18 Penyebab Badan Kurus dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

PUNYA badan kurus tentu tidak nyaman. Bisa dikatakan Anda kurang makan. Padahal, nafsu makan biasa saja. Tiap hari selalu makan kenyang. Apa penyebab badan kurus?

Ada banyak penyebab mengapa badan seseorang kurus. Antara lain karena keturunan, kekurangan nutrisi, atau karena adanya penyakit tertentu yang kemudian menjadikan badan kurus.

Maka, jika tubuh Anda tergolong kurus, Anda perlu tahu apa penyebab badan kurus. Setelah tahu penyebabnya, lalu Anda perlu mengatasinya biar tubuh Anda tidak kurus.

Sebab, badan kurus yang dibiarkan tanpa usaha mengatasinya, kian lama bisa merusak kesehatan Anda. Kekebalan tubuh juga menurun sehingga mudah kena penyakit.

Baca – Cara Meningkatkan Berat Badan Usia 20 Tahun Lebih 

Tidak hanya itu. Tubuh kurus yang dibiarkan juga bisa menyebabkan tulang keropos (osteoporosis, anemia, kurang energi, dan gangguan kesuburan.

Penyebab Badan Kurus dan Cara Mengatasinya

penyebab badan kurus

Lantas, apa saja penyebab badan kurus? Ini sangat penting kita ketahui supaya kita bisa mengatasinya dengan tepat. Bahkan, akhirnya kita bisa meningkatkan berat badan kita. Kita tidak lagi berbadan kurus.

Penyebab badan kurus antara lain:

1. Akibat Keturunan atau Genetik

Badan kurus adakalanya akibat orang tua juga berbadan kurus. Jadi, badan kurus terjadi akibat keturunan. Orang tuanya kurus, anaknya juga berbadan kurus.

Metabolisme yang tinggi juga menyebabkan seseorang berbadan kurus. Dari segi kesehatan, badan kurus akibat keturunan tidak masalah. idak ada yang pelu dikhawatirkan.

2. Bekerja dengan Keras

Bekerja keras tidak mengenal lelah atau olahraga yang terlalu aktif juga bisa menyebabkan badan kurus. Sebab, dengan berbagai aktivitas berat, dan banyak kalori terbakar. Sementara, asupan yang diterima lebih rendah.

Baca – Susu Penambah Berat Badan Untuk Anak-anak

3. Adanya Penyakit Tertentu

Menderita penyakit tertentu juga bisa menyebabkan badan kurus. Berat badan mereka turun akibat penyakit yang dideritanya seperti diabetes, gangguan pencernaan, kanker, dsb.

4. Diet yang Ekstrem

Diet yang ekstrim juga dapat mengakibatkan badan Anda kurus. Mereka makan terlalu sedikit, tidak sesuai dengan kebutuhan badan. Ya, asupan nutrisinya rendah. Maka, jadilah mereka berbadan kurus.

5. Mengonsumsi Obat Tertentu

Mengonsumsi obat juga bisa mengakibatkan tubuh seseorang kurus. Penderita kanker yang menjalani kemoterapi juga bisa berakibat malas makan (nafsu makan turun).

Atau mengonsumsi obat-obat tertentu juga bisa menyebab kurus.

6 Menderita Stres dan Depresi

Menderita stress dan deprtesi yang berkepanjangan juga bisa mengakibatkan badan kurus. Orang yang stres berat atau depresi membuat mereka malas makan. Bahkan, juga sulit tidur.

7. Makan Tidak Teratur

Makan tidak teratur juga bisa menjadi penyebab badan kurus. Selain itu, makan tidak teratur juga bisa mengakibatkan sakit maag.

Maka, makan teratur pada waktunya perlu Anda perhatikan supaya pencernaan dan lambung tetap sehat.

8. Kurang Mengonsumsi Kalori

Kurang konsumsi kalori juga bisa menyebabkan badan kurus. Makanan berkalori tinggi, misalnya aneka kacang, cracker, buah, roti gandum panggang, selai kacang, dan sebagainya.

Bagaimana Cara Mengatasi Badan Kurus

Sekarang, bagaimana cara mengatasi badan kurus dan menaikkan berat badan?

Tentu saja, yang dimaksud dengan menaikkan berat badan adalah dengan cara yang sehat. Bukan asal berat badan naik. Misalnya dengan mengonsumsi makanan cepat saji, junk food, dsb.

Makanan-makanan itu memang lezat dan bisa membuat cepat gemuk. Tetapi, makanan tidak sehat. Sebab, junk food mengandung banyak lemak, gula, dan garam. Di belakang hari bisa mengganggu kesehatan Anda.

Cara terbaik untuk mengatasi badan kurus antara lain:

1. Perbanyak konsumsi sayur, buah, roti gandum, keju, kacang-kacangan, dsb.

2. Makanan yang dimasak menggunakan minyak canola atau biji buna matahari.

3. Memperbanyak konsumsi protein tinggi. Misal telur, daging, ikan, susu, ataupun biji-bijian.

4. Tingkatkan konsumsi karbohidrat. Antara lain nasi, kentang, singkong, ubi jalar, gandum, makanan dengan menggunakan tepung.

5. Konsumsi lemak yag baik juga bisa meningkatkan berat badan. Antara lain minyak sayur, kelapa, ikan, jagung, dan masih banyak lagi.

6. Pilih makanan yang bernutrisi tinggi. Misal daging, ikan, atau telur.

7. Untuk cemilan, pilih semilan yang sehat: mengandung protein dan karbohidrat sehat.

8. Olahraga, terutama yang bisa membangun kekuatan dan massa otot seperti yoga.

9. Perbanyak minum air putih, 6 – 8 gelas air per hari. Tetapi jangan banyak minum sebelum makan. Minum sebelum makan dapat menimbulkan rasa kenyang sehingga makannya hanya sedikit.

10. Minum susu juga termasuk cara mengatasi badan kurus. Tidak hanya susu, makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan susu juga bisa dikonsumsi. Misal yogurt, puding, dan bahkan es krim.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *