15 Penghilang Bau Badan dan Bau Ketiak – Bisa Membuat Sendiri

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

PENGHILANG bau badan. Jika badan Anda bau, demikian pula dengan ketiak bau, maka Anda harus segera menghilangkannya. Anda bisa menggunakan cara alami. Mudah dan murah. Anda pasti bisa melakukannya.

Yang penting, cek dulu badan atau ketiak Anda benar-benar menyebarkan bau atau tidak. Sering orang tidak menyadari bahwa badan atau ketiaknya suka menebarkan bau tak sedap.

Mereka tenang-tenang saja. Tetapi, rekan-rekan atau orang lain yang berada di dekatnya atau diajak berkomunikasi merasakan ada sesuatu yang tidak beres. Mereka mencium bau yang tidak sedap. Dari siapa ya ba u itu? Setelah dicari, ternyata dari diri Anda.

Ya, sebelum bau badan atau bau ketiak menyengat ke mana-mana, Anda sebaiknya berusaha menjaga diri agar badan dan ketiak tidak berbau. Umumnya bau menyebar setelah keringat keluar.

Ya, air keringatlah yang membawa petaka itu. Walaupun sebenarnya keringat tidak berbau. Tetapi, setelah air keringat dihisap oleh jutaan bakteri di permukaan tubuh Anda, maka pembuangannya itulah yang membuat air keringat bau.

Bagaimana cara menghilangkannya?

15 Penghilang Bau Badan dan Bau Ketiak dan Rincian Cara Membuatnya

penghilang bau badan

daun sirih (foto:news.lewatmana.com)

Jika kenyataannya sekarang Anda sering berkeringat ketika menjalankan aktivitas di mana pun Anda berada dan keringat Anda berbau, ya cari saja cara mengatasinya. Lalu, solusi apa yang akan lakukan?

Selain menentukan solusinya, Anda juga perlu mencari sumber terjadinya keringat berbau. Lalu, apa yang bisa Anda lakukan supaya keringat badan ataupun keringat ketiak tidak bau?

Di sini ada banyak penghilang bau badan sekaligus penghilang bau ketiak alami yang bisa Anda jalankan. Caranya mudah, murah, dan Anda bisa melaksanakan sendiri.

Setelah itu, Anda pun bisa kembali berkumpul atau bercanda ria bersama siapa pun tanpa khawatir akan menebar bau tidak sedap. Anda pun bisa berteriak sekeras-kerasnya “Saya bebassss” sambil berlari dengan kedua tangan ke atas.

15 Makanan dan Rempah Penghilang Bau Badan dan Ketiak

1. Air rebusan daun sirih. Ambil beberapa lembar daun sirih, cuci bersih, lalu direbus hingga airnya mendidih dan tinggal sepertinya. Setelah air rebusan dingin, Anda bisa meminumnya.

2. Kapur sirih dengan jeruk nipis. Ambil kapur sirih, lalu beri air perasan jeruk nipis. Diaduk biar tercamur, hasilnya bisa Anda oleskan pada ketiak, sumber keluarnya bau ketiak/bau badan.

3. Minuman air cengkih. Ya, mirip membuat minuman teh. Siapkan air matang, masukkan bahan cengkih dan tunggu sampai cengkih mengembang. Airnya pun akan berubah warna dan siap untuk Anda minum.

4. Daun kemangi. Daun ini punya bau khas yang bisa menghilangkan bau tak sedap. Sering dibuat lalapan saat makan nasi tumpeng. Tetapi, Anda juga bisa menggunakannya sebagai cara menghilangkan bau badan atau penghilangkan bau ketiak alami.

5. Minuman jahe. Anda bisa membuat minuman jahe. Rasanya hampir mirip dengan minuman serbat. Ada rasa agak pedas. Tetapi, banyak juga orang minum jahe biar tidak mengantuk. Anda bisa menggunakan jahe langsung dioleskan ke sumber keluarnya keringat bau dari ketiak/badan.

6. Daun beluntas. Anda juga bisa membuat minuman daun beluntas seperti halnya membuat minuman teh. Daun beluntas dikeringkan, lalu dilembutkan dan taburkan di air matang satu gelas.

Tetapi, Anda juga mengonsumsi langsung seperti mengonsumsi daun kemangi. Daun beluntas mengandung minyak atsiri yang menyebarkan bau harum sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri dalam keringat.

7. Ramuan temulawak. Caranya, ambil 10 gram temulawak kering, cuci bersih, lalu direbus. Sisakan 1/3 air rebusan untuk Anda minum. Tentu saja setelah air rebusan dingin. Bisa juga, Anda ambil beberapa rimpang temulawak, bersihkan, lalu diparut. Hasilnya diperas dengan air matang, lalu air perasan Anda minum. Anda bisa menambahkan madu untuk mengurangi rasa pahit temulawak.

Menghilangkan Bau Badan dengan Jeruk Purut, Bawang Putih, Jeruk Nipis….

8. Bunga kecombrang. Kandungan zat sapomin, flavoinoida, dan polifenol dalam daun/bunga kecombrang bisa menghilangkan bau badan. Cara menggunakannnya, bahan kecombrang bisa dimasak khusus atau dimasak bersama sayuran lain, lalu dikonsumsi. Ada juga bunga kecombrang dimasukkan bak mandi untuk mandi.

