Penyebab Bau Ketiak dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

TIDAK ingin punya ketiak bau? Jika ya, kenali penyebab bau ketiak dan cara mengatasinya. Dengan cara itu, Anda bisa bebas dari ketiak berbau.

Mengapa ketiak bisa menebar bau tidak sedap? Dari mana asalnya dan apa penyebabnya?

Sesungguhnya keringat di ketiak tidak berbau. Bakteri pada kulit tubuh yang membuat keringat bau. Bakteri yang mengubah keringat menjadi asam dan menebar bau tidak sedap.

Ketiak merupakan salah satu tempat bakteri jahat berkembang biak karena kondisinya yang lembap dan kaya nutrisi. Berkembang biaknya bakteri pada ketiak pun berjalan dengan cepat.

Selain itu, keringat juga bisa menimbulkan bercak-bercak di baju dekat ketiak. Jika Anda ingin punya ketiak bebas dari bau, berikut ini cara mudah yang bisa Anda lakukan.

Penyebab Lain dari Bau Ketiak dan Cara Mengatasi 

penyebab bau ketiak

brokoli penyebab bau ketiak (foto:kumparan.com)

Selain akibat adanya bakteri jahat, bau ketiak juga bisa disebabkan oleh banak hal.

Penyebab Bau Ketiak

1. Sering Merokok

Kebiasaan merokok bisa menjadi penyebab bau ketiak. Asap dari orang merokok dan aroma rokok akan menempel di baju dan badan.

Kian lama makin menebal. Makin lama, bau keringat dari ketiak mulai menebarkan bau tidak sedap.

2. Menderita Penyakit Diabetes

Bau ketiak juga bisa disebabkan oleh penyakit tertentu. Misalnya penyakit diabetes. Bau menyengar dari ketiak terjadi akibat organ tubuh tidak bekerja secara baik dalam mengatasi bau ketiak.

Anda sebaiknya selalu mengatur pola hidup biar Anda selalu sehat dan tidak mudah kena penyakit.

3. Mengonsumsi Makanan Penebar Bau

Ada makanan yang rasa dan baunya menyengat. Misalnya bawang, rempah-rempah dan fast food. Anda sebaiknya menghindari menghindari konsumsi makanan-makanan itu dalam kondisi mentah biar bau ketiak kamu tidak menebarkan bau tidak sedap.

3. Berat Badan Tinggi

Berat badan yang tinggi juga bisa menyebabkan Anda mudah lelah. Apalagi Anda tidak pernah berolahraga. Ini membuat tubuh Anda mudah berkeringat, bahkan keringat bau tak sedap di ketiak.

Cara Mengatasi Bau Ketiak

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara mengatasi bau ketiak dengan baik? Maksudnya, cara yang efektif dan benar-benar bisa menghilangkan bau ketiak.

Tentu saja, banyak cara bisa Anda lakukan. Antara lain dengan membatasi makanan yang bisa membuat ketiak bau. Cara mengatasi bauk ketiak lainnya dengan baking soda, mentimun, dsb.

Berikut ini makanan yang harus Anda batasi konsumsinya karena bisa menyebabkan terjadinya bau ketiak:

1. Sayuran yang Mengandung Sulfur

Sayuran yang mengandung sulfur (belerang) dan bisa menyebabkan ketiak bau adalah brokoli, kubis, dan kembang kol. Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi ketiga sayuran itu dalam kondisi mentah.

Bau sulfur akan muncul setelah satu jam Anda mengonsumsi sayuran yang dimaksud.

Tetapi, ke-3 sayuran itu berkhasiat bisa melawan banyak penyakit. Oleh karena itu, jika Anda mengonsumsi ke-3 sayuran itu, Anda perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi sayuran lain yang tidak banyak sulfurnya. Misalnya labu, ubi, terong, jeruk, dan buah persik.

2. Bawang Merah dan Putih

Mengonsumsi makanan yang menebarkan bau menyengat juga bisa membuat ketiak Anda berbau. Contohnya mengonsumsi bawang putih dan bawang merah.

Minuman kopi dan ikan kalengan juga bisa menyebabkan bau. Baik bau di mulut atau bau dari tubuh melalu keringat, termasuk dari ketiak.

Cara mengatasi bau usai mengonsumsi bawang putih, bawang merah, dan ikan kaleng adalah rajin menggosok gigi dan minum air putih. Cara ini bisa membersihkan partikel dan bakteri setelah mengonsumsi makanan-makanan itu.

Hal yang sama bisa terjadi setelah Anda mengonsumsi telur dan ikan. Selain menyikat gigi dan banyak minum air putih, Anda juga bisa mengatasi bau ketiak dan bau badan dengan menggunakan sabun mandi khusus.

3. Banyak Minum Alkohol

Minum alkohol yang berlebihan juga bisa menjadi penyebab ketiak bau. Selain itu, minum alkohol juga bisa membuat mulut kering (air ludah berkurang).

Kondisi ini bisa menyebabkan banyak sel di mulut mati. Karena sedikitnya produksi air liur (ludah), maka sel-sel mati tidak bisa terbuang cepat.

Akibatnya, muncul bau tak sedap dari mulut, dari nafas dan dalam keringat. Baik pada air keringat di ketiak atau bagian tubuh lainnya.

4. Makanan Lain

Makanan lain yang juga bisa menyebabkan ketiak bau adalah daging merah, ikan terutama ikan tuna dan salmon, makanan siap saji (junk food) karena tinggi kandungan gula dan karbohidrat.

Semoga artikel mengenai penyebab ketiak bau dan cara mengatasinya ini bermanfaat untuk Anda semua. Anda bisa bebas dari bau ketiak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *