9 Pantangan Makanan Sakit Maag yang Harus Anda Hindari

Diposting pada

ADA beberapa pantangan makanan sakit maag yang harus Anda jauhi. Jika pantangan ini Anda langgar, penyakit maag tidak akan segera sembuh. Meskipun Anda mengonsumsi obat maag.

Ya, menghindari makanan pantangan bagi penderita maag memang sangat penting. Tidak hanya penyakit maag (gastritis). Hampir semua penyakit ada pantangannya, baik menyangkut makanan yang dikonsumsi atau hal-hal lain yang berkaitan dengan penyakit Anda.

Contoh nyata sering saya alami. Tiap selesai mengonsumsi makanan rasa pedas, maka lambung saya terasa perih dan melilit. Sudah makan tetapi perut seperti dalam kondisi lapar dan harus makan lagi.

Maka, penderita sakit maag harus selalu menyediakan makanan ringan seperti roti ke mana pun mereka pergi. Sebab, supaya lambung tak terasa perih, penderita maag harus makan sesuatu seperti roti.

Ya, roti memang makanan kecil yang praktis dibawa ke mana saja dan carinya mudah. Tiap toko, termasuk toko kecil, hampir pasti menyediakan jajanan roti.

Pantangan Makanan sakit maag

pantangan makanan untuk maag (foto:planet.merdeka.com)

Pantangan Makanan Sakit Maag yang Harus Dihindari atau Dikurangi

Salah satu penyebab sakit maag (dispepsia) adalah makanan yang Anda konsumsi, termasuk makanan cemilan. Jika Anda menderita penyakit ini, sebaiknya kenali pantangan makanan sakit maag yang harus dikurangi atau bahkan dihindari.

Umumnya pemicu sakit maag adalah makan terlalu banyak, terlalu cepat, stres, mengonsumsi obat tertentu, atau menderita penyakit tertentu.

Sakit maag bisa juga akibat gaya hidup yang buruk dan tidak sehat. Contohnya merokok, mengonsumsi makanan yang pedas, berminyak dan berlemak, serta minum minuman beralkohol, bersoda atau berkarbonasi, berkafein dan waktu makan tidak teratur.

Pantangan makanan yang harus hindari adalah:

1. Makanan dan Minuman Asam

Menghindari makanan dan minuman penyebab maag sangat penting. Sebab, pengaruhnya sangat cepat dan terasa nyata. Begitu mengonsumsi makanan atau minuman rasa asam, esoknya lambung terasa perih, mlilit, dsb.

Baca: Makanan yang Dianjurkan Dikonsumsi 

Beberapa makanan / minuman rasa asam antara lain buah jeruk, lemon, limau, mangga, nanas, saus tomat, dan minuman berkarbonasi/bersoda bersifat asam, sirup, dan tape.

2. Makanan Pedas Berisiko Iritasi

Anda juga perlu menghindari makanan / minuman rasa pedas. Makanan ini bisa meningkatkan risiko iritasi pada saluran pencernaan, termasuk lambung. Segala jenis sambal, minuman serbat, jahe, kuah rasa pedas, sebaiknya kamu hindari biar sakit maag tidak kambuh.

3. Produk Olahan Susu Sulit Dicerna

Minuman susu juga perlu Anda hindari. Sebab, kandungan laktosa menyebabkan susu lebih sulit dicerna oleh tubuh. Ini membuat perut terasa kembung, menghasilkan gas atau menyebabkan diare.

Hal ini tentu dapat memperberat keluhan penderita maag.

Tidak seperti makanan pedas dan rasa asam, Anda masih boleh minum susu tetapi tidak banyak. Atau Anda atur sesuai dengan kondisi maag yang Anda alami.

Baca – Menyembuhkan Asam Lambung Pakai Kunyit

Ya, susu memang merupakan minuman yang menyehatkan. Mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh, terutama kalsium. Hanya minumnya perlu dibatasi karena sakit maag Anda.

4. Pantanganan Makanan Sakit Maag: Makanan Berlemak

Anda juga perlu menghindari konsumsi makanan berlemak. Sebab, makanan berlemak bisa mengakibatkan otot-otot pencernaan dan pengosongan lambung berjalan lambat. Selain itu akan membuat Anda mengalami diare dan konstipasi.

5. Aneka Gorengan Sulit Dicerna

Mengonsumsi aneka gorengan akan memperberat tugas pencernaan. Karena gorengan tak mudah dicerna. Aneka gorengan juga rendah serat yang bisa menyebabkan perut kembung.

6. Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan minuman rasa manis dengan pemanis buatan juga bisa mengakibatkan dispepsia. Sebab, pemanis tidak sepenuhnya bisa dicerna dan diserap tubuh sebelum mencapai usus.

7. Alkohol Membahayakan Lapisan Lambung

Penderita maag jangan mengonsumsi alkohol. Sebabm, alkohol tidak mengandung protein, vitamin, atau nutrisi lainnya. Alkohol justru dapat membahayakan lapisan lambung dan metabolisme hati. Ini berarti minum alkohol bisa mengakibatkan gangguan pencernaan. Alkohol juga bisa membuat sakit maag lebih parah.

Baca – Asam Lambung Naik dan Cara Mengobati

8. Minuman Berkafein Memperburuk Sakit Maag

Minuman berkafein antara lain minuman kopi, teh, soda, dan cokelat. Anda penderita maag hendaknya menghindari ini semua karena bisa merangsang saluran pencernaan. Jika Anda minum berlebihan, gejala maag Anda bisa lebih buruk lagi.

9. Pantangan Makanan Sakit Maag: Waktu Makan Tidak Teratur

Waktu makan sering terlambat dari waktu yang seharusnya juga harus Anda hindari. Sebab, cara seperti itu bisa menyebabkan Anda kena maag. Baik untuk sarapan, makan siang atau makan petang (malam) juga harus teratur sesuai dengan jadwal yang Anda buat.

Demikian artikel mengenai pantangan makanan sakit maag. Semoga Anda bisa mengatasi sakit maag yang Anda derita dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *