Olahraga Pilates untuk Skoliosis – Bisa Memperbaiki Postur Tubuh

Diposting pada

BANYAK cara bisa Anda lakukan untuk mengatasi penyakit skoliosis, yakni kelainan tulang belakang seperti bengkok atau melengkung. Di antaranya dengan melakukan olahraga pilates untuk skoliosis.

Banyak anak mengalami kasus tulang belakang tumbuh tidak normal. Pada bagian atas tulang belakang, ada yang melengkung ke kiri dan ada yang ke kanan. Hal yang sama juga bisa terjadi pada tulang belakang bagian bawah.

Tentu saja, kelainan tulang belakang yang terjadi pada anak masih dalam tahap ringan. Adakalanya tanpa pengobatan khusus, kelainan pada tulang belakang bisa sembuh sendiri seiring bertambahnya usia.

Tetapi, orang tua tetap harus mewaspadainya sehingga apabila ada perubahan yang lebih buruk, masalah skoliosis bisa diatasi. Di antaranya dengan melakukan senam pilates.

Juga bisa memperbaiki tulang belakang dengan tidur dalam posisi yang tepat. 

Skoliosis pada Anak Perempuan Cepat Tumbuh Jadi Parah

Olahraga Pilates untuk Skoliosis

Apakah senam pilates itu?

Senam pilates adalah gerakan senam yang berfokus pada rehabilitasi dan penguatan tubuh. Setiap gerakan dimaksudkan untuk menguatkan otot sambil mengatur pola pernapasan.

Senam pilates dikembangkan oleh mantan atlet asal Jerman, Joseph Pilates.

Bagi penderita skoliosis atau tulang belakang melengkung di bagian atas atau bawah, gerakan-gerakan dalam senam pilates bisa memperbaiki postur tubuh mereka.

Paling tidak, senam atau olahraga skoliosis bisa menurunkan derajat kemiringan tulang belakang pada penderita skoliosis.

Apa saja gerakan-gerakan dalam senam pilates yang bisa menyehatkan tulang punggung yang melengkung / bengkok?

Pertumbuhan tulang belakang yang tidak normal umumnya terjadi saat anak usia 10 – 15 tahun. Risiko terkena sakit skoliosis (tulang belakang bengkok) sama antara anak laki-laki dan perempuan.

Hanya saja, skoliosis pada anak perempuan lebih mungkin berkembang menjadi lebih parah. Maka, untuk mereka perlu penanganan yang cepat dan tepat.

Jika skoliosis tidak segera diatasi, penderita akan mengeluhkan rasa nyeri otot di daerah punggung. Bahkan, penyakit skoliosis dalam jangka panjang dapat memunculkan gangguan fungsi paru-paru, sesak napas, nyeri punggung belakang, masalah saraf dan gangguan jantung.

Gejala Skoliosis yang Muncul dan Perubahannya

Sesungguhnya gejala skoliosis dapat dilihat dari perubahan tampilan bahu, dada, dan pinggul. Gejala fisik yang nyata antara lain:

1. Posisi salah satu bahu lebih tinggi

2. Salah satu pinggul lebih menonjol

3. Panjang kaki satu dengan lainnya tidak seimbang

4. Salah satu tulang belikat lebih menonjol

5. Kondisi tubuh lebih condong ke satu sisi.

Gejala lain dari sakit skoliosis:

1. Merasa nyeri punggung. Tetapi tidak semua penderita mengalami gejala ini.

2. Bagi penderita yang telah dewasa, rasa sakit berpusat pada titik lengkungan.

Tiga Gerakan Senam Pilates yang Bisa Anda Lakukan

Untuk mengatasi dan menyembuhkan sakit skoliosis yang parah, umumnya penderita melakukan operasi medis.

Tetapi Anda bisa memilih terapi non-medis jika tidak ingin menjalani operasi medis. Misalnya dengan melakukan senam seperti senam pilates. Senam bisa dilakukan 3 hari sekali. Tidak perlu setiap hari.

Hasilnya tidak instan. Tetapi jika penderita skoliosis rajin melakukan senam pilates, maka dia akan mampu memperbaiki posisi tulang belakang yang bengkok, kata seorang instruktur senam pilates, Maharani Panggabean.

Tujuan senam pilates adalah memperbaiki postur tubuh. Yaitu, membuat posisi tulang belakang menjadi lurus. Bukan bengkok seperti sebelumnya.

Gerakan senam pilates antara lain:

1. Step down and one arm reach.

Siapkan matras. Lalu, berbaringlah di atas matras. Tekuk kaki kanan sampai membentuk sudut siku-siku.

Berikutnya, rentangkan kaki kiri hingga lurus ke belakang dan sejajar dengan badan sambil mengangkat tangan kanan.

Ulangi gerakan ini secara bergantian sampai 10 kali gerakan.

2. Upward and downward dog.

Posisikan tubuh Anda dengan kepala menghadap ke bawah dengan tumpuan kaki dan tangan hingga tubuh membentuk segitiga sama kaki.

Baca – 11 Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri

Lalu, turunkan tubuh dan kedua kaki lurus ke belakang. Angkat tubuh bagian atas hingga membentang lurus seperti cobra position.

Tahan setiap posisi sampai 10 detik. Ulangi gerakan ini sampai 5 kali.

3. Split stance with arm reach.

Berdiri tegak dengan kaki kiri sedikit ke depan dan kaki kanan ke belakang. Tarik bagian tubuh hingga ke belakang. Tahan posisi ini selama 10 detik.

Lalu, tekuk kaki kiri hingga membentuk segitiga siku-siku dan kaki kanan ke belakang. Tarik bagian tubuh hingga ke belakang. Tahan posisi ini selama 10 detik.

Demikian artikel mengngenai olahraga pilates untuk skoliosis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *