PENYEBAB kanker kelenjar getah bening, apa ya? Aktris Ria Irawan (50 tahun) meninggal dunia Senin, 6 Januari 2020. Menurut suaminya, Mayky Wongkar, almarhumah meninggal di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta karena sakit kanker kelenjar getah bening.

Ria diketahui mengidap penyakit kanker getah bening pada tahun 2014. Pernah dinyatakan sehat pada awal tahun 2019 setelah menjalani perawatan intensif. Tetapi pada Agustus di tahun yang sama, penyakitnya kembali kambuh.

Almarhumah diketahui sebagai perokok berat dan maniak minum kopi. Mulanya dia sulit diminta untuk berhenti dari merokok. Tetapi, setelah menderita sakit kanker, dia pun bisa berhenti merokok.

Baca – 21 Makanan yang Bisa Membunuh Kanker dan TumorĀ 

Pertanyaannya, apakah kanker getah bening, apa penyebab kanker kelenjar getah bening dan apa ciri-cirinya? Yang mudah dilihat nyata adalah tanda-tanda atau ciri-ciri terkena limfoma, sebuah sebutan lain untuk kanker getah bening.

Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening dan Faktor Penyebab Kanker Getah Bening

penyebab kanker kelenjar getah bening

Kanker getah bening termasuk jenis kanker ganas. Kanker ini menyerang sistem limfatik. Yaitu bagian tubuh yang bertugas membangun pertahanan tubuh untuk melawan infeksi dan kanker.

Tetapi, sistem limfatik juga bisa diserang oleh suatu penyakit. Salah satu penyakit yang bisa menyerang sistem limfatik adalah kanker kelenjar getah bening.

Pada tubuh manusia ada ratusan kelenjar getah berning. Kelenjar ini tersebar dari kepala hingga ke kaki.

Kelenjar getah bening ini juga merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang bisa membantu melawan infeksi. Baik infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, atau penyebab lain.

Maka, apabila muncul infeksi, kelenjar getah bening akan membengkak. Ini memberi petunjuk tentang adanya infeksi dan kelenjar getah bening melawannya. Tetapi setelah infeksi reda, kelenjar getah bening kembali mengempis.

Kelenjar getah bening akan membengkak, misalnya ketika Anda menderita sakit flu, sakit tenggorokan, infeksi gigi, maupun infeksi telinga, dsb.

Pertanyaannya, apa penyebab kanker getah bening? Ya, sampai sekarang memang belum diketahui secara pasti apa penyebab kanker getah bening.

Anda hanya bisa mengetahui adanya faktor-faktor yang bisa menyebabkan seseorang dapat terhinggapi penyakit kanker getah bening.

Kanker ini muncul ketika jumlah sel-sel limfosit di kelenjar getah bening bertambah dengan cepat dan menjadi ganas. Bahkan jumlah sel getah bening terlalu banyak sehingga kelenjar getah bening membengkak.

Beberapa faktor yang membuat seseorang bisa terkena kanker getah bening adalah kekebalan tubuh (outoimun) lemah, menderita sakit autoimun seperti rheumatoid arthritis atau penyakit celiac, punya riwayat sakit leukemia, infeksi bakteri pylori, atau infeksi virus hepatitis C dan virus Epstein-Barr (EBV).

Baca – Manfaat Bawang Putih untuk Mencegah dan Mengobati Kanker

Sering terpapar atau terkena radiasi nuklir dan bahan kimia beracun, seperti pestisida dan herbisida, berat badan tinggi (gemuk) atau obesitas.

Ciri-ciri Kanker Kelenjar Getah Bening Yang Perlu Anda Waspadai

Berikut ini beberapa ciri-ciri kanker kelenjar getah bening yang harus Anda waspadai. Jika Anda merasa ada tanda-tanda atau ciri-ciri kanker ini pada diri Anda atau keluarga Anda atau siapa pun, sebaiknya segera periksa ke dokter.

Dengan ini, bisa segera diketahui apakah Anda menderita kanker atau tanda itu sebagai gejala lain. Jika dinyatakan Anda terkena kanker, maka bisa segera diatasi sebelum sel kanker meluas dan berkembang menjadi parah (stadium 4). Bisa juga diketahui penyebab kanker kelenjar getah bening yang Anda derita.

Tanda-tanda atau ciri-ciri kanker kelenjar getah bening antara lain:

1. Ada pembengkakan di leher, ketiak, atau selangkangan yang tampak dari waktu ke waktu makin membesar. Tetapi, pembengkakan itu tidak terasa sakit. Yang terjadi pembengkakan di leher dan mudah terlihat.

2. Ada rasa sakit atau pembengkakan di perut

3. Mudah merasa kenyang saat makan. Walaupun hanya makan sedikit. Nafsu makan tampak menurun.

4. Merasa nyeri atau tertekan di dada

5. Sering merasa sesak napas atau batuk

6. Menderita demam cukup lama, tetapi suhu tidak sampai 38 derajat Celcius.

7. Berat badan terus turun, namun tidak jelas penyebabnya

8. Pada malam hari sering berkeringat.

9. Sering merasa sangat lelah.

10. Menderita sakit anemia atau kurang sel darah merah yang ditandai mudah lelah, lesu, capai dan mengantuk.

11. Sering merasa gatal di tubuh.

Tentu saja, jika Anda menemui ciri-ciri kanker getah bening seperti disebutkan pada tubuh Anda, maka harus segera mengatasinya. Atau segera periksa dokter jika usaha Anda tidak membawa perubahan atau hasil.

Menurut Dr dr Andhika Rachman, SpPD-KHOM, dokter RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, sering penyakit kanker getah bening tidak menimbulkan gejala pada stadium awal. Maka, periksa untuk mengecek kondisi kesehatan sangat penting.

Baca – Jauhi 11 Makanan Penyebab Kanker Payudara

Selain itu, juga selalu berusaha menghindari penyebab kanker kelenjar getah bening. Dengan menghindari penyebab kanker getah bening, Anda bisa terbebas atau terhindar dari kanker kelenjar getah bening. Misalnya dengan selalu menerapkan pola hidup sehat, pola makan sehat, tidak merokok, tidak minum alkohol, dsb.

Semoga artikel mengenai kanker getah bening, penyebab dan ciri-cirinya ini bermanfaat untuk Anda semua. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website