Proses Tambal Gigi Depan Berlubang dan Harganya

Diposting pada

BAGAIMANA proses tambal gigi depan? Punya gigi berlubang pada bagian depan tentu sangat tidak mengenakkan. Selain harus menahan sakit dan nyeri, tampilan gigi yang sakit bisa membuat Anda tidak nyaman.

Orang lain bisa melihat kondisi gigi Anda yang sedang menderita sakit dan berlubang. Ya, tidak ada jalan lain untuk mengatasinya kecuali dengan menambal gigi depan yang berlubang.

Pelaksanan Proses Tambal Gigi Depan agar Gigi Bertahan Lama

Untuk menambal gigi berlubang, termasuk gigi depan, Anda bisa datang ke puskesmas atau klinik di rumah sakit. Anda bisa memanfaatkan layanan BPJS jika Anda peserta program kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Berapa biaya penambalan gigi? Ya, tergantung kondisi gigi dan bahan untuk menambal gigi.
Meskipun demikian, biaya tidak terlalu mahal. Lebih-lebih penambalan gigi di puskesmas atau rumah sakit pemerintah. Biaya penambalan gigi antara Rp 100.000 sampai Rp 350.000.

Baca РBiaya Menambal Gigi Depan Patah 

Penambalan gigi merupakan tindakan medis untuk memelihara gigi agar lebih sehat. Terkadang penderita penyakit gigi ada yang hanya mengobati rasa sakitnya tanpa menambal gigi yang berlubang.

Ini belum menjamin kondisi gigi berlubang akan bisa diatasi. Apalagi obat yang diminum hanya membeli di warung sebelah.

Proses Tambal Gigi Depan

(foto:alodokter.com)

Sebaiknya Anda harus mengunjungi puskesmas, rumah sakit atau dokter praktek sehingga tindakan yang dilakukan sesuai dengan prosedur perawatan gigi berlubang. Jika kondisi gigi berlubang belum begitu parah, maka cukup dilakukan penambalan.

Jika kondisi sakitnya sudah parah, ya pencabutan gigi adalah cara yang tepat.

Proses Tambal Gigi Depan dengan Bahan Resin Komposit

Untuk menambal gigi depan, bahan standar yang biasa digunakan adalah resin komposit. Warnanya sangat mirip dengan warna gigi Anda.

Dengan bahan resin komposit, nantinya orang tidak mengenali adanya gigi yang ditambal dan gigi asli. Sebab, dari segi warna, kedua gigi punya warna yang nyaris sama, yakni warna shade.

Maka, pasien tidak perlu khawatir dengan penambalan gigi. Tidak akan terlihat warna giginya berbeda dari warga gigi yang lain. Penambalan gigi dengan bahan resin komposit menjadikan gigi bertambah kuat.

Dalam pelaksanaannya, penambalan gigi dengan resin komposit memerlukan bantuan sinar baru halogen yang bisa mengeraskan bahan resin kompositnya.

Kelebihan dari penggunaan bahan resin komposit, secara estetik tampilan gigi yang ditambal tidak berbeda dari gigi asli. Anda pasi puas dengan hasilnya.

Pilihan warna shade beragam. Anda bisa memilih warna apa yang sesuai dengan warna gigi Anda.
Tambalan resin komposit dapat bertahan dari tekanan yang dihasilkan saat mengunyah makanan.

Baca РHarga Pasang Bleaching Gigi 

Aplikasinya cukup luas. Penambalan gigi depan semakin mudah karena tidak terhalang apa pun.
Kekurangan dari cara penambalan gigi dengan bahan resin komposit adalah prosesnya membutuhkan kondisi yang kering untuk bisa dilakukan penambalan.

Harga Tambal Gigi Depan Lainnya

Selain penambalan gigi depan berlubang, ada juga tambal gigi depan patah, tambal gigi depan permanen, tambal gigi depan hitam, tambal gigi depan bolong, dan tambal gigi dengan laser.

1. Tambal Gigi Depan Patah

Jika gigi depan Anda patah, sebaiknya juga segera ditambal. Anda bisa membawa patahan gigi ke dokter gigi untuk disambungkan /ditempelkan pada gigi yang patah. Menggunakan lem khusus, gigi bisa kembali utuh. Biayanya Rp 100 ribuan – Rp 300.000-an.

2. Tambal Gigi Dengan Laser

Anda juga bisa menambal gigi berlubang atau patah dengan sinar laser. Dengan teknologi modern, tentu Anda akan merasa sangat nyaman dan tidak sakit dengan penggunaan laser untuk proses penambalan gigi yang patah. Biayanya Rp 300.000.

3. Penambal Gigi Depan Permanen

Ada juga tambal gigi depan permanen. Dengan penambalan permanen, Anda tak akan lagi merasakan sakit gigi. Tidak akan merasa ngilu, rasa nyeri, dsb. Harga tambal gigi depan permanen ini adalah R 100.000.

Baca – Bagaimana Cara Melepas Veneer Figi

4. Tambal Gigi Depan Hitam

Bagaimana dengan gigi depan yang tampak hitam? Anda juga bisa meminta dokter untuk menambalnya. Biayanya sekitar Rp 100.000.

Biar Tambalan Gigi Selalu Sehat

Supaya gigi tambalan awet sehat, maka Anda harus selalu menyikat gigi 2 hari sehari. Yakni pada pagi hari dan menjelang tidur. Jangan menyikat gigi terlalu keras dan jaga kesehatan mulut agar tidak terjadi gigi berlubang baru.

Semoga artikel mengenai proses penambalan gigi berlubang depan ini bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *