ya, olahraga memang merupakan kebutuhan penting bagi siapa pun yang selalu ingin hidup sehat. Tetapi, untuk berolahraga secara kontinyu dari usia muda sampai tua tidak mudah. Sering muncul rasa malas dan bosan untuk berolahraga.

Perlu motivasi dan dorongan semangat yang terus-menerus dilakukan. Yang terbaik memang dorongan semangat muncul dari diri sendiri.

Tetapi, ini berat dan tidak mudah.Maka, yang terbaik adalah adanya dorongan atau motivasi dari dalam diri sendiri dan dari luar. Jika dalam diri sendiri lemah, dorongan dan motivasi olahraga dari luar juga sangat besar pengaruhnya untuk membuat kita rajin berolahraga.

Jika di tempatmu belum dibentuk grup olahraga, coba dibentuk. Ajak pengurus RT/RW untuk membuat grup/kelompok olahraga. Biar semua warga bisa bersama-sama berolahraga dan semua selalu sehat.

Ya, sekali dalam satu minggu berolahraga bersama akan membuat kehidupan warga bisa guyup dan rukun.

Berolahraga adalah cara penting untuk membuat diri kita selalu sehat dan tidak mudah kena penyakit. Maka, kita harus rajin berolahraga secara kontinyu.