Pertolongan Pertama Gula Darah Rendah – Lakukan 3 Cara Ini

Diposting pada

JIKA ternyata dari hasil pemeriksaan diketahui gula darah Anda terlalu rendah, apa yang harus Anda lakukan? Ya, Anda perlu melakukan pertolongan pertama gula darah rendah.

Apalagi turunnya gula darah sangat cepat (drastis). Dalam waktu singkat, gula darah Anda yang semula tinggi, tiba-tiba turun sampai dibawah normal. Yaitu, kadar gula darah di bawah 70 mg/dL.

Ini biasanya terjadi pada malam hari ketika Anda tidur. Sebab, selama tidur, Anda tidak mengonsumsi makanan apa pun. Ini bisa menyebabkan gula darah turun drastis hingga dibawah normal.

Kadar gula darah yang terlalu rendah dinamakan Hipoglikemia diabetik. Anda yang sekarang punya penyakit diabetes harus selalu mewaspadai terjadinya Hipoglikemia.

Walaupun kasus ini jarang terjadi. Tetapi risikonya berat. Kadar gula darah terlalu rendah bisa menyebabkan kerusakan otak yang berujung pada kejang, koma, hingga pasien meninggal dunia.

Penyebab Terjadinya Kadar Gula Darah Terlalu Rendah

pertolongan pertama gula darah rendah

aduh, gula darah ane turun drastis (foto:lifestyle.kompas.com)

Ada beberapa penyebab terjadinya Hipoglikemia. Sebaiknya Anda selalu memperhatikan berbagai petunjuk untuk menghindari terjadinya gula darah turun drastis.

Penyebab terjadinya gula darah rendah antara lain:

  1. Akibat suntikan insulin
  2. Mengonsumsi obat diabetes jenis sulfonylurea
  3. Tidak memperoleh asupan nutrisi yang diperlukan dalam jumlah yang cukup.

Gejala atau tanda bahwa Anda menderita Hipoglikemia atau gula darah rendah, misalnya tubuh berkeringat deras, merasa gelisah dan cemas, sulit tidur, penglihatan kabur, sulit berkonsentrasi, sakit kepala, dan jantung berdetak cepat.

Jika merasakan gejala seperti itu, Anda sebaiknya mengecek / mengukur berapa gula darah Anda.

Yang terbaik adalah Anda punya alat tes gula darah digital sendiri. Dengan cmemiliki alat cek gula darah sendiri, Anda bisa mengecek kadar gula darah setiap saat ketika diperlukan. Harga alat tes gula darah tidak mahal.

Pilih yang harganya murah jika dana terbatas. Jika punya dana, ya pilih alat tes gula darah yang terbaik. Sebab, alat ini akan Anda gunakan sepanjang masa.

Jika dari pengukuran gula darah diketahui ternyata kadar gula darah Anda turun sampai dibawah 70 mg/dL, maka Anda harus segera melakukan pertolongan pertama.

Tujuannya supaya gula darah kembali naik sampai ke tingkat normal. Dengan kata lain, supaya Anda kembali sehat. Anda bisa terhindar dari risiko terburuk akibat gula darah terlalu rendah.

Mengonsumsi Gula Pasir Pertolongan Pertama Terbaik untuk Gula Darah Rendah

Jadi, pertolongan pertama apa saja yang harus Anda lakukan ketika Anda merasakan gejala gula darah rendah atau turun drastis (Hipoglikemia) dengan tanda-tanda seperti disebutkan di atas?

Pertama adalah cek kadar gula darah Anda. Tujuannya untuk memastikan apakah kadar gula darah Anda benar-benar rendah atau turun drastis dan berapa turunnya.

Kedua adalah segera konsumsi makanan minuman yang mengandung glukosa (zat gula) atau setidaknya 15 gram karbohidrat. Yaitu, makanan dan minuman yang bisa meningkatkan gula darah. Cuma, makan minumnya jangan berlebihan. Sebab, Anda adalah penderita diabetes akibat gula darah tinggi.

Contoh makanan minuman yang perlu Anda konsumsi supaya gula darah kembali naik dan normal adalah jus buah, buah segar, teh manis, granola bar, kue ringan, dan lain sebagainya.

dr Sugito Wonodirekso, seperti dikutip health.detik.com, mengatakan bahwa pertolongan pertama terbaik adalah mengonsumsi gula pasir. Tidak harus dibuat minuman. Gula pasir langsung bisa dikonsumsi.

“Ambil gula pasir satu sendok, langsung ditelan. Atau dibuat minuman teh manis,” katanya.

Ketiga adalah minum tablet glukosa. Tentu saja, Anda harus minum tablet glukosa sesuai dengan aturan. Tiap tablet mengandung 15-20 gram karbohidrat. Setelah 15 menit usai mengonsumsi tablet atau makanan minuman yang mengandung glukosa seperti pada poin kedua, Anda perlu mengecek kembali berapa kadar gula darah Anda sekarang.

Apabila kadar gula Anda sudah naik melebihi angka 70 mg/dL, maka Anda harus menghentikan minum obat glukosa atau mengonsumsi makanan minuman yang mengandung glukosa.

Jika sudah minum obat glukosa ternyata gula darah masih rendah, Anda bisa mengulangi lagi. Beberapa saat usai minum obat, cek lagi kadar gula darah Anda. Jika sudah normal, Anda perlu hentikan minum obat glukosa.

Penutup

Sekian. Semoga artikel mengenai pertolongan utama gula darah rendah ini bermanfaat untuk Anda semua. Pertolongan pertama ketika gula darah Anda tiba-tiba turun drastis hingga dibawah normal adalah sangat penting.

Tujuannya supaya gula darah kembali normal. Anda terhindar dari hal-hal yang fatal seperti kematian. Menjaga gula darah normal sangat penting agar Anda selalu sehat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *