Perawatan Luka Diabetes Melitus dengan Madu Sangat Ampuh

Diposting pada

PERAWATAN luka diabetes melitus dengan madu. Banyak cara bisa Anda lakukan untuk merawat atau mengobati luka diabetes.

Perawatan luka diabetes melitus memang perlu perhatian khusus. Tidak bisa disamakan dengan luka lain yang bukan luka diabetes.

Luka diabetes harus diobati secara khusus. Selain itu, pengobatan juga harus dilakukan segera. Jika tidak, luka diabetes bisa berubah menjadi borok. Bahkan bisa semakin serius dan sulit diobati.

Ini terjadi pada tetangga saya, Bapak P. Di bagian kakinya terjadi lecet akibat jatuh saat naik sepeda. Untuk kesembuhannya, dia obati menggunakan obat luka.

Dari luar tampak seperti akan sembuh. Ternyata, di dalamnya luka terus meluas sampai suatu malam dia merasa sakit yang tidak tertahankan sehingga semalam dia tidak bisa tidur akibat sakitnya itu.

Perawatan Luka Diabetes Melitus dengan Madu Hindarkan Pasien dari Amputasi

perawatan luka diabetes melitus dengan madu

perawatan luka diabetes melitus dengan madu (foto:alomedika.com)

Ketika akhirnya dibawa ke rumah sakit, ternyata itu adalah luka diabetes. Sudah dua bulan lebih lukanya belum juga sembuh. Dua hari sekali ada perawat rumah sakit yang datang untuk merawatnya.

Dia berada di rumah sakit 7 hari dan pengobatan dilanjutkan di rumah. Dia kini belum bisa jalan, melainkan menggunakan kursi roda.

Baca – Resep Masakan untuk Penderita Sakit Diabetes

Maka, ketika Anda menderita luka dan sulit disembuhkan, Anda perlu mewaspadainya. Jangan-jangan itu akibat diabetes. Anda perlu tahu berapa kadar gula darah Anda.

Salah satu cara menyembuhkan luka diabetes melitus bisa Anda lakukan dengan mengoleskan madu. Cara ini bisa menyelamatkan Anda dari keharusan amputasi atau bagian tubuh yang ada lukanya harus dipotong.

Perawatan luka diabetes melitus dengan madu itulah yang dikembangkan oleh Profesor Jennifer Eddy dari Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat Universitas Winsconsin, Amerika Serikat.

Cara pengobatan atau perawatan luka diabetes melitus denga madu sangat mudah. Cukup oleskan madu pada bagian kulit yang sakit. Maka, kulit akan mati dan bakteri hilang.

Madu bisa membasmi bakteri karena bersifat asam. Selain itu, madu bisa mencegah komplikasi.
“Madu ini benar-benar sebuah isu penting untuk dunia kesehatan,” kata Eddy seperti dikutip oleh news.detik.com.

Tidak Mampu Melawan Infeksi, Luka Diabetes Sulit Disembuhkan

perawatan luka diabetes melitus dengan madu

Umumnya penderita diabetes tidak mampu melawan infeksi. Penyebabnya, sirkulasi darah mereka buruk. Akibatnya, borok atau luka diabetes melitus sulit disembuhkan.

Untuk mengatasi hal itu, dokter tidak punya pilihan lain kecuali harus memotong bagian kaki yang luka atau melakukam amputasi.

Prof Eddy mencoba terapi madu ketika merawat penderita diabetes berumur 79 tahun. Pasien itu sudah kebal dengan perawatan biasa pakai antibiotik.

Hasilnya, pasien luka diabetes melitus yang dia terapi menggunakan madu bisa sembuh dengan cepat.

“Semua antibiotik telah dihentikan ketika kami mencoba madu dan justru luka-lukanya cepat sekali sembuh,” ujar Eddy.

Perawatan luka diabetes melitus menggunakan madu kini berkembang luas di Amerika Serikat. Dr Jennifer Eddy selalu menekankan keharusan mendahulukan pengobatan dengan madu karena pembusukan (tukak) akibat diabetes bukan masalah mudah.

Baca – Cara Mengobati Luka Diabetes Menggunakan Minyak Zaitun

Metode pengobatan menggunakan madu telah disinggung dalam Al Qur’an atau Kitab Suci umat muslim. Banyak ahli yang menyatakan kekagumannya dengan metode pengobatan menggunakan madu..

Tidak aneh, belakangan di Indonesia juga banyak dijual obat herbal dari bahan madu. Macam-macam kemanfaatan dari madu. Tidak hanya untuk luka diabetes, tetapi juga untuk penyakit lain seperti penyakit maag atau asam lambung.

Khasiat Madu Pahit Mampu Mengatasi Maag Kronis

Selain ada madu manis, ada juga madu pahit. Saya pernah minum madu pahit untuk mengobati sakit maag. Bertahun-tahun maag saya tidak segera sembuh. Meskipun berkali-kali periksa dokter.

Tetapi tiap obat resep dokter habis, tidak lama kemudian maag kambuh lagi. Maag saya sembuh setelah minum madu pahit. Saya hanya madu pahit habis satu botol. Itu saya lakukan 3 tahun lalu.

Jika toh maag saya kambuh, maag sembuh sendiri tanpa minum obat atau usaha lainnya. Seperti bulan lalu, saya periksa dokter untuk sakit radang sendi. Diberi dua macam obat / tablet. Setelah obat saya minum, lambung terasa perih.

Saya coba cek efek samping dari dua obat resep dokter tersebut. Eh, keduanya punya efek samping bisa membuat sakit maag kambuh. Baru dua hari minum kedua obat itu, lalu saya hentikan.

Tanpa pengobatan apa pun, rasa perih di lambung hilang sendiri. Tidak lain sakit maag saya sembuh karena khasiat madu hitam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *