9 Pemutih Gigi Alami Paling Ampuh Harga Murah

Diposting pada

PEMUTIH gigi alami. Punya gigi putih rapi tentu menjadi idaman semua orang. Lebih-lebih gigi putih rapi dan sehat. Siapa pun akan merasa bangga punya gigi seperti itu.

Tetapi, gigi putih rapi tidak datang begitu saja. Gigi putih harus diusahakan. Harus rajin menyikat gigi, merawat gigi dan menjaga gigi agar tidak mudah sakit.

Banyak cara bisa Anda lakukan untuk membuat gigi tampil putih rapi. Bahkan dengan biaya yang sangat kecil (minim). Cara itu bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Yang penting adalah keinginan, kemauan dan tekad yang kuat untuk menjadikan gigi putih. Anda bisa menggunakan pemutih gigi alami. Jika punya dana yang cukup, Anda bsa memilih cara lain yang lebih berkualitas.

Baca – 8 Peralatan Pemutih Gigi yang Terbaik dan Pemakaian Mudah

Hanya saja, menurut spesialis prosthodonti drg. Andy Wirahadikusumah, memutihkan gigi dengan bahan alami jangan tiap hari. Tujuannya supaya gigi tidak sering ngilu dan menjadi sensitif.

9 Pemutih Gigi Alami Paling Ampuh dan Cara Memakainya

pemutih gigi alami paling ampuh

memutihkan gigi dengan siwak (foto:idntimes.com)

Berikut adalah 8 pemutih gigi alami yang bisa Anda pakai. Dengan menggunakan alat pemutih gigi ini secara teratur, memiliki gigi putih bisa menjadi kenyataan.

1. Menggunaka Siwak – Mengandung Banyak Mineral

Apakah siwak itu? Siwak juga dikenal dengan nama miswak. Bagi umat Islam, pemakaian siwak sangat dianjurkan (sunah) oleh Nabi Muhammad. Selain bisa menyehatkan mulut dan gusi, bersiwak juga bisa Anda gunakan sebagai pemutih gigi.

Siwak dibuat dari pohon Salvadora persica. Kayu siwak mengandung banyak mineral yang bermanfaat untuk kesehatan mulut.

Manfaat siwak antara lain menghambat dan bahkan membunuh bakteri, mengikis plak gigi, mencegah gigi berlubang dan memelihara gusi.

Harga siwak sangat murah. Anda bisa membeli di toko-toko online. Harga siwak beragam sesuai dengan pilihan Anda. Harga siwak mulai Rp 3.000. Harga yang sangat murah.

Baca – 5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan Selamanya

Cara memakainya adalah gosokkan batang siwak secara merata ke gigi. Lakukan 2-3 kali sehari. Anda akan menikmati manfaat siwak.

2. Menggunakan Garam – Bisa Dicampur dengan Bahan Lain

Garam juga bisa Anda gunakan sebagai pemutih gigi alami. Penggunaan garam untuk memutihkan gigi cukup efektif.

Cara membuatnya, ambil air 1 gelas dan masukkan air 1 sendok makan. Lalu aduk pakai sendok sampai semua garam larut dalam air. Gunakan air garam untuk berkumur.

Jika air garam terasa sangat asin sehingga tidak nyaman untuk berkumur, ya tambahkan air lagi. Kandungan antibakteri di dalam garam bisa membasmi kuman penyebab gigi berlubang.

Garam mengandung fosfor, flour, kalium, magnesium, dan natrium yang berperan penting bagi pembentukan gigi, selain menjaga email gigi dari kerusakan.

Untuk memutihkan gigi, Anda bisa menggunakan bahan garam tunggal atau tanpa campuran dengan bahan lain. Tetapi,bisa juga garam dicampur dengan bahan lain. Misalnya garam dan jeruk nipis, garam dan stroberi, garam dengan soda kue, dsb.

3. Pemutih Gigi Alami Arang Kayu Bakar

Anda juga bisa menggunakan arang kayu untuk memutihkan gigi. Arang kayu mengandung alkali yang bisa menghilangkan dan membersihkan noda kuning yang menempel pada gigi.

Tetapi, penggunaan arang kayu untuk memutihkan gigi jangan terlalu sering. Bisa mengikis enamel gigi.
Caranya, ambil sepotong kecil arang kayu, haluskan dan tambah dengan perasan air lemon. Kamu bisa menyikat gigi dengan arang kayu.

Baca – 5 Cara Memutihkan Gigi Menggunakan Odol

Anda bisa mendapatkan arang kayu di toko online. Harganya murah. Rp 15.000 untuk 1 kg arang kayu. Pilih yang cocok.

