Penyebab Gigi Kuning dan Cara Memutihkannya

Diposting pada

ANDA punya gigi kuning atau gigi yang tampak agak kuning? Anda tentu ingin membuat gigi Anda bisa tampil putih bersih. Anda ingin tahu apa penyebab gigi kuning dan cara memutihkannya?

Siapa pun akan merasa bahwa punya gigi kuning tidak nyaman. Anda tidak PD saat bersama teman atau orang lain. Apalagi untuk berbicara. Anda tentu tidak ingin gigi kuning terlihat oleh mereka.

Lalu, bisakah gigi kuning diatasi agar gigi Anda tampak putih bersih? Bagaimana cara memutihkan gigi kuning?

Penyebab Gigi Kuning

Yang perlu Anda ketahui lebih dulu adalah apa penyebab gigi kuning. Setelah itu Anda harus menghindari terjadinya penyebab gigi kuning. Baru tahapan berikut adalah mempraktekkan cara memutihkan gigi kuning.

Penyebab gigi kuning antara lain:

1. Sering Minum Alkohol

penyebab gigi kuning

(foto:tipscepathamilblog.com)

Sering minum minuman beralkohol juga bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Tidak hanya itu. Banyak minum alkohol tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Minuman alkohol berwarna mengandung khromogens. Kandungan ini nantinya akan menempel pada email gigi dan makin lama akan membuat warna kuning pada gigi.

2. Mengonsumsi Minuman Kopi

Anda penggemar minuman kopi?

Ya, hati-hati. Minuman kopi bisa membuat gigi Anda berubah warna menjadi kuning atau kekuning-kuningan. Bahkan menjadi kehitam-hitaman.

Ya, senyawa tanin dan asam yang membuat senyawa warna dari minuman kopi menempel pada gigi. Kian lama, warna gigi pun berubah menjadi kuning.

Kafein dalam kopi juga bisa merusak gigi. Gigi menjadi berlubang setelah enamel pelindung gigi terkikis oleh senyawa dalam minuman kopi.

3. Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan gigi berubah warna dari putih menjadi kuning atau kekuning-kuningan. Ini terjadi akibat nikotin dan tar dari rokok.

Sesungguhnya nikotin dan tar tidak berwarna. Namun, ketika keduanya bertemu oksigen, maka pertemuan keduanya akan membuat warna gigi Anda menjadi kuning.

Warna gigi berubah menjadi kuning karena gigi tidak punya perlindungan lagi. Dengan bersemayamnya nikotin dan tar, enamel gigi menjadi rusak.

4. Jarang Menyikat Gigi

Jarang menyikat gigi juga dapat menyebabkan warna gigi berubah dari warna putih menjadi kuning.

Mengapa? Karena sisa makanan yang mengendap atau terselip pada sela-sela gigi akan membuat warna gigi menjadi kuning.

Ya, sisa makanan yang lama akan menyebabkan kotoran pada gigi makin tinggi. Warnanya pun berubah menjadi kuning.

Oleh karena itu, rajin menggosok gigi sangat penting. Setidaknya dua kali dalam sehari. Pada pagi hari dan malam menjelang tidur.

5. Mengonsumsi Makanan Berwarna

Mengonsumsi makanan minuman berwarna juga bisa menyebabkan gigi berubah warna menjadi kuning. Contohnya mengonsumsi cokelat, kecap, anggur merah, coca-cola, dan sebagainya.

Demikian juga mengonsumsi makanan yang kandungan kromogen atau zat penghasil pigmennya tinggi, juga bisa menyebabkan gigi kuning. Zat-zat dari makanan itu akan menempel pada enamel gigi dan membuat gigi makin lama makin berubah menjadi gigi kuning.

Makanan-makanan itu, misalnya anggur, ceri, bit, delima dan minuman wine.

Maka, setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang disebutkan di atas, Anda harus menyikat gigi biar zat yang melekat di gigi dan membuat warna gigi berubah bisa dihindari. Gigi

Anda pun akan tetap putih bersih.

6. Sering Mengkonsumsi Buah Rasa Asam

Sering mengkonsumsi buah rasa asam juga bisa menyebabkan gigi Anda warna kuning. Tidak lain karena buah mengandung zat warna. Misalnya, jeruk, tomat, nanas, beri, lemon, dsb.

Buah-buah itu sangat bagus untuk kesehatan karena kaya akan vitamin. Tetapi, jika Anda terlalu sering mengkonsumsinya, gigi Anda akan berubah warna jadi kuning.

Maka, Anda sebaiknya berkumur dan minum banyak air putih untuk mencegah terjadinya gigi kuning.

Cara Memutihkan Gigi Kuning

Bagaimana cara memutihkan gigi kuning?

Ya, banyak cara bisa Anda lakukan untuk memutihkan gigi kuning. Secara sepintas, dalam pembahasan poin-poin penyebab gigi kuning juga telah disinggung tentang cara memutihkan gigi kuning.

Misalnya, mengonsumsi makanan berwarna juga bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Cara mengatasinya, ya gosok gigi setelah selesai mengonsumsi makanan berwarna. Dengan cara itu, gigi bisa bersih dari zat warna yang menempel di gigi.

Cara lain untuk memutihkan gigi kuning yang membandel adalah dengan menggunakan baking soda.

Bisa hanya dengan bahal tunggal baking soda, tetapi juga bisa menggunakan baking soda dicampur dengan jeruk nipis, garam, jeruk lemon, atau stroberi.

Bisa pula dengan siwak atau siwak dengan pasta gigi, menggunakan kulit jeruk atau kulit pisang. Caranya pun mudah dilakukan.

Selengkapnya baca 4 Cara Memutihkan Gigi Kuning yang Membandel. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.