Nyeri Punggung Sebelah Kiri – Penyebab dan Cara Mengatasi

Diposting pada

NYERI punggung terasa sangat sakit. Baik nyeri punggung sebelah kiri atau lainnya. Saat bagian punggung yang sakit digerakkan, waduhh, sakitnya bukan main. Sangat sakit dan nyeri.

Buat bergerak ke kanan sakit, bergerak ke kiri juga sakit. Bahkan, untuk berdiri pun sakitnya bukan main. Saat meluruskan punggung ketika bangkit dari tempat duduk, juga sangat sakit.

Bahkan, buat bergerak saat tidur juga sakit. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi nyeri punggung sebelah kiri? Apa saja penyebab terjadinya sakit punggung?

Penyebab Nyeri Punggung: Sering Membungkuk

nyeri punggung sebelah kiri atas

Banyak penyebab yang bisa mengakibatkan terjadinya sakit punggung sebelah kiri. Gejala sakit punggung macan-macam. Misalnya rasa sakit yang menusuk disertai kesemutan, rasa perih, sakit dari punggung sampai ke bokong, paha sampai ke bagian kaki.

Sakitnya bisa terasa sangat menusuk dan tidak terlalu lama. Ada nyeri yang kurang intensif tapi bertahan sampai berminggu-minggu. Bahkan sampai berbulan-bulan.

Ada juga yang sakitnya luar biasa atau sangat sakit dan nyeri. Untuk bergerak sedikit pun sakit sekali seperti pernah saya rasakan.

Ya, rasa sakit akibat nyeri punggung sebelah kiri tentu berbeda-beda. Tergantung pada tingkatan sakitnya.

Selain itu, nyeri punggung bisa menjadi sakit jangka panjang. Artinya, meskipun sakit sudah sembuh, jika ada pemicunya bisa kambuh. Misalnya, Anda mengangkat barang berat dengan cara membungkuk.

Maka, Anda yang pernah menderita nyeri punggung harus berhati-hati saat melakukan aktivitas. Berkebun dengan posisi membungkuk juga bisa menyebabkan sakit punggung kembali kambuh.

Terlalu aktif melakukan berbagai kegiatan sehari-hari, olahraga dengan tenaga ekstra, atau kegiatan berat lainnya juga bisa mengakibatkan punggung sakit.

Cara Mengatasi Nyeri Punggung Sebelah Kiri

Bagaimana cara mengatasi nyeri punggung sebelah kiri? Apa yang harus Anda untuk menyembuhkan sakit punggung sebelah kiri?

Banyak cara bisa dilakukan untuk menyembuhkan nyeri punggung sebelah kiri, yaitu:

1. Istirahat untuk membantu mengatasi sakit punggung. Antara lain dengan mengubah posisi duduk, berdiri dari tempat duduk sebentar dan jalan-jalan.

2. Jangan melakukan gerakan atau posisi yang bisa memunculkan rasa sakit.

3. Konsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek

4. Melakukan kompres dingin atau hangat pada bagian yang nyeri

5. Jika ternyata sakit punggung tidak mereda, maka kunjungi dokter.

6. Mengonsumsi obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas di pasaran. Misalnya paracetamol dan obat anti-inflamasi non streoid lain.

7. Rutin berolahraga. Bisa menurunkan rasa sakit dan nyeri di area tulang punggung, menurunkan rasa sakit, memperbaiki postur tubuh, mengurangi risiko cedera. Pilih olahraga ringan dan santai.

8. Saat dalam posisi duduk, maka duduklah dengan punggung tegak. Bukan punggung membungkuk.

9. Jangan mengangkat barang berat dengan posisi punggung membungkuk. Sebaiknya Anda mengangkat barang dalam posisi tetap berdiri tegak.

Ya, barangnya ditempatkan di atas bangku sebentar dengan pertolongan orang lain.

10. Anda bisa mengonsumsi obat herbal pereda nyeri punggung. Misalnya Walatra Sehat Sendi isi 100 kapsul. Obat herbal ini dibit 60% akar kuning, 20% bratawali, dan 20% daun salam. Pilihan lain Ace Maxs yang dibuat dari kulit manggis dan daun sirsak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *