Categories: Berita Kesehatan

7 Penyebab Asam Lambung Naik dan Cara Mengatasinya

PENYEBAB asam lambung naik dan cara mengatasinya. Bagi penderita yang ingin menyembuhkan penyakitnya, tentu mereka perlu tahu apa penyebab asam lambung naik.

Tentu saja, setelah tahu penyebab asam lambung, penderita harus menghindari penyebab itu. Dengan meninggalkan penyebabnya, maka asam lambung bisa diatasi. Secara bertahap, penyakit lambung itu akan meninggalkan Anda.

Jadi, ada dua hal yang perlu Anda lakukan supaya bisa sembuh dari sakit asam lambung. Yakni, tahu apa saja penyebab asam lambung naik dan berusaha mengatasi atau menghindarinya.

Misalnya, Anda menderita penyakit kelebihan asam di lambung karena badan terlalu gemuk. Maka, cara mengatasi sakit asam lambung adalah menurunkan berat badan sampai ke tingkat yang normal.

Tetapi, Anda juga bisa menyembuhkan penyakit asam lambung (maag) dengan kunyit.

Daftar Penyebab Asam Lambung Naik dan Cara Mengatasinya

Berikut ini beberapa penyebab terjadinya penyakit asam lambung yang sepatutnya Anda ketahui.

Penyebab Asam Lambung Naik dan Cara MengatasinyaPenyebab Asam Lambung Naik dan Cara Mengatasinya

1. Otot Bawah Kerongkongan Melemah

Penyebab utama penyakit asam lambung adalah otot bagian bawah kerongkongan (lower esophageal sphincter, LES) melemah. Bentuk otot ini seperti cincin, yang bisa membuka dan menutup saluran kerongkongan.

Ketika Anda makan, misalnya, otot LES mengendur. Semua makanan dari kerongkongan bisa masuk ke dalam lambung. Setelah semua makanan masuk ke lambung, otot LES menegang dan menutup.

Tetapi untuk penderita sakit asam lambung (GERD), otot LES melemah dan tidak bisa menutup. Akibatnya, isi lambung dan asam lambung naik ke kerongkongan.

2. Obesitas (kegemukan)

Hati-hati jika berat tubuh Anda melebihi ukuran normal alias Anda mengalami kegemukan (obesitas). Sebab, obesitas bisa menyebabkan refluk asam atau asam lambung. Bahkan bisa menyebabkan kematian.

3. Kehamilan.

Ibu hamil juga harus hati-hati supaya tidak kena penyakit lambung. Penyebabnya adalah perubahan hormon selama hamil yang menyebab pencernaan bekerja lambat.

Oleh karena itu, ibu hamil perlu menghindari makanan minuman yang bisa menyebabkan perut mulas. Misalnya, cokelat, makanan berlemak dan pedas, jeruk, tomat, kafein dan minuman berkarbonasi.

4. Usia lanjut.

Orang berusia lanjut sering minum obat untuk kesehatannya. Tetapi, sering minum obat bisa menyebabkan otot katup tenggorokan lemah. Akibatnya, mereka menderiya penyakit refluk asam atau sakit lambung.

5. Scleroderma, yaitu suatu penyakit pada jaringan ikat.

6. Hernia hiatus, yaitu masuknya bagian lambung ke rongga dada.

7. Gastroparesis, yaitu melemahnya otot dinding lambung sehingga pengosongan lambung melambat.

6 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Ada banyak cara bisa Anda lakukan untuk mengatasi asam lambung naik. Anda bisa melakukan sendiri cara menyembuhkan sakit lambung atau maag. Tetapi, jika kondisi penyakitnya sudah berat, ya Anda sebaiknya kunjungi dokter.

1. Makan Selalu Tepat Waktu

Anda sebaiknya selalu makan tepat waktu sesuai dengan jadwal yang Anda tetapkan. Misalnya waktu sarapan pagi pukul 7.00, makan siang pukul 12.15, dan makan maam pukul 17.00. Anda harus penuhi jadwal waktu makan seperti itu.

2. Jangan Makan Menjelang Tidur

Selesai makan malam ataupun makang siang jangan langsung tidur. Tetapi, jarak makan dan tidur edikitnya 2 jam. Sebab, makan seperti ini bisa memicu terjadinya asam naik ke tenggorokan ketika tidur.

3. Jangan Ngemil di Antara Waktu Makan

Sebaiknya Anda tidak ngemil di antara waktu makan. Cara ini bisa memberati tugas pencernaan. Pencernaan bisa mendapati kesulitan mencerna makanan yang Anda konsumsi. Apalagi jumlah atau porsinya besar.

4. Makan dengan Porsi Lebih Kecil

Porsi makanan hendaknya diturunkan. Biasa makan dalam porsi satu piring penuh, kini ambil dua pertiga dari kebiasaan. Cara ini bisa membuat Anda sehat, khususnya untuk pencernaan. Lebih baik makan 5 kali sehari dengn porsi kecil dibanding makan 3 kali dengan porsi besar.

Selain itu, makan porsi besar bisa memicu refluks. Mengonsumsi cemilan juga sembarangan. Pilih cemilan yang sehat.

5. Mengunyah Makanan secara Benar.

Anda sebaiknya selalu mengunyah makanan sampai lembut. Cara ini bisa membantu enzim pencernaan dalam mengolah dan mencerna makanan. Risiko asam lambung naik atau gejala GERD makin berat bisa dihindari.

6. Jangan Minum Air Terlalu Banyak

Minum air putih terlalu banyak ketika sedang makan adalah cara yang tidak baik. Minum terlalu banyak di tengah makan akan membuat asam di lambung mencair.

Baca – Cara Menghilangkan Bau Ketiak

Selain itu membuat makanan yang sudah dikonsumsi tidak mudah dicerna.

Demikian artikel mengenai penyebab asam lambung naik dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Recent Posts

Pengalaman Menghindarkan Diri dari Virus Corona di China

CERITA menarik dari wanita Malaysia yang pernah bertahan di China, ketika wabah virus corona (covid-19)…

6 hari ago

12 Deodorant yang Bagus untuk Keringat Berlebih pada Wanita

PUNYA ketiak berbau tidak sedap tentu tidak nyaman. Anda akan merasa risi jika berkumpul atau…

7 hari ago

5 Cara Praktis Bersih-bersih di Rumah untuk Menghalau Corona

DI tengah maraknya wabah corona yang telah memakan korban jiwa ribuan orang, Anda sebaiknya selalu…

1 minggu ago

Soyjoy, Cemilan Terbaik untuk Penderita Diabetes

SOYJOY untuk penderita diabetes. Soyjoy crispy adalah snack atau cemilan sehat untuk Anda yang punya …

1 minggu ago

12 Cemilan Sehat untuk Penderita Diabetes – Gula Darah Stabil

PENDERITA diabetes tidak boleh makan sembarangan, baik jenis maupun ukurannya. Demikian pula untuk mengonsumsi cemilan.…

1 minggu ago

4 Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi Pepsodent dan Garam

ANDA juga bisa menggunakan cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi Pepsodent dan garam. Tentu saja,…

1 minggu ago