9. Minuman jeruk purut. Caranya, ambil kulit jeruk purut dan sebatang kencur. Keduanya dihaluskan jadi satu dengan ditambah air secukupnya. Hasilnya bisa Anda minum hingga bau badan menghilang.

Jeruk purut mengandung minyak atsiri yang harum baunya. Sering digunakan menambah bau harum masakan. Bentuk jeruk ini mirip jeruk nipis/jeruk lemon. Kulitnya tampak keriput, meski jeruk masih muda.

10. Oleskan perasan jeruk nipis dan kapur. Caranya, Anda ambil jeruk nipis dan peras airnya. Tambahkan kapur yang sudah dilembutkan. Setelah kedua bahan bercampur jadi satu, hasilnya Anda oleskan pada ketiak bau dan biarkan sampai kering. Lakukan tiap hari sampai bau badan dan bau ketiak tidak muncul lagi.

11. Pakai masker ketimun/mentimun. Caranya, potong kecil-kecil buah mentimun/timun lalu diblender menjadi jus timun. Hasilnya Anda simpan di kulkas. Dengan bahan kapas, Anda bisa gunakan jus mentimun untuk dioleskan pada ketiak atau bagian badan yang keringatnya bau.

Bawang Putih dan Cuka Putih

12. Bawang putih. Caranya, ambil beberapa bawang putih dan lembutkan. Hasilnya Anda oleskan pada tubuh yang mengeluarkan bau tidak sedap. Tunggu sampai setengah jam hingga kandungan bawang putih meresap pada tubuh Anda. Barulah Anda mandi. Dengan kandungan antioksidan, olesan bawang putih bisa menghentikan bakteri yang membuat terjadinya bau badan.

13. Oleskan cuka putih. Penghilang bau badan dan penghilang bau ketiak lainnya adal cuka putih. Caranya, ambil kapas dan teteskan cuka putih pada kapas yang Anda sediakan. Selanjutnya, dengan kapas itu Anda mengoleskan cuka pada ketiak dan bagian badan yang sering bau. Biarkan sampai kering dan ulangi tiap hari sampai bau badan/ketiak hilang. Anda juga bisa menggunakan cuka apel.

14. Rebusan daun jambu. Ini juga cara ampuh untuk menghilangkan bau badan atau bau ketiak. Ambil beberapa lembar daun jambu biji, lembutkan, lalu rebus untuk dijadikan minuman. Minum tiap hari sampai bau badan hilang. Daun jambu biji mengandung tanin, vitamin, minyak atsiri, asam guajaverin, dan asam oleanolat. Semuanya bisa membantu menyegarkan tubuh.

Baca Juga: Menghilangkan Bau Badan dengan Daun Sirih dan Jeruk Nipis

15. Campuran baking soda dan jeruk nipis. Siapkan 1 sendok baking soda dan 1 sendok perasan jeruk nipis. Campurkan kedua bahan itu dan oleskan pada ketiak. Setelah didiamkan 10 menit, Anda bisa membilasnya dengan air bersih. Lakukan tiap hari. Baking soda mampu menyerap keringat dan membunuh bakteri penyebab bau badan.

Hindari Makanan Penyebab Bau Badan dan Bau Ketiak

Selain menggunakan berbagai ramuan penghilang bau badan dan bau ketiak, Anda juga perlu menghindari makana atau minuman tertentu. Di sisi lain, Anda perlu mengonsumsi makanan yang bisa menghilangkan bau badan.

Antara lain menghindari konsumsi makanan penyebab bau badan. Misalnya:

1.Rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, dan kari. Bisa menghasilkan bau tak sedap di mulut dan badan.

2. Daging merah seperti daging kambing, sapi, kerbau, dsb. Daging merah tidak mudah dicerna, sehingga racun dan bau busuk dilepas. Maka timbullah bau keringat. Sebuah penelitian menyatakan pria bukan pemakan daging tak pernah ada bau tak sedap dari badannya.

3. Aneka gorengan dengan banyak lemak juga bisa menyebabkan bau badan tidak sedap. Sebab, gorengan membuat pemrosesan di pencernaan tidak bisa lancar.

4. Merokok juga bisa menyebabkan bau badan tidak sedap. Bahkan, bau badan akibat merokok masih berlangsung berhari-hari, meski Anda sudah berhenti merokok.

5. Minum alkohol dan minuman berkafein juga bisa membuat bau badan/ketiak tidak sedap. Minuman yang mengandung kafein antara lain minuman kopi, minuman teh, cokelat, soda, dsb.

Sebaliknya, Anda yang sering mengonsumsi buah-buahan akan membuat badannya tidak berbau. Begitu pula Anda yang suka mengonsumsi sayuran hijau, rajin mengonsumsi air putih, mengenakan pakaian yang bisa menyerap air keringat seperti kain katun, sering berganti pakaian dan sering mencuri pakaian dengan menggunakan pengharum, .

Demikian artikel sajian tanpadiabetes.com mengenai penghilang bau badan dan penghilang bau ketiak yang bisa Anda buat sendiri. Bagaimana, Anda siap menghilangkan bau badan dan bau ketiak secara alami?