11 Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri

Diposting pada

SAKIT punggung sangat menyiksa, termasuk sakit punggung sebelah kiri. Untuk meredakan dengan cepat, Anda perlu tahu penyebab sakit punggung sebelah kiri.

Gejala sakit punggung bermacam-macam. Adakalanya terasa sakit yang menusuk yang diserta rasa perih, kesemutan, rasa sakit dari punggung sampai bokong, paha sampai ke kaki.

Intensitas rasa sakitnya juga bermacam-macam. Ada yang sakit sekali, sedang, ringan, berlangsung lama sampai berhari-hari atau berminggu-minggu.

Atau rasa nyeri punggung berlangsung tidak lama dan rasa sakit hilang sendiri. Ya, semua itu sesuai dengan kondisi penyakit masing-masing penderita.

Pertanyaannya apa saja penyebab sakit punggung sebelah kiri? Bagaimana cara mengatasinya sehingga sakit punggung tidak berlarut-larut? Ada lo, menderita sakit punggung sampai berbulan-bulan.

Daftar 11 Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri

penyebab sakit punggung

Berikut ini 11 penyebab sakit punggung sebelah kiri atau lainnya yang perlu Anda ketahui. Untuk mengetahui penyebab sakit punggung, Anda perlu tahu tempat di mana sakit punggung terjadi.

Tetapi, jika Anda tidak bisa memastikan penyebab sakit punggung yang Anda derita, ya Anda perlu mengunjungi dokter. Anda akan diminta melakukan pemeriksaan secara intensif sehingga bisa ditentukan penyebab sakit panggung dan terapinya.

Ke-11 penyebab sakit punggung sebelah kiri adalah:

1. Terlalu banyak melakukan aktivitas, termasuk dalam berolahraga dan senam. Sebaiknya berbagai kegiatan diatur dengan baik dan jangan berlebihan. Akibatnya justru merugikan kesehatan Anda.

2. Otot tegang dan cedera otot. Misalnya saat mengangkat barang yang berat. Jika posisinya tidak tepat bisa menyebabkan tulang belajang terkilir atau tegang (strain). Kejadian seperti ini sering dialami banyak orang.

3. Osteoarthritis, yaitu menurunnya fungsi persendian akibat bantalan sendi yang menipis. Efeknya muncul rasa sakit dan kaku, termasuk di tulang belakang.

4. Punggung keseleo atau tegang. Kondisi ini bisa terjadi akibat cedera dan peregangan tubuh yang berlebihan sehingga mengakibatkan nyeri punggung.

Terapinya istirahatkan punggung Anda dan jangan digunakan membungkuk.

5. Sciatica, yakni rasa sakit yang menjalar di sepanjang jalur saraf skiatik. Saraf ini bercabang di punggung bawah melewati pinggul, bokong, hingga kaki.

6. Cedera saraf di punggung yang menyebabkan sakit punggung yang akut. Cedera saraf tulang punggung bisa terjadi akibat kecelakaan, terjatuh, olahraga, dsb.

7. Posisi tubuh salah ketika mengangkat atau menarik barang. Apalagi barangnya berat. Saat mengangkat barang jangan membungkuk yang justru akan menambah beban dan regangan pada tulang belakang.

8. Membawa beban di punggung terlalu berat seperti membawa tas atau barang lain. Proporsi tubuh tidak seimbang dan menyebabkan Anda mudah kena sakit punggung. Beban di punggung sebaiknya maksimal 10% dari berat tubuh Anda.

9. Duduk di kursi dalam posisi membungkuk yang terlalu lama. Duduk di kursi lebih dari 10 jam bisa membuat otot punggung lemah. Penyebabnya otot tidak aktif. Duduk membungkuk membuat 40% beban bertumpu pada tulang belakang. Anda sebaiknya duduk dengan posisi tegak biar tidak menderita sakit punggung.

10. Membalikkan posisi tubuh secara tiba-tiba. Sebaiknya lakukan sesuatu diawali dengan pemanasan. Ya, perlahan-lahan dulu dan baru gerak cepat. Seperti saat akan melakukan olahraga, Anda perlu melakukan pemanasan dulu.

11. Kanker atau tumor tulang belakang juga bisa menjadi penyebab sakit punggung sebelah kiri. Tumor atau kanker menekan saraf sehingga terjadi sakit punggung yang akut.

Penutup

Sakit punggung bisa menimpa siapa saja. Jumlah penderitanya cukup besar dalam masyarakat. Terkadang sakit tidak bisa disembuhkan sampai tuntas. Sampai bertahun-tahun, sakit punggung atau nyeri punggung timbul tenggelam. Maksudnya mudah kambuh. Maka, hati-hati biar tidak terkena penyakit punggung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *