PANTANGAN makanan asam lambung perlu mendapat perhatian jika Anda ingin mengatasi penyakit lambung dengan cepat. Artinya, jika Anda segera bebas dari asam lambung, langkah pertama adalah menghindari makanan penyebab asam lambung.

Makanan penyebab penyakit lambung ini harus Anda pantang atau hindari. Menghindari pantangan makanan menjadi kunci sukses mengobati penyakit asam lambung.

Penyembuhan asam lambung akan berjalan cepat jika Anda juga minum obat. Baik obat farmasi, obat alami, obat herbal atau lainnya. Anda bisa memilih obat mana yang Anda inginkan.

Syukur ditambah mengonsumsi makanan yang bisa membantu menyembuhkan asam lambung. Ini akan membuat penyembuhan penyakit berjalan cepat.

Daftar 12 Pantangan Makanan Asam Lambung yang Harus Anda Hindari

pantangan makanan asam lambung

pantangan makanan asam lambung (foto:alodokter.om)

Makanan atau hal-hal apa saja yang harus dihindari atau dipantang oleh penderita asam lambung?

Berikut ini daftar hal-hal dan pantangan makanan asam lambung yang harus Anda jauhi.
Jika Anda tidak bisa meninggalkan secara total, ya lakukan secara bertahap. Tetapi menghindari seluruhnya akan lebih baik. Penyembuhan penyakit lambung Anda bisa berjalan cepat.

1. Jangan Suka Mengabaikan Waktu Makan

Makan pada waktunya sangat penting. Baik untuk makan pagi (sarapan), makan siang atau makan malam. Meskipun sibuk, Anda luangkan waktu sebentar untuk makan. Ingat kesehatan itu mahal harganya.

Sering mengabaikan waktu makan bisa berakibat kena sakit asam lambung / maag. Kalau sudah kena, menyembuhkannya tidak mudah. Saya pernah belasan tahun menderita maag. Berkali-kali periksa dokter tak bisa menyembuhkan sakit saya.

Penyebab sakit maag saya juga sering mengabaikan waktu makan siang. Jadi, hindari terlambat makan atau suka menunda waktu makan.

 

2. Jangan Langsung Tidur Setelah Makan

Hindari setelah makan langsung tidur. Paling tidak harus ada jarak antara waktu makan dan berangkat tidur selama 2 jam. Kurang dari 2 jam termasuk cara yang tidak sehat. Cara yang bisa memicu terjadinya penyakit lambung.

3. Jangan Suka Ngemil di Antara Waktu Makan

Sering ngemil di antara waktu makan bisa memicu terjadinya asam lambung. Sebab, sering ngemil bisa membuat beban pencernaan sangat tinggi. Akibatnya, pencernaan tak bisa memproses semua makanan yang  Anda konsumsi dengan baik. Anda sebaiknya mengonsumsi cemilan sehat.

4. Hindari Makan dengan Porsi Besar

Cara makan seperti itu bisa mengundang terjadinya refluks. Penyakit asam lambung tidak bisa segera sembuh. Bahkan penyakit sering kambuh. Maka, lebih baik makan 4 – 5 kali sehari dengan porsi kecil.
Lakukan cara ini secara bertahap. Dengan cara itu, lambung bisa menyesuaikan dengan aman.

5. Hindari Makan Tergesa-gesa

Anda sebaiknya selalu mengunyah makanan sampai lembut. Jangan makan dengan sikap tergesa-gesa. Makanan harus Anda kunyah sampai lembut sehingga beban pencernaan lebih ringan.

Dengan cara ini, enzim pencernaan bisa mengolah makanan dengan baik dan lembut. Hasilnya, Anda bisa terhindar dari penyakit asam lambung.

6. Hindari Mengonsumsi Cokelat

Hindari cokelat, meskipun itu makanan favorit Anda. Sebab, mengonsumsi cokelat bisa memicu kenaikan asam lambung. Otot sfingter jadi melemas karena cokelat mengandung kafein dan stimulan lainnya seperti theobromine.

7. Hindari Minum Minuman Bersoda

Minuman bersoda dan berkarbonasi juga bisa membuat perut Anda kembung dan asam lambung pun naik. Apalagi jika Anda mengonsumsi minuman bersoda yang mengandung kafein. Kondisi asam di lambung Anda semakin buruk.

8. Jauhi Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng merupakan makanan yang tidak sehat. Terutama dengan penggunaan minyak goreng yang tidak sehat. Makanan yang digoreng (aneka gorengan) bisa memicu terjadinya refluks. Lambung pun terasa perih dan panas. Gejalanya merasa nyeri di dada.

9. Alkohol Juga Harus Dihindari

Ya, sama dengan minuman bersoda, bir, dan anggur.Minum alkohol juga bisa berkontribusi mengakibatkan refluks. Alkohol bisa merelaksasi katup di bawah esofagus (menyatu dengan lambung) yang dapat menyebabkan refluks.

10. Susu dan Daging Berlemak Tinggi

Semua makanan yang berlemak tinggi harus Anda hindari karena bisa mengakibatkan refluk. Misalnya susu, mentega, atau keju dan daging berlemak.

Jika Anda tetap ingin mengonsumsinya, Anda bisa mengonsumsi produk olahan susu yang rendah lemak.

Untuk mengonsumsi daging, hendaknya dibersihkan dulu dari lemak. Selain itu, mengonsumsi daging tidak tiap hari. Tetapi cukup satu minggu sekali.

11. Hindari Makanan Pedas

Makanan pedas juga bisa mengakibatkan iritasi pada lapisan dalam kerongkongan dan menyebabkan nyeri ulu hati. Tetapi, kondisi lambung tidak selalu sama untuk semua orang.

Mengonsumsi merica, saus tomat, jahe, juga bisa menyebabkan penyakit lambung kambuh, asam lambung naik sampai ke dada. Tetapi, makanan sangat pedas hampir pasti membuat sakit lambung kambuh.

Maka, hindari makanan rasa pedas. Pengaruhnya terhadap sakit lambung sangat cepat.

12. Minuman dan Buah Rasa Asam

Hindari juga minuman dan buah rasa asam. Buah rasa asam, misalnya jeruk, nanas, mangga, berbagai minuman rasa asam, tomat, dsb. Makanan rasa asam, misalnya tape.

Penutup

Perhatikan makanan dan buah yang jadi pantangan makanan asam lambung. Hindari makanan pantangan supaya sakit lambung Anda cepat sembuh. Penyakit lambung bisa berbahaya, bahkan berujung kematian jika tidak disembuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website