pantangan veneer gigi

Hindari 5 Pantangan Veneer Gigi biar Gigi Anda Tetap Putih Rapi

Diposting pada

SETELAH Anda pasang veneer gigi, apa yang harus Anda lakukan supaya gigi Anda tetap tampak putih, rapi, dan menarik? Satu hal yang harus Anda lakukan adalah menghindari pantangan veneer gigi.

Ya, menghindari pantangan veneer gigi adalah sangat penting. Jangan sampai pasang veneer baru 2 tahun, tiba-tiba warna gigi mulai kusam. Tak lagi tampak putih seperti pada awal pemasangan veneer gigi.

Padahal, untuk memasang veneer, Anda telah mengeluarkan biaya besar. Oleh karena itu, sekali lagi, Anda harus menghindari pantangan veneer. Tulis besar-besar pantangan itu biar Anda tidak lupa.

Daftar Rincian 5 Pantangan Veneer Gigi

Larangan apa saja yang harus Anda jauhi supaya veneer gigi Anda mampu bertahan lama? Berikut ini 5 pantangan veneer gigi.

pantangan veneer gigi
cara makan apel yang bisa merusak veneer gigi (foto:bali.tribunnews.com)

1. Minuman Kopi, Teh, Wine

Pantangan veneer gigi yang harus Anda hindari adalah mengonsumsi minuman teh, kopi, alkohol dan wine. Untuk waktu lama, keempat minuman itu bisa menyebabkan warna gigi Anda tidak putih lagi. Tetapi, mulai kusam.

Bahkan, warna gigi kembali seperti sebelum pasang veneer. Penyebabnya, makanan-makanan itu mengandung zat warna. Jika Anda sering mengonsumsinya, maka dalam jangka waktu tertentu, warna gigi Anda tidak putih lagi.

Maka, hati-hatilah Anda, jangan sampai mengonsumsi keempat minuman itu. Sengaja atau tidak sengaja.

2. Pantangan Veneer Gigi:  dengan Tekstur Keras

Hindari juga konsumsi makanan yang teksturnya keras. Sebab, kerja gigi akan berat dan bisa mengakibatkan gigi cepat rusak. Misalnya gigi patah.

Contoh makanan yang teksturnya keras antara lain buah apel, pir, keripik, dan lain sebagainya. Selalu pastikan makanan yang Anda konsumsi harus lebih mudah dikunyah.

Jika Anda ingin mengonsumsi makanan yang teksturnya keras, makanan harus dipotong kecil-kecil dulu. Kerja gigi untuk mengunyah lebih ringan dan tidak menimbulkan bahaya.

3. Membuka Kemasan dengan Gigi

Pantangan vener gigi lainnya adalah membuka kemasan dengan gigi. Kerja gigi di sini mirip dengan kerja gigi ketika mengonsumsi makanan keras.

Cuma, kerja gigi pada poin ini lebih keras lagi. Misalnya, menguliti sabut kelapa dengan menggunakan gigi. Jika tidak hati-hati, gigi bisa patah. Bahkan, cara itu juga bisa menyebabkan gigi tanggal.

Tentu saja, menyobek sesuatu yang sulit bisa menyebabkan gigi veneer Anda rusak.

Kebiasaan menggigit benda keras, misalnya pensil, es, atau kuku jari, juga harus Anda hindari. Demikian pula membuka botol minuman atau kemasan plastik menggunakan gigi.

4. Malas Membersihkan Plak dan Karang Gigi

Anda juga harus selalu merawat dan membersihkan gigi, termasuk yang sudah diveneer. Rajin menyikat gigi, menyikat lidah, dan membersihkan gigi dengan benang gigi di sela-sela gigi.

Hindari terjadinya plak pada gigi. Sebab, kian lama kondisi ini juga akan mempengaruhi tampilan gigi yang diveneer.

5. Pantangan Veneer Gigi: Mengabaikan Kesehatan Gusi

Kesehatan gusi juga sangat penting. Jangan dibaikan. Sebab, gusi yang sakit, apalagi sampai berdarah, akan mempengaruhi tampilan gigi veneer. Warna gigi veneer bisa bergeser (berubah) tidak putih lagi. Tentu saja, And tidak ingin punya gigi seperti itu.

Demikian artikel mengenai pantangan veneer gigi yang harus Anda hindari. Ini sangat penting supaya veneer gigi Anda mampu bertahan lama. Tidak sering terjadi keluhan sakit gigi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *