Waspadai 7 Penyebab Sakit Punggung pada Wanita Muda

Diposting pada

Waspadai 7 Penyebab Sakit Punggung pada Wanita Muda

HATI-HATI. Nyeri punggung juga bisa menghinggapi wanita muda. Penyakit memang tidak peduli dengan siapa pun. Baik muda, remaja atau usia lanjut. Lelaki atau wanita.

Yang ingin dibahas dalam artikel ini adalah penyebab sakit punggung pada wanita muda. Ini sangat penting Anda ketahui karena usia muda sangat energik. Tetapi jika salah dalam beraktivitas bisa menyebabkan cedera punggung.

Kalau sudah kena sakit punggung, waduhh.. sakitnya bukan main. Ingin bergerak, punggung terasa sakit dan nyeri. Kondisi ini terjadi jika sakit punggungnya berat. Kalau sakitnya ringan, ya nanti sembuh sendiri.

Dengan mengetahui penyebab sakit punggung pada wanita muda, maka Anda bisa menghindari terjadinya sakit atau nyeri punggung.

Caranya, ya Anda tidak melakukan aktivitas yang bisa menyebabkan sakit punggung. Mudah, kan? Baca juga Sakit Punggung Sebelah Kiri Bawah dan Cara Mengatasi.

Daftar 7 Penyebab Sakit Punggung atau Nyeri Punggung

penyebab sakit punggung pada wanita muda

(foto:honestdocs.id)

Berikut daftar 7 penyebab sakit punggung pada wanita muda yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui penyebab nyeri punggung, Anda bisa menghindari berbagai aktivitas yang bisa menyebabkan sakit punggung.

Infomasi ini sesungguhnya bukan hanya penting bagi wanita muda. Bagi wanita usia lanjut (wanita tua), menghindari nyeri punggung jauh lebih penting. Sebab, mereka sangat rentan terkena sakit punggung.

1. Penyebab Sakit Punggung Akibat Cedera Otot

Salah satu penyebab sakit punggung pada wanita adalah cedera atau ketegangan otot. Penyebabnya antara lain terjadinya ketegangan otot atau ligamen, kejang otot, ketegangan otot disk, patah tulang, dan terjatuh.

Beberapa kegiatan yang bisa menyebabkan kejang otot antara lain ketika mengangkat sesuatu dalam posisi tidak tepat seperti dengan membungkuk, mengangkat sesuatu yang terlalu berat atau melakukan gerakan tiba-tiba dan canggung.

2. Masalah struktural

Sejumlah masalah struktural juga dapat menyebabkan sakit punggung pada wanita muda atau wanita umumnya.

Beberapa di antaranya adalah Ruptured disk, piringan tulang yang menggembung, skiatika, arthritis, kelengkungan tulang belakang yang abnormal, osteoporosis, dan masalah ginjal.

3. Gerakan dan Postur yang Salah

Penyebab sakit punggung lain pada wanita muda adalah gerakan dan postur tubuh yang buruk. Misalnya gerakan memutar badan, batuk atau bersin, ketegangan otot, membungkuk dengan salah, mendorong, menarik, mengangkat sesuatu barang.

Atau membawa sesuatu, berdiri atau duduk untuk waktu lama. Demikian pula ketika mengemudi atau menggunakan komputer berjam-jam tanpa istirahat.

4. Akibat Penyakit Lain

Kondisi fisik yang tidak sehat karena menderita penyakit tertentu juga bisa menjadi penyebab nyeri punggung.

Misalnya menderita caudia equina syndrome, kanker tulang belakang, infeksi tulang belakang, gangguan tidur, dan herpes.

Saat rasa sakit di punggung kambuh, Anda akan mengalami kesulitan untuk beraktivitas. Punggung terasa sakit sekali sehingga tidak bisa melakukan aktivitas fisik.

5. Posisi Duduk dan Tidur Tidak Tepat

Duduk dan tidur dalam posisi yang tidak tepat menurut kesehatan sering membuat wanita, termasuk wanita muda, menderita sakit punggung atau sakit pinggang.

Misalnya pegal-pegal, tulang belakang terasa nyeri, mual-mual, dsb.

6. Fisik Terlalu Capai

Pekerjaan rumah tangga sering menyita waktu dan tenaga wanita. Banyak dari mereka yang mengerjakan tugas rumah tanpa batas waktu.

Akibatnya, mereka kecapaian. Efek selanjutnya mereka menderita sakit punggung karena ketegangan otot sekitar pinggang dan punggung.

Ya, sebaiknya wanita rumah tangga juga perlu istirahat yang cukup dan tidur dengan posisi yang tepat.

7. Kurang Minum Air

Kurang minum air putih juga bisa menjadi penyebab sakit punggung. Selain itu, kurang minum juga bisa mengakibatkan gangguan pada peredaran darah, pembuluh darah, otot dan saraf sekitar punggung.

Bahkan, kurang minum air putih jangka panjang bisa menyebabkan gangguan pada ginjal. Efeknya bisa menyebabkan sakit pinggang sampai ke area punggung.

Oleh karena itu, selalu siapkan air putih setidaknya 2 liter (6 – 8 gelas) per hari supaya tidak terjadi kurang air minum. Manfaat kesehatan dari minum air putih sangat banyak.

Harga air putih juga murah. Tinggal bagaimana kita membiasakan diri selalu memenuhi kebutuhan minum air putih tiap hari biar tubuh selalu sehat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *