Kenali Penyebab Darah Tinggi dan Pastikan Cara Pengobatannya

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

KENALI penyebab darah tinggi Anda satu persatu. Ini adalah cara efektif (jitu) untuk menyembuhkan atau menurunkan darah tinggi. Ibarat orang menembak. Dengan cara ini, Anda bisa mengobati darah tinggi tepat sasaran. Bukan asal mengobati.

Sebagai ilustrasi saya ingin menceritakan pengalaman pribadi. Saya punya darah tinggi sudah 27 tahun. Sangat hapal perilaku darah tinggi. Oleh karena sudah hapal perilakunya, 4 tahun belakangan tensi darah saya selalu normal.

Saya bisa mengatur kapan saya boleh mengonsumsi aneka gorengan. Kapan saya harus membatasi diri saat mengonsumsi aneka gorengan. Saya harus menghindari makanan gorengan.

Ini bermula dari 7 tahun lalu. Setiap hari raya Idul Fitri saya datang ke rumah orang tua. Menu utama tiap Idul Fitri adalah lontong opor. Saya pun selalu menikmati makanan khas hari raya itu bersama istri dan anak-anak.

Tetapi, beberapa tahun belakangan saya selalu jatuh sakit akibat tensi darah naik tinggi sepulang dari berhari raya di tempat orang tua. Saya pun bertanya-tanya, apa yang salah dengan cara makan sehingga tensi darah selalu naik tinggi usai berlebaran di tempat orang tua? Apakah karena saya mengonsumsi lontong opor?

Mengonsumsi Kuah Santan Kelapa Penyebab Darah Tinggi, Benarkah?

penyebab darah tinggi

(sumber:jaehyungp.tistory.com)

Pada mulanya tidak ada masalah dengan mengonsumsi lontong opor. Meskipun saya sudah menderita darah tinggi (hipertensi) sejak usia 41 tahun. Selama bertahun-tahun saya selalu berhari raya dengan makanan khas lontong opor tanpa ada masalah dengan kesehatan diri saya.

Tetapi, suatu saat sepulang dari silaturahmi di tempat orang tua, saya jatuh sakit akibat tensi darah naik tinggi. Saya harus beristirahat beberapa hari. Tentu saja, saya juga periksa ke dokter.

Setelah mengonsumsi obat darah tinggi dari dokter, saya kembali sehat dan beraktivitas seperti biasa. Ya, saya kembali menjalani rutinitas kerja dengan tetap memperhatikan kesehatan diri.

Ketika hari raya Idul Fitri tahun berikutnya tiba, saya pun kembali bersilaturahmi ke tempat orang tua. Menu masakan yang disajikan sama. Menu utama adalah lontong opor sebagai sajian tradisi.

Ternyata, peristiwa tahun lalu kembali berulang. Sepulang dari rumah orang tua, saya kembali jatuh sakit. Tensi darah saya kembali naik tinggi dan membuat saya harus beristirahat, periksa dokter dan minum obat penurun darah tinggi.

Saya baru tersadar untuk mengetahui apa penyebab darah tinggi yang saya alami setelah jatuh sakit pada ketiga kalinya. Setelah menelisik berbagai kemungkinan penyebabnya, akhirnya saya menduga kuat bahwa penyebab darah tinggi saya sekarang mudah kambuh adalah akibat mengonsumsi makanan dengan kuah santan kelapa.

Yang menjadi penyebab bukan makanannya, baik lontong ataupun ketupatnya. Tetapi, penyebab utama tensi darah naik tinggi adalah mengonsumsi kuah santan kelapa.

Tentu saja, dugaan bahwa mengonsumsi santan kelapa sebagai penyebab tensi darah tinggi bukanlah faktor tunggal. Artinya, penyebab tensi darah saya naik tidak hanya diakibatkan oleh konsumsi kuah santan kelapa.

Sebab, tensi darah saya naik setelah mengonsumsi lontong opor terjadi setelah usia menginjak 60 tahun. Sebelumnya, selama 20 tahun mengonsumsi lontong opor dalam kondisi punya darah tinggi tidak membuat tensi darah saya naik.

Lalu, faktor lain apa yang membuat tensi darah saya naik? Saya menduga kuat karena usia lanjut, yakni sudah mencapai 60 tahun lebih. Kondisi ini membuat daya tahan tubuh saya menurun sehingga tensi mudah naik tinggi saat terdapat pemicunya, yakni makanan santan kelapa.

Terapi Terbaik untuk Penyakit Darah Tinggi bagi Penderita Usia Lanjut

Kandungan santan kelapa yang tidak baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi adalah lemak 57 gram per satu gelas. Jumlah ini cukup banyak. Apalagi, kebanyakan lemak dalam santan kelapa adalah lemak jenuh. Lemak jenuh ini didapat dari kandungan asam laurat dalam minyak kelapa yang ada pada santan.

  • Baca Juga: 7 Cara Mengobati Diabetes Melitus dengan Cepat

Kandungan lain dalam santan kelapa adalah protein, zat besi, zinc, dan folat. Protein diperlukan untuk memperbaiki jaringan yang rusak dan membangun jaringan baru.

Sementara, kandungan kaliumnya 631 mg untuk santan kelapa satu gelas. Untuk kandungan natriumnya hanya 36 mg atau kurang dari 2% kebutuhan yang seharusnya dipenuhi.

Jadi, hanya kandungan lemak yang bisa berpengaruh buruk untuk kesehatan Anda jika konsumsinya berlebihan. Yakni, bisa menyebabkan tensi darah naik.

Tentu saja, faktor kandungan lemak belum cukup untuk memastikan bahwa konsumsi kuah santan opor adalah penyebab tensi darah naik. Sebab, sebelum berusia 60 tahun, saya mengonsumsi lontong opor dengan kuah santan kelapa tetap sehat.

Ini berarti ada faktor lain yang ikut menyebabkan tensi darah saya naik usai Lebaran. Setelah menelisik banyak hal, saya menduga faktor usia juga berpengaruh. Sebab, dengan makin bertambah usia, daya tahan tubuh bisa makin menurun sehingga konsumsi santan kelapa membuat tensi darah saya naik.

Lakukan Diet Hipertensi (Darah Tinggi)

Bagaimana cara mengatasinya?

Jika Anda mengalami hal serupa seperti apa yang saya alami, yakni punya darah tinggi dan usia makin lanjut, Anda tidak perlu khawatir. Cara yang saya lakukan adalah menjalani diet yang lebih baik.

Diet hipertensi saya lakukan dengan memperbaiki pola makan. Caranya dengan menghindari makanan minuman penyebab darah tinggi. Jika bisa, intensitas diet kita tingkatkan. Biasanya masih mengonsumsi makanan gorengan dua kali sehari, kita kurangi menjadi satu kali sehari. Dua hari sekali, dan seterusnya.

Di sisi lain, mengonsumsi makanan yang bisa menurunkan darah tinggi seperti mengonsumsi banyak buah juga harus ditingkatkan. Demikian pula konsumsi air putih, juga perlu ditingkatkan.

Jika memungkinkan, Anda perlu mengonsumsi obat herbal karena herbal merupakan pengobatan (terapi) alami yang sangat bagus. Obat herbal darah tinggi atau hipertensi bisa Anda buat sendiri dengan memanfaatkan tanaman obat. Tetapi, Anda juga bisa membeli obat herbal darah tinggi jadi. Harganya tidak mahal, Anda tidak perlu repot, dan obat herbal jadi lebih higienes.

Namun, jika Anda ingin membuat sendiri herbal untuk mengobati darah tinggi, ya silakan. Caranya juga tidak sulit atau mudah.

Ya, inilah contoh mengenali penyebab darah tinggi secara lebih dalam dan khusus sehingga kita bisa menentukan terapi atau pengobatannya dengan tepat. Dengan cara itu, makin bertambah usia, kita makin bisa mengatasi masalah tensi darah tinggi.

Hati-hati ! Darah tinggi yang tidak disembuhkan dengan baik bisa menyebabkan sakit stroke. Uuhhh….