4. Jeruk Lemon – Bisa Menghilangkan Bakteri

Memilih jeruk lemon sebagai pemutih gigi alami juga bisa. Lemon mengandung asam yang bisa mengangkat bakteri penyebab gigi kuning.

Dengan kadar PH yang seimbang, jeruk lemon juga bisa membuat mulut dan gigi selalu sehat. Caranya, ambil 1 buah lemon segar. Perasan airnya bisa Anda campur dengan baking soda 1 sendok teh.

Aduk kedua bahan itu sampai menyatu. Jadilah pasta untuk mengosok gigi. Gunakan sikat untuk menggosok gigi.

5. Kulit Pisang Bisa Menghilangkan Noda di Gigi

Anda juga bisa memutihkan gigi dengan kulit pisang. Caranya, setelah makan buah pisang, sebaiknya jangan langsung membuang kulitnya. Kulit pisang dapat digunakan untuk membersihkan gigi yang kuning. Caranya, cukup gosokkan kulit pisang ke bagian gigi secara merata sekitar 1 menit.

Kulit pisang bagian dalam mengandung potasium, magnesium dan mangan. Bisa menghilangkan noda gigi. Kandungan vitamin dan mineral ini bisa menguatkan email gigi dan mengurangi sensitivitas gigi.

6. Kulit Jeruk – Lakukan Rutin, Gigi Tampak Putih

Sama dengan kulit pisang, maka kulit jeruk juga bisa Anda gunakan untuk membersihkan dan memutihkan gigi kuning.

Caranya pun hampir sama, yaitu gosokkan kulit jeruk bagian dalam ke bagian gigi secara merata. Lakukan setiap hari agar hasilnya bisa maksimal.

Kulit jeruk mengandung vitamin C, limonene, glukasilat, dan pektin. Semuanya bisa membuat gigi tampak cerah secara alami.

Baca – Cara Memutihkan Gigi Menggunakan Jeruk Nipis

Lakukan cara itu secara rutin, gigi akan tampak putih dan bersih. Termasuk bersih dari karang gigi.

7. Alat Pemutih Gigi Baking Soda

Cara memutihkan gigi yang lain adalah menggunakan baking soda. Baking soda mampu membersihkan noda yang membuat gigi tampak kuning.

Cara menggunakan baking soda juga mudah. Gosokkan pada gigi bermasalah, lalu diamkan 3 – 5 menit. Bersihkan mulut dengan berkumur.

Dari berbagai penelitian diketahui bahwa baking soda memiliki sifat abrasif sehingga bisa menghilangkan noda kuning di gigi.

Selain itu juga bisa mengurangi bakteri dan menstabilkan tingkat keasaman di mulut.

Dengan manfaat yang besar dari penggunaan baking soda untuk menyehatkan gigi, maka kini banyak produsen pasta gigi yang menjadikan baking soda sebagai salah satu bahan pembuatan pasta gigi.

8. Pemutih Gigi Alami Cuka Sari Apel

Sama dengan baking soda, cuka sari apel juga bisa digunakan sebagai penambah cita rasa makanan. Tetapi cuka apel juga bisa dipakai sebagai pemutih gigi alami paling ampuh.

Caranya, siapkan 1 sendok cuka apel, celupkan kapas khusus pada cuka apel, lalu gosok-gosokkan pada gigi secara merata. Lakukan cara ini 1 kali dalam dua hari. Maka, secara bertahap gigi akan tampil putih, bersih dan sehat.

Cuka sari apel mengandung berbagai macam nutrisi yang bisa menghilangkan noda di gigi. Selain itu bisa membunuh berbagai bakteri penyebab gigi kuning, gigi keropos dan gigi berlubang.

Bahkan, secara bertahap noda di gigi akibat merokok atau minum kopi dengan kafein tinggi, bisa hilang.

9. Strawberi Efektif Hilangkan Noda

Anda suka buah strawberi? Jika tidak suka, coba sekarang mulai menyukai strawberi. Rasanya memang sedikit masam. Tetapi, segar. Manfaatnya, mengonsumsi buah strawberi bisa memutihkan gigi secara alami.

Selain itu, mengonsumsi strawberi setiap hari bisa membuat tubuh lebih sehat. Untuk memutihkan gigi, kamu bisa menggosok-gosokkan bagian luar buah strawberi ke gigi. Cara ini cukup efektif untuk mengangkat noda dan kotoran pada gigi kamu.

Baca – 4 Cara Memutihkan Gigi Kuning Yang Membandel

Mengonsumsi strawbery juga bisa menyehatkan mata, meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi nyeri sendi dan asam urat, mencegah kanker, dsb.

Demikian artikel mengenai 9 Pemutih Gigi Alami Paling Ampuh. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *