Waspadai Penyebab Sering Buang Air Kecil tapi Sedikit

Diposting pada

SERING kencing tetapi sedikit-sedikit. Apa penyebabnya? Ya, Anda layak mempertanyakan hal itu. Sebab, kencing atau buang air kecil yang tidak lazim (normal) bisa pertanda adanya suatu penyakit.

Normalnya, orang buang air kecil sehari adalah 4 – 8 kali. Atau sebanyak 1 – 1,8 liter air. Jika Anda dalam sehari hanya buang air kecil 7 kali, ya itu wajar. Tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan dengan seringnya Anda buang air kecil.

Tetapi, jika buang air kecil lebih dari 8 kali, Anda layak bertanya, apa penyebab sering buang air kecil. Termasuk bertanya, apa penyebab sering buang air kecil tapi sedikit.

Beberapa Penyebab Sering Buang Air Kecil tapi Sedikit

Sesungguhnya sering buang air kecil (inkontinensia) tidak selalu menjadi tanda adanya penyakit. Banyak minum juga bisa menyebabkan sering buang air kecil. Apalagi minumnya menjelang tidur malam.

Atau, Anda berada di daerah atau lokasi yang kondisi cuacanya sangat dingin. Bisa jadi, pada malam harinya Anda akan sering buang air kecil.

Tidak usah malam hari. Pada siang hari pun Anda bisa sering buang air kecil apabila seharian berada di ruang yang sangat dingin. Lebih-lebih jika Anda tidak biasa di ruang dengan AC yang tinggi.

Tetapi, jika Anda sering buang air kecil, padahal tidak dalam kondisi seperti digambarkan di atas, tentu Anda perlu bertanya diri, apa penyebab sering buang air kecil. Apalagi Anda sering buang air kecil telah berlangsung beberapa hari atau cukup lama.

sering buang air kecil tetapi sedikit

Anda perlu bertanya, jangan-jangan itu tanda Anda kena penyakit tertentu. Misalnya, penyakit diabetes, batu ginjal atau yang lain.

Anda sebaiknya segera cek kesehatan ke dokter atau pelayanan kesehatan di puskesmas, klinik, rumah sakit, atau lainnya.

Beberapa Penyakit dengan Gejala Sering Buang Air Kecil

Banyak penyakit yang gejalanya sering buang air kecil. Artinya, penyebab sering buang air kecil bisa macam-macam. Tidak hanya satu sebab.

Oleh karena itu, Anda perlu lebih dulu memastikan apa penyebab sering buang air kecil dan baru dilakukan penyembuhan. Sebelum tahu pasti penyebabnya, pengobatan belum bisa dilakukan dengan tepat.

Berikut ini beberapa penyebab sering buang air kecil, yaitu:

1. Penyakit Diabetes

Sering buang air kecil bisa sebagai tanda sakit diabetes jika buang air kecilnya dalam jumlah urine yang banyak. Hal itu terjadi karena tubuh berusaha membersihkan atau membuang glukosa (zat gula darah) yang tidak terpakai di darah melalui urine.

2. Batu Ginjal (dengan Rasa Sakit)

Bisa jadi sering buang air kecil adalah tanda Anda kena penyakit batu ginjal. Saat buang air kecil, biasanya air yang keluar sedikit-sedikit. Selain itu, saat buang air kecil terasa nyeri (sakit), sakit di perut bagian bawah,  urine berwarna gelap (keruh).

3. Terjadi Gangguan Prostat

Penyebab sering buar air kecil tapi sedikit yang lain adalah pembesaran prostat. Kondisi prostat seperti itu bisa menekan uretra atau saluran kemih dan menutup aliran urine.

Ini membuat pada dinding kandung kemih bisa terjadi iritasi. Kandung kemih pun mudah berkontraksi. Walaupun hanya ada sedikit urine. Inilah proses terjadinya serung buang kecil sedikit-sedikit.

4. Terjadi Infeksi pada Saluran Kemih

Infeksi pada saluran kemih juga bisa menyebabkan Anda sering ingin buang air kecil. Kondisi ini biasanya disertai demam, nyeri di perut bagian bawah, atau sering merasa tidak nyaman. Otot kandung kemih sering berkontraksi juga bisa menyebabkan Anda sering buang air kecil.

5. Penyebab Lain

Penyebab lain yang bisa membuat Anda sering buang air kecil adalah radang pada dinding usus yang membuat Anda merasa nyeri di perut bagian kiri bawah, kerusakan saraf yang mengandung fungsi kandung kemih. Sering mengonsumsi obat tekanan darah tinggi atau penimbunan cairan di ginjal.

Untuk memastikan penyebab mana dan jenis penyakit apa yang membuat Anda seruang buang air kecil, tentu harus melalui pemeriksaan dokter. Mungkin Anda harus melakukan pemeriksaan di laboratorium kesehatan.

Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil Bukan Akibat Penyakit

Berikut ini cara mengatasi sering buang air kecil yang bukan akibat adanya penyakit. Tetapi, jika Anda terkadang masih harus bangun malam untuk buang air, ya lakukan saja. Asam tidak terlalu sering.

Ingin buang air kecil jangan ditahan. Jika terus ditahan justru bisa menyebabkan infeksi saluran kemih, infeksi kandung kemih, dan penahan air kecil justru tidak berfungsi. Bisa membuat Anda mudah ngompol.

1. Batasi Minum Air Putih Sebelum Tidur

Minim air putih sebelum tidur malam sesungguhnya cara sehat. Tetapi, jika minum Anda berlebihan, justru menyebabkan Anda harus beberapa kali bangun malam untuk buang air kecil. Minum air putih sebelum tidur maksimal dua gelas. Tidak boleh lebih.

2. Batasi Minum Kopi dan Alkohol

Sering mengonsumsi minuman kopi atau teh bisa menyebabkan iritasi pada kandung kemih. Kian lama, kandung kemih tidak bisa berfungsi dengan baik dan Anda sering ingin buang air kecil.

Demikian pula jika Anda sering minum alkohol. Anda akan sering buang air kecil di malam hari. Penyebabnya, hormon antidiuretik (ADH) yang seharusnya menghambat produksi urine, kini tidak bisa berfungsi dengan baik. Ini membuat Anda sering ingin buang air kecil pada malam hari.

3. Batasi Konsumsi Garam

Banyak mengonsumsi makanan dengan tinggi garam juga bisa membuat Anda sering harus buang air kecil pada malam hari, yakni saat Anda tidur. Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi garam hanya 8 gram per hari jarang buang air kecil di malam hari. Mereka sebelumnya mengonsumsi garam 10,7 gram per hari dan sering buang air kecil di malam hari.

Penutup

Sering buang air kecil ada banyak penyebabnya. Ada kalanya diakibatkan oleh penyakit tertentu. Sebaiknya, jika buang air kecil terlalu sering dan berlangsung terus-menerus tiap hari, segera cek apa penyebabnya.

Dengan cara itu, jika akibat penyakit tertentu, Anda bisa segera menyembuhkan penyakit itu. Tidak sampai berlarut-larut dan penyakit sesungguhnya menjadi parah.

Bagikan kepada teman dan relasi biar selalu hidup sehat !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *