Penyakit Jantung – Empat Hal Harus Anda Waspadai

Diposting pada

PENYAKIT jantung termasuk salah satu penyakit yang merenggut banyak jiwa. Jika tidak hati-hati, Anda bisa kena penyakit jantung. Hal yang Anda harus perhatikan adalah apa yang Anda konsumsi tiap hari.

Hal ini sangat penting untuk Anda perhatikan karena sebagian besar penderita sakit jantung disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Dengan kemajuan perekonomian di Indonesia sekarang, banyak orang mengalami perubahan gaya hidup dan pola makan.

Selain karena kelainan yang ada pada organ jantung, penyakit jantung umumnya justru diakibatkan oleh gaya hidup dan kebiasaan makan.

Hati-hati, Penyakit Jantung Juga Penyebab Kematian Tertinggi

penyakit jantung

(foto:alodokter.com)

Menurut Centers for Disease Control (CDC) sebagimana dikutip CNN Indonesia, di negara-negara maju seperti Inggris, Amerika Serikat, Kanada, dan Australia, penyebab utama kematian adalah sakit jantung.
Di Amerika Serikat bahkan satu dari empat kematian adalah diakibatkan oleh sakit jantung.

Baca – Pakai Alat Penyangga Punggung biar Tak Bungkuk

Bagaimana di Indonesia?

Di negeri kita, Indonesia, penyakit jantung juga merupakan penyebab kematian tertinggi. Ini berdasarkan hasil riset kesehatan dasar (Riskendas) tahun 2018 lalu. Prevalensi penyakit jantung di Indonesia bahkan mencapai 1,5 persen.

Penyebab seseorang terkena penyakit jantung kebanyakan karena gaya hidup yang tidak sehat. Yakni, suka merokok, kegemukan (obesitas), mengonsumsi makanan yang tidak sehat, dan memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

Jika Anda ingin sehat dan bisa hidup sampai kakek-nenek dengan usia sampai 70-an tahun, 80-an tahun atau lebih, ya Anda harus menjalani pola hidup sehat.

Artinya, Anda harus selalu melakukan cara hidup sehat. Misalnya tidak sering merokok, mabuk-mabukan, malas bergerak, malas berolahraga, dsb.

Baca – 5 Makanan Cepat Saji Aman bagi Diabetes

Selain itu, Anda juga harus menjalani pola makan yang sehat. Yakni, hanya mengonsumsi makanan yang sehat. Bukan sebaliknya, mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

4 Hal Harus Anda Lakukan biar Bebas dari Ancaman Penyakit Jantung

Ada 4 hal yang harus Anda lakukan agar tubuh selalu sehat. Ke-4 hal itu adalah:

1. Mengonsumsi Makanan yang Membuat Anda Sehat

Supaya tubuh tetap sehat, ya Anda harus selalu mengonsumsi makanan sehat. Makanan yang bisa membuat Anda sehat, yakni:

a). Konsumsi makanan kaya nutrisi. Bukan makanan tinggi kalori.

b). Kurangi mengonsumsi minuman kaleng dengan pemanis buatan yang banyak mengandung kalori kosong dan tinggi bahan pengawet.

c). Perbanyak makan sayur dan buah rutin biar jantung Anda selalu sehat. Perbanyak juga minum air putih.

d). Jika Anda suka makan camilan (makanan ringan), ganti dengan kacang-kacangan. Sebab, kacang-kacangan mengandung protein dan lemak sehat.

2. Rajin Menjalani Olahraga

Berapa kali Anda melakukan olahraga tiap minggu?

Jika tidak pernah, coba rencanakan lagi untuk rutin berolahraga. Setidaknya dalam seminggu, Anda berolahraga 4 kali.

Tidak perlu olahraga berat. Apalagi jika Anda orang sibuk atau sudah berusia lanjut. Jalan kaki keliling kompleks perumahan sudah cukup. Ajak pasangan atau teman biar jalan kaki pagi terasa nyaman / menyenangkan.

Baca – Apakah Venner Gigi Dapat Dilepas?

Melakukan senam juga bisa. Baik sendirian, bersama orang serumah atau bersama warga satu kompleks perumahan. Atau bersama teman di kantor.

Pendek kata, jangan malas berolahraga biar jantung Anda tetap sehat dan Anda diberi umur panjang.

3. Stop Merokok dan Mengonsumsi Minuman Keras

Anda sebaiknya berhenti merokok. Dengan pertimbangan apa pun, merokok tetap berakibat buruk pada kesehatan Anda. Demikian pula mengonsumsi minuman keras atau minuman memasukkan.

Banyak akibat buruk yang bakal Anda dapatkan karena suka merokok atau minum minuman keras
Banyak dampak buruk yang disebabkan oleh merokok. Misalnya kanker mulut, paru-paru, hingga sakit jantung.

Pendek kata, merokok dan mengonsumsi minuman keras bisa membawa akibat buruk untuk kesehatan. Bahkan, tidak jarang akibatnya bisa fatal, yakni berujung kematian

4. Turunkan Berat Badan Berlebihan

Jika sekarang ini berat badan Anda tinggi dengan tubuh yang gemuk, maka turunkan biar Anda selalu sehat. Kegemukan (badan gemuk) atau obesitas bisa memicu terjadinya sakit jantung atau stroke (penyakit kardiovaskular).

Baca – Cara Mudah Menghilangkan Bau Ketiak dengan Timun

Orang dengan tubuh yang gemuk mudah terkena penyakit jantung koroner. Menurut American Heart Association, badan gemuk bisa meningkatkan gangguan detak jantung stroke, gagal jantung, diabetes, dan pembekuan darah.

Oleh sebab itu, mulai sekarang turunkan berat badan Anda. Batasi porsi makan, banyak minum air putih, rajin olahraga, hindari konsumsi cemilan yang membuat tubuh gemuk, dsb.

Sekian artikel mengenai sakit jantung dan bagaimana cara menghindarinya. Waspadalah. Semoga Anda tetap sehat, terhindar dari sakit jantung. Hidup tanpa diabetes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *