Olahraga Skoliosis – Cara Cepat Mengatasi Tulang Punggung Bengkok

Diposting pada

OLAHRAGA skoliosis bisa menjadi salah satu cara mengatasi penyakit skoliosis. Anda bisa memilih jenis olahraga yang cocok. Dalam arti, Anda bisa menjalani dengan baik sehingga olahraga bisa meringankan penderitaan Anda.

Ya, punya tulang belakang yang bengkok atau melengkung (skoliosis) memang tidak nyaman. Bahkan, bisa mengganggu aktivitas keseharian jika sakitnya begitu parah.

Maka, Anda sebaiknya segera mengatasi penyakit skoliosis (tulang belakang bengkok) jika muncul tanda-tanda untuk itu. Misalnya salah satu bahu atau pinggul lebih tinggi dari yang lain. Atau kaki lemas, nyeri, mati rasa, sulit berdiri tegak, dsb.

Banyak cara bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit skoliosis. Salah satunya dengan melakukan olahraga. Tetapi, olahraga apa ya?

Baca – 7 Cara Bisa Anda Lakukan untuk Mencegah Sakit Skoliosis

8 Jenis Olahraga Skoliosis untuk Mengatasi Tulang Belakang Bengkok

Olahraga Skoliosis

tas berat bisa sebabkan skoliosis (foto:jogjatribunnews.com)

Berikut ini 8 olahraga skoliosis yang bisa Anda pilih untuk mengatasi penyakit tulang belakang bengkok. Lakukan secara rutin sesuai dengan petunjuk dan dengan senang hati.

1. Berenang Gaya Bebas

Olahraga skoliosis yang bisa pilih antara lain berenang gaya bebas. Renang seperti ini bisa mengurangi tekanan pada tulang belakang sekaligus mengurangi rasa pegal.

Manfaat lain dari renang gaya bebas adalah menguatkan otot punggung, menambah ketahanan jantung dari paru-paru. Tetapo saat renang jangan melakukan renang gaya dada.

2. Olahraga Yoga Memperkuatkan Otot Punggung

Yoga juga bisa memperkuat otot-otot di punggung. Apalagi saat melakukan yoga dengan posisi kayang. Jika Anda bisa melakukan dengan teratur, maka otomatis Anda bisa melakukan banyak mobilitas di seluruh tulang belakang.

Walaupun terasa sakit pada awalnya, tetapi kian lama punggung akan merasa nyaman. Dengan pose-pose khusus, aktivitas yoga bisa merenggangkan ruas-ruas tulang belakang yang berdekatan dan bengkok.

Baca – Hati-hati, Ada Bahaya Skoliosis untuk Wanita Hamil

Perlahan-lahan otot tulang belakang akan kembali ke dalam posisi vertikal yang normal.

3. Sit Up, Back atau Cobra Exercise

Sudah sering melakukan olahraga sit up? Jika sudah, teruskan. Sit up termasuk olahraga yang bagus untuk membangun otot punggung biar terhindar dari tulang punggung bengkok (penyakit skoliosis).

Latihan sejenis adalah back up, cobra exercise dan alternate superman. Lakukan selama 20-30 menit tiap latihan. Awali dengan pemanasan sehingga otot-otot Anda menjadi lentur dan olahraga berjalan lancar.

4. Bersepeda Cegah Sakit Punggung

Bersepeda juga bisa Anda pilih untuk menyehatkan tulang punggung. Bersepeda akan membuat kepadatan dan kekuatan tulang terjaga dengan baik. Otomatis kerangka tulang juga menguat.

Bersepeda juga bisa menguatkan otot sehingga bisa melindungi sistem kerangka. Selain tulang belakang menjadi kuat, bersepeda juga bisa menghindarkan Anda dari stres eksternal. Sakit punggung pun bisa teratasi.

5. Strengthening Trunk

Anda juga bisa melakukan senam Strengthening Trunk untuk memperkuat otot-otot tulang belakang sekaligus meluruskan tulang belakang yang bengkok.

Caranya, Anda dalam posisi telungkup di atas matras, diikuti tangan serta kepala. Usahakan perut tetap menempel di matras. Lakukan sampai hitungan ke-10 dan ulangi lagi sampai 5 kali.

6. Melakukan Fleksibilitas Punggung

Latihan ini terdiri atas empat gerakan dengan fokus pada punggung. Lakukan dengan santai. Bungkukkan badan Anda ke depan, belakang, samping kanan dan kiri. Tangan mengikuti arah badan ditekuk.

Apabila Anda melakukan gerakan ke samping, maka tangan diangkat dan diletakkan di atas kepala. Tangan satunya bebas. Tahan setiap pose selama 10 detik kemudian ulangi 5 kali.

7. Sepak Bola Memperbaiki Tulang Belakang

Anda juga bisa memperbaiki tulang punggung bengkok dengan main sepak bola. Penguatan otot-otot inti membantu menjaga kelengkungan alami tulang belakang toraks.

8. Peregangan Membentuk Tubuh Jadi Lentur

Kelenturan tubuh juga sangat bermanfaat untuk terapi tulang belakang bengkok. Maka, melakukan peregangan bisa membantu membuat tubuh lentur sehingga bisa mengatasi masalah tulang belakang melengkung (bengkok).

Tetapi tidak semua gerakan peregangan aman dilakukan oleh penderita sakit skoliosis. Ketika Anda melakukan yoga misalnya, Anda perlu melakukan pose yang sudah disesuaikan. Misalnya gerakan memutar tulang belakang.

Penutup

Pilih olahraga / latihan mana yang cocok dan Anda bisa melakukannya dengan rutin. Untuk melakukan olahraga rutin, pada awalnya memang berat. Tetapi, Anda harus selalu sehat. Selalu lakukan olahraga/senam dengan senang hari dan nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *