Nonton TV Sambil Tiduran Akibatkan Tulang Belakang Melengkung

Diposting pada

HATI-HATI nonton TV sambil tiduran. Sebab, cara menoton TV seperti itu kian lama bisa mengakibatkan tulang belakang melengkung.

Demikian pula mengoperasikan Hp / smartphone sambil tiduran. Juga bisa berakibat sama. Yakni, membuat tulang belakang dalam jangka waktu tertentu bisa berubah tidak sehat. Timbul rasa nyeri kronik.

Mereka yang mengalami tulang belakang melengkung bukan hanya orang tua. Tetapi juga anak muda. Mereka ini sudah tergolong kecanduan nonton TV atau bermain Hp/smartphone.

Nonton TV Sambil Tiduran Bisa Mengakibatkan Nyeri Kronik

Menonton TV sambil tiduran memang nyaman. Begitupun menonton atau menyaksikan acara-acara di Hp/smartphone. Tampaknya, menonton V seperti santai dan nyaman.

nonton tv sambil tiduran

Tetapi, pakar kesehatan mengatakan bahwa menonton TV seperti itu adalah perlaku tidak sehat. Bahkan, kebiasaan itu nantinya bisa berakibat buruk pada kesehatan tubuh Anda.

Apa saja dampak buruk untuk kesehatan tubuh?

Kebiasaan menonton TV atau bermain gadget atau Hp/smartphone sambil tiduran bisa menyebabkan otot lebih kaku dan tegang. Kian lama, kondisi itu bisa berkembang menjadi lebih buruk, yakni Anda bisa terkena nyeri kronik.

Menonton TV atau main gadget sambil tiduran memang bisa membuat otot leher tegang. Cuma kita semua tidk menyadari hal itu. Apalagi Anda sudah kecanduan nonton TV dan main Hp seperti itu.

Struktur tulang belakang bisa mengalami perubahan. Otot leher berubah menjadi kaku dan lurus.

Nonton TV Sambil Tiduran Membuat Tulang Belakang Melengkung

Dr Sri Wahyuni dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang menyatakan tulang leher yang sering fokus pada sesuatu dalam waktu lama bisa menyebabkan inflamasi. Yakni perubahan pada sendi facet.

Efeknya atau dampak negatifnya, dalam jangka panjang bisa terjadi nyeri kronik.

Selain itu, menonton TV dan main gadget sambil tiduran dapat menyebabkan lordosis. Yaitu, lumbal spinalis atau tulang belakang yang berada di atas pantat terlalu melengkung ke dalam. Akibatnya terjadilah rasa nyeri pada usia muda.

Ya, sangat mengerikan terjadi dampak buruk bagi kesehatan akbat nonton TV dan main gadget (hp/smartphone) sambil tiduran. Nonton seperti itu memang nyaman. Tetapi itu hanya sesaat. Dalam jangka panjang bisa menyebabkan tulang belakang melengkung.

Bagaimana Cara Menonton TV yang Benar dan Sehat?

Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara menonton TV yang benar dan sehat? Berikut ini sedikit tips tentang cara menonton TV yang benar dan tidak mengganggu kesehatan.

1. Menonton TV dari Jarak yang Tepat

Cara menonton TV yang sehat adalah dengan duduk dalam posisi tidak terlalu dekat antara posisi Anda dan TV. Jarak yang sehat adalah 5 X lebar diagonal TV.

Misalnya TV kamu ukuran 21 inci. Maka, jaraknya saat menonton TV adalah 5 X 21 inci, yakni 105 inci atau 5 meter dari posisi TV.

Nah, berapa ukuran TV Anda? Silakan menghitung sendiri. Kini bisa tahu cara kamu menonton TV tiap hari itu sehat atau tidak. Jika terlalu dekat, coba perbaiki. Biar mata Anda tetap sehat.

Anak tetangga saya, usia kelas 1 SD sudah harus pakai kacata minus 3. Penyebabnya, dia suka berjam-jam main Hp dalam jarak dekat sambil tiduran.

2. Nyala Lampu Ruangan Cukup Terang

Nyala lampu ruang di mana Anda menoton TV juga harus terang. Jika tidak terang, maka mata akan bekerja keras untuk menangkap cahaya TV. Cahaya TV dan nyala lampu harus seimbang.

3. Istirahatkan Mata Saat Nonton TV

Mata terlalu lama memandangi TV juga bisa kelelahan. Maka, istirahatkan setelah menyaksikan acara TV cukup lama. Caranya, pejamkan mata sebentar, berkedip atau melihat ke arah lain.

Demikian pula tubuh. Juga perlu istirahat dengan berdiri dan jalan mengambil minuman. Ketika menonton TV, jangan lupa minum air putih supaya Anda tetap sehat.

Duduk terlalu lama dan kekurangan air putih juga bisa menyebaban sembelit (kesulitan buang air besar). Apalagi buat orang tua. Ancaman sembelit sangat besar.

Sekian. Semoga artikel tentang Nonton TV Sambil Tiduran Akibatkan Tulang Belakang Melengkung bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *