Tips Jitu Pertolongan Pertama Saat Maag Kambuh

Diposting pada

BAGAIMANA pertolongan pertama saat maag kambuh? Anda sebaiknya tahu cara mengatasinya sehingga penyakit maag bisa segera reda. Segera setelah itu, Anda berusaha mencegah terjadinya maag sering kambuh.

Punya sakit maag? Ya, jangan dibiarkan. Tetapi, sakit maag harus diatasi secara sungguh-sungguh hingga maag bisa reda dan tidak kambuh lagi. Sebab, sakit maag jika tidak diatasi bisa menyebabkan terjadinya komplikasi yang lebih berat.

Bahkan bisa mengancam jiwa. Bisa menyebabkan kanker, dsb.

Yang jelas, penyakit maag sangat menyiksa. Baru saja habis makan, tiba-tiba lambung terasa perih seperti orang lapar dan perlu segera makan.

Baca – 8 Jenis Makanan Penyebab Sakit Asam Lambung

Maka, apa yang harus Anda lakukan ketika maag kambuh? Bagaimana melakukan pertolongan pertama saat maag kambuh?

Pertolongan Pertama Saat Maag Kambuh – Selalu Membawa Roti ke Mana Saja

pertolongan pertama saat maag kambuh

Tanda seseorang kena penyakit maag adalah lambung suka terasa perih. Meskipun belum waktunya makan, lambung merasa melilit seperti orang merasa lapar.

Selain rasa perih atau nyeri di lambung, gejala atau tanda penyakit maag lainnya adalah rasa panas seperti terbakar di dada dan perut terasa kembung.

Jika Anda membawa obat sakit maag, Anda bisa langsung mengonsumsinya. Ketika mengonsumsi obat maag, perhatikan aturan pakai atau aturan minum obat.

Sebab, maag bisa jadi penyakit yang pengobatannya gampang-gampang susah. Banyak orang menyepelekan sakit maag. Sering mengobati maag tidak teratur. Akibatnya, maag pun sulit disembuhkan.

Penulis punya pengalaman khusus untuk mengobati sakit maag. Berkali-kali periksa dokter. Tetapi tiap kali obat habis, penyakit maag kambuh lagi. Itu berlangsung bertahun-tahun.

Sakit maag saya sembuh setelah mengonsumsi madu hitam pahit. Biasanya rasa madu adalah manis. Tetapi ini adalah madu pahit. Terasa pahit karena madu ini dihasilkan dari lebah yang mengonsumsi bunga mahoni.

Baca – Cemilan Sehat untuk Penderita Sakit Asam Lambung

Rasa isi dari buah mahoni memang sangat pahit. Isi buah mahoni juga berkhasiat sebagai obat untuk banyak penyakit. Misalnya mengatasi darah tinggi, gula darah tinggi (diabetes), sembelit, nyeri haid, meningkatkan nafsu makan, mengatasi demam dan pilek, dsb.

Sewaktu penyakit maag masih sering kambuh, saya selalu membawa roti ke mana saja. Roti selalu tersedia di dalam tas. Begitu ada waktu untuk ngemil roti, ya saya langsung keluarkan roti dan menyantapnya.

Penyakit maag terjadi akibat banyaknya asam dalam lambung. Asam dalam lambung berfungsi memproses makanan yang Anda konsumsi di pencernaan dan membasmi bakteri dalam makanan di pencernaan. Tetapi jika asam lambung berlebihan, maka jadilah sakit maag.

6 Tips Pertolongan Pertama Saat Maag Kambuh

Berikut tips pertolongan pertama saat penyakit maag kambuh dari dokter spesialis saluran cerna dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM) Jakarta dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH. Anda bisa mencoba tips yang praktis ini.

Baca – Mengonsumsi Roti Tawar Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Lambung

1. Anda Harus Tetap Tenang

Saat maag kambuh, usahakan Anda tetap tenang. Sikap ini akan menghindarkan Anda dari risiko terjatuh atau mengalami kecelakaan ketika menahan perasaan sakit dan tidak nyaman. Anda sebaiknya duduk atau memilih posisi lain yang membuat Anda tetap rilek dan tenang.

2. Minum Air Hangat

Kalau ada, silakan minum air hangat. Jangan air panas atau air dingin. Tetapi air bersuhu hangat yang dapat membuat perut terasa nyaman ketika maag sedang kambuh.

3. Mengonsumsi Obat Antasida

Obat antasida dijual bebas. Anda dapat mengonsumsi obat itu kapan saja saat terjadi gangguan maag. Obat ini bisa menetralkan asam sehingga mampu mengurangi gejala gangguan maag.

Obat antisida untuk sakit maag antara lain promag, mylanta, polysilane, magtral, antasida doen, gastran, simeco, maag gel, konimag, gastromag, dsn gestrig

4. Konsumsilah Makanan yang Lembut dengan Rasa Netral

Makanlah makanan yang lembut dengan rasa netral. Yaitu tidak terlalu asam, asin, atau pedas. Rasa yang netral akan menurunkan risiko peningkatan asam lambung.

Anda juga bisa mengonsumsi biskuit. Pilih biskuit yang cocok.

Sebelum makan, Anda sebaiknya mengonsumsi obat anti sekresi. Obat ini bisa menghambat produksi asam lambung. Contohnya antara lain proton pump inhibitor, H2 blocker, antasida, prostaglandin dan sukralfat.

Baca – 8 Makanan Terbaik untuk Mengatasi Asam Lambung

Tips lain tentang pertolongan pertama saat maag kambuh adalah mengonsumsi obat maag, minum air putih yang akan menahan gejolak asam lambung, minum air kelapa, mengonsumsi pepaya, dan jangan setres.

Demikian artikel mengenai pertolongan pertama saat maag kambuh. Semoga Anda sukses mengatasi sakit maag Anda dan tidak makin parah. Tetapi sebaliknya, maag bisa diatasi dan disembuhkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *